Kenali Kawasan Penuh Sejarah Geylang Serai & Katong Joo Chiat di Singapura

Lifestyle | Jumat, 1 Oktober 2021 09:00

Reporter : Jeffreydien Winanda

Yuk mengenal lebih lanjut kawasan di Singapura yang mungkin sebelumnya belum pernah dijelajahi!

Sudah setahun nggak ke mana-mana, liburan mungkin jadi salah satu aktivitas paling dirindukan ketika kondisi pandemi. Biar bagaimana pun, tetap di rumah saja adalah cara terbaik yang harus dilakukan demi keamanan dan keselamatan bersama. Sambil menunggu situasi kembali kondusif, nggak ada salahnya kembali membayangkan liburan seru sambil mencari destinasi yang ingin dituju.

Seperti Singapura yang memiliki jumlah destinasi wisata tak terbatas. Yuk kita mengenal lebih lanjut kawasan-kawasan di Singapura yang mungkin sebelumnya belum pernah dijelajahi!

Geylang Serai

Tahukah kamu kalau Gelang Serai dulunya adalah kawasan perdagangan sekaligus menjadi permukiman Melayu tertua di Singapura? Sekarang tempat ini berkembang jauh lebih pusat menjadi salah satu pusat kuliner paling diburu yang ada di Negeri Singa. Apa saja rekomendasinya?

1. Berburu Hidangan Tradisional Melayu di Geylang Serai Market

Bukan sekadar pasar biasa, Geylang Serai Market adalah area destinasi wisata terkenal di Singapura. Salah satu pemukiman Melayu tertua di Singapura ini menyuguhkan ambience pasar yang ramai namun menenangkan. Temukan berbagai macam hidangan tradisional Melayu yang halal dan pastinya menggugah selera. Pengalaman seperti ini cuma bisa kamu temukan di Geylang Serai Market.

Kenali Kawasan Penuh Sejarah Geylang Serai & Katong Joo Chiat di Singapura© Dream

2. Wisata Kuliner Tanpa Batas di Haig Road Food Centre

Jangan menjelajahi Geylang Serai dalam keadaan perut kenyang, karena kamu bakal melewatkan untuk mencicipi aneka kuliner khas di Haig Road Food Centre. Area ini merupakan pusat kuliner terbesar di wilayah Geylang Serai. Salah satu menu yang wajib dicoba adalah Putu Piring, kue yang terbuat dari tepung beras kukus dengan isian gula melaka atau gula merah.

3. Meriahnya Geylang Serai di bulan Ramadan dan Idul Fitri

Kenali Kawasan Penuh Sejarah Geylang Serai & Katong Joo Chiat di Singapura© 2021 Singapore Tourism Board

Geylang Sari adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi saat memasuki bulan Ramadan serta menjelang Idul Fitri di Singapura. Banyak sekali festival Ramadan yang diselenggarakan di tempat ini.

Seperti sebulan menjelang Hari Raya, sepanjang jalan di Geylang Serai bakal diterangi lautan lampu warna-warni dan dekorasi meriah. Festival ini menyala tiap hari mulai jam 19.00 hingga tengah malam. Ketika memasuki malam Hari Raya Idul Fitri, lampu-lampu ini akan dinyalakan hingga jam 6 pagi.

4. Tambah Wawasan dengan Belajar Seni Lukis Tubuh dengan Henna di SyraSkins

Kenali Kawasan Penuh Sejarah Geylang Serai & Katong Joo Chiat di Singapura© 2021 Singapore Tourism Board

Kenang-kenangan saat berlibur di Singapura tak hanya berupa barang maupun deretan foto di Instagram. Salah satunya seperti seni lukis tubuh Henna yang bisa kamu temukan di SyraSkins. Seni lukis tubuh yang telah berusia ribuan tahun ini dikerjakan secara profesional dan bisa kamu dapatkan tanpa harus menunggu proses yang lama di lingkungan Geylang Serai. Di tempat ini kamu juga bisa belajar lebih dalam tentang seni Henna, lho.

Katong Joo Chiat

Area ini banyak memberikan sentuhan magis untuk para traveler. Jelajahi beragam budaya Peranakan yang ditampilkan lewat toko barang antik hingga resto otentik yang siap memanjakan perjalananmu.

