Kebaya Jawa Populer di Malaysia

Lifestyle | Kamis, 1 Maret 2018 18:30
Kebaya Jawa Populer di Malaysia

Reporter : Eko Huda S

Kebaya tidak lapuk ditelan zaman. Penggemarnya bukan hanya wanita dewasa, tapi juga para gadis remaja.

Dream - Ada sepenggal pantun dari Malaysia yang menunjukkan bagaimana kebaya Jawa diakui sebagai busana yang cantik dan menawan.

Baju kebaya dari lah Jawa // Cantik dipakai nyonya Melaka // Disulam manis bercorak bunga // Siapa pandang pasti tak lupa

Kebaya tidak lapuk ditelan zaman. Di sana, penggemarnya bukan hanya wanita dewasa, tapi juga para gadis remaja.

Di negeri jiran itu, kebaya tak hanya digunakan dalam acara formal. Para wanita Malaysia banyak mengenakannya untuk busana kantor atau sekadar dipakai di acara santai.

Namun, kebanyakan kebaya yang dijual di pasaran menggunakan kain berjenis sifon.

Kain ini memiliki ciri tembus pandang sehingga kurang nyaman bagi wanita yang berjilbab.

Sebenarnya kekurangan tersebut bisa diatasi dengan dalaman atau inner. Namun hal itu menyebabkan rasa tidak nyaman bagi pemakainya.

Menyadari masalah di kalangan penggemar kebaya ini, merek Byhisdaisy memberikan solusinya.

2 dari 3 halaman

Kebaya Berkualitas Tapi Terjangkau

Dream - Pemilik merek tersebut, Syafnita Dessy Syafrizal Syah, mengatakan, Byhisdaisy ingin mengetengahkan konsep koleksi kebaya yang terjangkau. Bukan hanya terjangkau, tapi kebaya Byhisdaisy nyaman dipakai oleh semua wanita di Malaysia.

Byhisdaisy sangat memperhatikan pemilihan bahan kain untuk setiap koleksi kebaya yang dihasilkan. " Setiap desain yang kami hadirkan hanya menggunakan bahan katun yaitu tipe Ima Premium dan kapas  pilihan.

Menurut Syafnita, teksur kebaya Byhisdaisy ringan dan lembut dibanding kain katun lainnya. Sehingga kebaya tersebut cocok dipakai di negara-negara yang hangat dan lembab seperti di Malaysia.

Hebatnya lagi, bahan kain yang digunakan juga tidak mudah kusut sehingga pemakainya selalu terlihat anggun meski bergaya dengan kebaya.

" Tak hanya fokus pada materi, koleksi kebaya Byhisdaisy juga menampilkan detail motif bunga dalam setiap desainnya," jelas wanita berusia 27 tahun itu.

3 dari 3 halaman

Puji Kehalusan Kebaya Bordir Indonesia

Dream - Syafnita mengatakan kehalusan kebaya bordir dari Indonesia mampu memperlihatkan sisi elegan dan ciri khas fashion tradisional.

Dan untuk kebaya koleksinya, Syafnita hanya membatasi 1.000 lembar kebaya saja. Hal ini dilakukan untuk memberi nilai eksklusif kepada si pemakai.

Ada tiga model kebaya bordir yang diproduksi yaitu kutubaru, pendek dan panjang.

" Untuk koleksi terbaru, kami menampilkan potongan klasik dengan warna bunga dan dasar yang senada untuk menciptakan gaya minimal. Ciri unik dari kutubaru adalah bahwa ia dipotong kotak dan sedikit lebih pendek di bagian depan. Gaya ini mendapat sambutan hangat terutama mereka yang usia 20an.

" Kebaya pendek sangat cocok untuk mereka yang modern dan aktif. Potongan pendek membuatnya bergaya saat dipadukan dengan celana dan kain pario yang memiliki gradien warna yang hampir sama dengan kebaya.

" Kebaya panjang sangat cocok bagi mereka yang menyukai gaya polos dan sopan. Kami memastikan kebaya tidak jatuh melebihi lutut wanita dewasa sehingga terlihat pas dan rapi di tubuh pemakainya," jelas Syafnita.

Variasi warna yang ditawarkan meliputi warna-warna cerah sehingga pastel.

Meski dibuat menggunakan kain katun premium dan bordiran mewah, kebaya Byhisdaisy harganya antara RM99 (setara Rp347 ribu) sampai RM119 (setara Rp417 ribu) saja.

(Sah/Sumber: kosmo.com.my)

Terkait
Join Dream.co.id