Keren! Voice of Baceprot Manggung di Prancis Berbalut Tenun Ikat Garut

Lifestyle | Selasa, 7 Desember 2021 06:48

Reporter : Mutia Nugraheni

Intip penampilan hijaber kebanggaan Indonesia saat taklukan panggung di Prancis.

Dream - Tiga hijaber asal Garut, Jawa Barat, tampil memukau di panggung Transmusicales di Rennes, Prancis. Mereka adalah band metal kebanggaan Indonesia, Voice of Baceprot (VOB).

Musisi metal muda belia ini memang tengah dalam tur di beberapa negara Eropa seperti Belanda, Prancis, dan Belgia sejak 28 November 2021 lalu. Lewat unggahan mereka di akun Instagram resmi @voiceofbaceprot, rupanya saat tampil di Prancis, ketiga mengenakan Tenun Ikat Garut berwarna hitam.

VOB punya alasan tersendiri memilih menggunakan kain khas Garut tersebut. Tampilan mereka juga begitu keren, bernuansa gothic, dan dramatis.

 Voice of Baceprot© Instagram @voiceofbaceprot

" Pakaian yang kami kenakan untuk penampilan kami di @transmusicales 2021 di Rennes, Prancis menampilkan elemen etnik tenun ikat dari Garut, Jawa Barat. Meski tidak setenar produk kulitnya, kampung halaman kami di Garut juga memiliki tenun ikat tradisional yang masih bisa bertahan dibandingkan dengan tenun ikat di seluruh Indonesia," ungkap VOB dalam unggahannya.

Keren! Voice of Baceprot Manggung di Prancis Berbalut Tenun Ikat Garut
Voice Of Baceprot/ Instagram @voiceofbaceprot
2 dari 5 halaman

Mereka juga bercerita kalau pengrajin tenun banyak yang membuat tenun warna-warni. Tradisi tenun ikat Garut yang menokrom pun seakan ditinggalkan. Untung saja kini daya pikat motif dan warna khas tenun ikat Garut kembali diminati.

 Voice of Baceprot© Instagram @voiceofbaceprot

" Sayangnya, ada satu titik di mana tradisi lama ini terlupakan untuk beberapa waktu karena banyak pengrajin dan perajin beralih dari tenun warna-warni ke monokrom untuk dijual ke pengrajin batik di kota-kota lain. Baru-baru ini tenun ikat Garut mulai memikat sekali lagi karena pola tradisional dengan warna khas yang unik kembali muncul, sambil menampilkan sentuhan modern," tulis VOB.

 Voice of Baceprot© Instagram @voiceofbaceprot

 

3 dari 5 halaman

Musisi asal Singajaya ini juga bercerita kalau tenun yang mereka pakai dibuat seluruhnya dengan menggunakan alat tenun. Prosesnya yang panjang membuat kain hanya bisa diproduksi maksimal dua meter per hari.

"Kami sangat bersemangat untuk memakai pakaian ini. Selain menonjolkan kehebatan tenun ikat tradisional Garut, juga mengingatkan kita dari mana kita berasal. Terima kasih kami yang sebesar-besarnya kepada @ametdistri yang telah mendesain outfitnya dan @awanisaw + @amelsofie untuk stylingnya," tulis VOB.

      View this post on Instagram

A post shared by VoB (Voice of Baceprot) (@voiceofbaceprot)

Duh, keren banget tiga hijaber metal ini. Salut!

4 dari 5 halaman

Dress Tunik Jenahara Hanya dari Selembar Kain Sifon, Unik Banget

Dream - Desainer Jenahara Nasution kerap tampil dalam balutan paduan busana yang stylishOutfit hijab yang apik dan terkesan nyentrik cukup melekat pada dirinya.

Seperti penampilannya dengan balutan dress tunik berbahan sifon. Jenahara tidak membuat dressnya dari kain sifon yang bertumpuk, seperti pada umumnya.

 Instagram @jenaharanasution© Instagram @jenaharanasution

Desainer kelahiran 1985 ini hanya menggunakan satu lapis sifon berwarna hijau neon.

Tentu saja bahan sifon ini tidak menutupi base pakaiannya yang serba hitam itu. Base pada busana yang dikenakan cukup sederhana. Hanya kaus hitam dan celana hitam.

5 dari 5 halaman

Belt Mini

Putri artis Ida Royani ini juga menambahkan belt mini dari bagian pundak hingga pinggang yang membuat pola dress sifonnya semakin terbentuk.

 Instagram @jenaharanasution© Instagram @jenaharanasution

Mempermanis penampilannya yang unik, wanita yang akrab disapa Jehan ini membuat pola ruffle atau tumpuk pada bagian ujung dress tuniknya.

Join Dream.co.id