1. Staycation di Betel Box Hostel Singapore untuk Merasakan Sejenak Menjadi Warga Singapura

Kenali Kawasan Penuh Sejarah Geylang Serai & Katong Joo Chiat di Singapura© 2021 Singapore Tourism Board

Tanpa harus berjalan-jalan cukup jauh dan menyita banyak energi, kamu bisa merasakan menjadi warga negara Singapura hanya dengan menginap di Hostel Betel Box. Nama dari backpacker hotel ini ‘Betel Box’ dalam bahasa Indonesia berarti ‘kotak sirih’ yang pada jaman dahulu memiliki desain yang mewah dan biasanya dijadikan buah tangan yang menjadi ikon keramahan budaya Asia.

2. Mengagumi Keindahan Arsitektur di Katong/Joo Chiat

Kenali Kawasan Penuh Sejarah Geylang Serai & Katong Joo Chiat di Singapura© 2021 Singapore Tourism Board

Salah satu hidden gem yang jarang disadari wisatawan termasuk dari Indonesia adalah Katong/Joo Chiat. Padahal wilayah ini dikenal sebagai pemukiman kelas atas yang memiliki arsitektur unik. Seperti rumah toko dua lantai dengan dinding pernuh warna serta hunian berteras dengan motif artistik dengan ornamen yang nggak bakal kamu temukan di tempat lain.

Hadiahkan Kerabat Oleh-oleh Tradisional nan Artistik di Rumah Bebe

Tak hanya arsitektur yang artistik, Joo Chiat juga kondang akan pernak-pernik kerajinan khas budaya Peranakan. Seperti yang bisa kamu dapatkan di Rumah Bebe.

Beragam kerajinan manik-manik, pakaian, dan aksesori lainnya bisa kamu temukan di toko yang sudah berdiri sejak 1995 ini. Temukan juga beragam outfit artistik khas Peranakan seperti selop berhias manik-manik, kebaya khas Melayu, dan masih banyak lagi.

Mengagumi Keindahan 1500 Koleksi Artistik di Museum The Intan

Kenali Kawasan Penuh Sejarah Geylang Serai & Katong Joo Chiat di Singapura© 2021 Singapore Tourism Board

Joo Chiat memang identik dengan keindahan artistik yang ada di dalamnya. Termasuk Muesum The Intan, rumah pribadi yang kini dijadikan museum untuk lebih dari 1500 koleksi. Di sini, kamu bisa menemukan pernak-pernik ikonik khas Peranakan. Museum The Intan pun juga menjadi tempat yang menyenangkan untuk melihat sejarah budaya Peranakan di Singapura

Jangan Biarkan Perut Keroncongan, Isi Energimu di 328 Katong Laksa

Kenali Kawasan Penuh Sejarah Geylang Serai & Katong Joo Chiat di Singapura© 2021 Singapore Tourism Board

Tak terasa sudah berjam-jam meninkmati Joo Chiat yang artistik. Ketika perut mulai keroncongan, Restoran 328 Katong Laksa wajib jadi tempat persinggahan sebelum melanjutkan petualangan.

Menyajikan menu yang legendaris, restoran ini adalah salah satu gerai makanan dengan rasa Laksa yang begitu otentik. Founder dari 328 Katong Laksa ini memerlukan banyak sekali jenis bumbu dan bahan serta memakan waktu 6 bulan untuk menyempurnakan resepnya.

Tutup Perjalanan dengan Mengunjungi The Red House

Bicara soal Singapura, setiap destinasinya tak hanya menawarkan pemandangan untuk jadi spot foto, namun juga menikmati experience melalui dekorasi hingga bentuk bangunan. Seperti The Red House yang awalnya adalah toko roti kondang di daerah Katong bernama Katong Bakery & Confectionary pada 1920-an. Kini, The Red House mendapatkan Architectural Heritage Awards berupa "Special Mention" dari Urban Redevelopment Authority atas eksistensinya hingga sekarang. Bahkan, bentuk bangunan dari The Red House ini nggak berubah sejak dibangun loh.

Kebayang kan bagaimana serunya Geylang Serai dan Katong/Joo Chiat? Sekarang kita masih bersabar dulu untuk bersama-sama melawan pandemi yang masih ada, supaya kita bisa cepat kembali traveling lagi dengan aman nantinya. Selain berbagai tempat tersebut, masih banyak lagi spot menarik di Geylang Serai dan Katong/Joo Chiat yang bisa dieksplorasi lebih jauh. Yuk, tonton langsung videonya dan bayangkan kembali perjalananmu ke Singapura!

Serunya Menjelajahi Geylang Serai dan Joo Chiat

Terkait
Join Dream.co.id