Kiat Brand Aksesori Lokal Hadapi Tantangan di Era Pandemi

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2020 16:30
Kiat Brand Aksesori Lokal Hadapi Tantangan di Era Pandemi

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Pandemi Covid-19 memberi dampak besar bagi seluruh sektor industri, termasuk fashion.

Dream - Aksesori merupakan salah satu fashion item pendukung penampilan. Outfit terlihat semakin mewah dengan padu padan aksesori tepat.

Kendati demikian, bisnis aksesori tak luput dari ancaman di masa pandemi. Banyak bisnis yang terdampak akibat wabah Covid-19. Tak terkecuali di bidang mode.

Tulola Designs, salah satu brand perhiasan asal Bali tengah bertahan agar tetap berdiri di masa pandemi. Label yang dibangun sejak 13 tahun silam itu menawarkan koleksi perhiasan bergaya modern dengan mensejaterahkan para pengrajin lokal. Namun kini pandemi membuat bisnisnya sedikit terguncang.

" Merasakan juga pasti tantangannya, seperti di Bali sepi pengunjung, toko pada tutup," ungkap Franka Franklin, CEO & Founder Tulola Designs di acara Nusantara Fashion Festival.

Kesehatan para karyawan menjadi hal utama yang dilakukan Tulola Designs. Mereka juga mulai meminimalisir biaya pengeluaran. " Kita mengukuhkan blog bisnis," kata Franka.

2 dari 3 halaman

Maksimalkan Channel Online

Istri Nadiem Makarim itu juga akan memaksimalkan channel online seperti Instagram dan website.

" Jadi bisa bersentuhan dan melihat langsung dengan produk kami, walau hanya sekedar masuk ke toko menghirup aroma terapi, orang jadi tertarik. Window Display, serta mengikuti event-event agar produk kita dapat dilihat konsumen," kata Franka.

Tulola Designs© Foto: Instagram @tuloladesigns

Dari segi koleksi, Franka mengatakan Tulola selalu mengedepankan unsur originalitas tanpa mengesampingkan sisi warisan dan budaya.

" Tulola bahkan tidak selalu mengikuti tren, namun relevan yang bisa digunakan kapan saja dengan produk berkualitas," katanya.

3 dari 3 halaman

Perhelatan Mode Virtual

Sementara itu, Handayani selaku Director of Costumer Business of Bank BRI mengatakan 4-5 bulan ini industri fashion mengalami tekanan luar biasa.

Sebagai bentuk dukungan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM), Kementerian BUMN melalui Bank BRI selaku lembaga perbankan terbesar milik negara mempersembahkan program Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020.

(Baca: Rangkaian Acara Puncak Nusantara Fashion Festival 2020, Yuk Tonton!)

Perhelatan mode virtual ini menggandeng lebih dari 300 UMKM serta pegiat industri mode untuk hadir pada 1 - 31 Agustus 2020. Acara menampilkan 75 karya perancang, label dan UMKM mode dalam Virtual Fashion Show dan Charity Auction.

 

Terkait
Join Dream.co.id