Ketahui Fungsi Bulu Miss V Sebelum Melakukan Waxing

Lifestyle | Minggu, 25 September 2022 18:01

Reporter : Cynthia Amanda Male

Bulu miss V memiliki berbagai fungsi kesehatan. Berikut di antaranya.

Dream - Cukup banyak orang yang mencukur bulu di berbagai bagian tubuh secara rutin, termasuk bulu kemaluan. Tidak sedikit wanita yang mencukur habis bulu miss V untuk merasa lebih nyaman atau menunjang penampilan.

Walau begitu, sebenarnya bulu miss V sendiri memiliki manfaat dan fungsi kesehatan. Sehingga, miss V akan tetap sehat jika kamu tidak mencukur habis bulu pada miss V.

Tentunya, manfaat dan fungsi yang dimaksud hanya berlaku jika bulu miss V tidak terlalu panjang serta dibersihkan secara teratur menggunakan air maupun pembersih khusus area kewanitaan. Berikut beberapa fungsi bulu kemaluan bagi kesehatan miss V menurut Dokter Kulit, Arthur Simon.

Ketahui Fungsi Bulu Miss V Sebelum Melakukan Waxing
Ilustrasi Miss V. (Source: Shutterstock)
2 dari 7 halaman

1. Melindungi Miss V dari Kotoran dan Debu

 Ilustrasi Miss V© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Jika diperhatikan, beberapa area sensitif seperti mata dan miss V memiliki bulu sebagai pelindung dari kotoran maupun hal lain yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Sehingga, miss V tidak akan mudah kotor, terkena debu, bakteri, jamur, serta lainnya jika terlindungi oleh bulu kemaluan.

2. Membantu Meregulasi Suhu Miss V

Bulu pada miss V membantu menjaga flora normal area tersebut. Termasuk saat berada di suhu yang dingin maupun hangat. Ketika cuaca dingin, bulu miss V akan membuat area sensitif menjadi lebih hangat. Sedangkan ketika panas dan lembap, bulu miss V akan membantu menangkap keringat agar kamu bisa merasa lebih nyaman.

3 dari 7 halaman

3. Mengurangi Gesekan di Area Sensitif

Gesekan antar kulit di area kemaluan akan berkurang akibat adanya bulu pada miss V. Sehingga, area di sekitar kemaluan pun tidak mudah terluka atau lecet. Begitu pula ketika berhubungan seksual. Kamu bisa merasa lebih nyaman karena gesekan di area sensitif tidak terlalu kasar dengan adanya bulu miss V.

Walaupun memiliki fungsi kesehatan, tapi Arthur tidak melarang orang yang ingin mencukur habis bulu kemaluan. Tapi, dia menegaskan bahwa bulu kemaluan tidaklah kotor jika dibersihkan secara rutin dan bisa menjaga kebersihan maupun kesehatan area sensitif.

4 dari 7 halaman

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh dr. Arthur S., SpKK, FINSDV (@dokterkulitkucom)

 

5 dari 7 halaman

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Miss V

Dream - Meski tertutup oleh pakaian, namun semua wanita tetap ingin menjaga kebersihan dan kondisi miss V. Miss V yang bersih dan wangi bisa membuat wanita lebih percaya diri. Terutama, jika sudah berkeluarga dan aktif secara seksual.

Oleh karena itu, sebagian wanita rutin menggunakan sabun khusus untuk membersihkan miss V agar tetap bersih dan wangi. Tapi, apakah penggunaan sabun khusus miss V efektif dan baik untuk dilakukan secara rutin?

Berdasarkan penuturan Spesialis Kulit dan Kelamin, Amelia Soebyanto, sabun atau pembersih khusus miss V cukup digunakan seminggu sekali untuk menjaga pH di area kewanitaan tetap seimbang.

" Pembersih miss V digunakan seminggu sekali. Pakai sabunnya jangan yang wangi-wangi, tapi yang lembut. Pakai sabun bayi boleh. Kalau sabun yang wangi justru mengiritasi kulit dan bisa bikin miss V lecet," ujarnya dalam konferensi pers Klinik Pramudia seputar Kutil Kelamin, Rabu 15 Juni 2022.

6 dari 7 halaman

Membersihkan Miss V dengan Air Hangat

 Miss V© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Terlepas dari pemakaian sabun khusus miss V, kamu bisa membersihkan area kewanitaan menggunakan air bersih yang mengalir. " Miss V bisa dicuci dengan air bersih dan mengalir. Bukan diambil dari gayung. Terutama, dari gayung atau wadah yang kotor maupun air yang tergenang terlalu lama" .

Selain itu, dia menyarankan untuk menggunakan air hangat ketika membersihkan miss V. " Kalau bisa, dibersihkan pakai air hangat lebih bagus. Membersihkannya dari bagian depan ke belakang," tutur Amelia.

7 dari 7 halaman

Penyebab Bau yang Khas Pada Miss V

Lebih lanjut, dia mempertegas bahwa pemakaian sabun khusus miss V tidak terlalu dibutuhkan. Apalagi, jika penggunaannya bertujuan untuk menghilangkan atau mengatasi bau yang normal pada miss V.

" Miss V punya tingkat keasaman yang khas. Makanya, bisa menimbulkan bau yang khas. Pokoknya, asal nggak bau amis atau busuk, berarti normal. Karena memang miss V relatif berbau," jelasnya.

Bau yang samar pada miss V menandakan bahwa kondisinya cukup asam. Keasaman pada area tersebut berfungsi untuk menurunkan risiko infeksi bakteri atau jamur.

Jadi, jaga flora normal miss V dengan rutin membersihkan dengan air bersih, menggunakan pakaian dalam yang pas, serta tidak menggunakan pembersih khusus area kewanitaan terlalu sering.

Join Dream.co.id