Intip Menswear Modern Bermotif Batik Hasil Kolaborasi Desainer Indonesia dan Korea

Lifestyle | Senin, 15 Agustus 2022 16:14

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Peluncuran kolaborasi perdana Iwan Tirta Private Collection dengan Kim Seo Ryong ini juga sebagai tanda mengawali Festival Indonesia 2022

Dream - Kim Seo Ryong, desainer asal Korea Selatan yang identik dengan koleksi luxury menswear, berkolaborasi dengan perancang busana Indonesia, Iwan Tirta Private Collection. Mereka menggabungkan batik dengan menswear yang identik dengan pria Korea.

“ Kolaborasi ini mencerminkan bahwa Batik tidak hanya sebagai warisan budaya bangsa tetapi juga wearable arts dan produk kreatif menerima sambutan hangat oleh masyarakat Korea Selatan,” jelas Gandi Sulistiyanto, Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea, pada peluncuran virtual kolaborasi Kim Seo Ryong - Iwan Tirta Private Collection, Jumat 12 Agustus 2022.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Peluncuran kolaborasi perdana Iwan Tirta Private Collection dengan Kim Seo Ryong ini juga sebagai tanda mengawali Festival Indonesia 2022 yang mempromosikan sektor ekonomi kreatif dan budaya Tanah Air di Negeri Ginseng.

Intip Menswear Modern Bermotif Batik Hasil Kolaborasi Desainer Indonesia dan Korea
Istimewa
2 dari 5 halaman

Hadirkan Menswear dan Batik

 Istimewa© Istimewa

Untuk koleksi terbaru Resort Collection 2022/2023, Kim Seo Ryong berkolaborasi dan Iwan Tirta Private Collection menggambarkn sebuah perspektif redefinisi menswear modern melalui batik.

Kim Seo Ryong awalnya merupakan seorang pelukis, hal tersebut yang membuat ia mengapresiasi tinggi batik, terutama batik tulis yang dikerjakan secara manual.

3 dari 5 halaman

Tantangan Mengolah Kain Batik

 Istimewa© Istimewa

Menurutnya, mengolah karya dari kain batik merupakan sebuah tantangan karena terkadang ukuran kainnya terbatas serta memiliki motif yang juga sakral misalnya motif tersebut peletakannya harus sesuai dengan pakem dan tidak boleh ada yang terbalik atau salah penempatan.

4 dari 5 halaman

Hadir dalam Berbagai Potongan

 Istimewa© Istimewa

Koleksi ini menghadirkan motif-motif batik dalam berbagai potongan, mulai dari bomber jacket, flare pants, jas hingga long coat dalam proporsi yang konseptual.

Motif-motif Nusantara bernuansa cerah banyak dipilih oleh Kim, yang menurutnya memiliki kesan timeless dan sesuai untuk kalangan mapan di Korea Selatan.

 

5 dari 5 halaman

Pemilihan Warna

 Istimewa© Istimewa

Pemilihan warna terang atau motif yang ikonik, dengan siluet busana yang arsitektural dan dekonstruktif, memberi nafas baru penampilan busana pria.

Kompleksitas motif dan esensi pakem di baliknya, dikemas effortless dalam wujud simplisitas dan modernitas.

Kim Seo Ryong tetap berhasil menjaga falsafah desainnya yang selalu menghadirkan potongan tailored struktural dan tetap terjaga fluiditasnya.

Koleksi Kim Seo Ryong yang menggunakan kain batik Iwan Tirta ini dapat ditemukan secara eksklusif di butik Kim Seo Ryong mulai bulan Agustus 2022 di kawasan Gangnam, distrik di Korea Selatan.

Terkait
Join Dream.co.id