KAMI Hadirkan Batik Motif Kawung dan Parang Klitik di JFW 2021

Lifestyle | Selasa, 1 Desember 2020 10:33
KAMI Hadirkan Batik Motif Kawung dan Parang Klitik di JFW 2021

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Tetap dengan look yang minimalis, Kami. mencoba padu padan motif khas kerajinan Tanah Air.

Dream - Label busana Kami. menampilkan koleksi terbaru di panggung Jakarta Fashion Week (JFW) 2021. Berbeda dari biasanya, label yang terinspirasi dari budaya Korea ini membawa koleksi bertema kerajinan khas Indonesia.

Koleksi bertajuk 'Bandha' itu terinspirasi dari gagasan tentang bagaimana batik, sebagai salah satu teknik pembuatan tekstil yang dilestarikan secara turun temurun di Tanah Air. Penamaan 'Bandha' diambil dari bahasa Jawa yang berarti 'harta karun'.

 Kami.
© Foto: Dok. JFW 2021

" Kami. hampir tidak pernah membawa tema Indonesia dan sekarang ini adalah saatnya. Kami membawa kain batik khas Jawa serta sulaman suku Dayak yang dikemas secara kontemporer," ujar Nadya Karina, Founder dan Creative Director Kami. dalam konferensi pers virtual JFW belum lama ini.

Koleksi 'Bandha' menonjolkan beberapa motif batik ternama, diantaranya motif Kawung dan Parang Klitik. Motif tersebut dibalut dengan desain yang telah disederhanakan sehingga tercipta tampilan kontemporer.

2 dari 7 halaman

Tetap Sarat Makna

Meski telah disederhanakan, kedua motif tetap memiliki filosofi yang dalam. Motif Kawung berarti mengontrol keinginan diri dan mengingatkan kita kepada Sang Pencipta. Sedangkan motif Parang Klitik mengandung makna perilaku yang halus dan bijaksana.

 Kami.
© Foto: Dok. JFW 2021

" Koleksi ini juga membawa Kami. untuk menciptakan desain karya khas Kami. dengan motifyang terinspirasi oleh visual dari batik. 'Bandha' adalah tentang apresiasi yang sederhana namun besaratas kebanggaan yang kami bawa untuk Indonesia," tambah Karin.

Koleksi 'Bandha' dibawakan dalam 13 look yang terdiri dari atasan, celana, rok, outer hingga dress. Siluet lebar dan pemakaian bahan ringan membuat gaun terlihat flowy dan elegan.

 Kami.
© Foto: Dok. JFW 2021

Teknik pembuatan outfit yang bervolume menggunakan bahan premium berhias pleats dan embroidery. Motif Kawung dan Parang Klitik yang didominasi oleh desain geometris membuat ketiga belas outfit mudah melekat di hati anak muda.

3 dari 7 halaman

Seragam Kuda dan Sekolah, Inspirasi Fashion Hijab Terbaru Jenahara

Dream - Jenahara Nasution turut memeriahkan gelaran Jakarta Fashion Week (JFW) 2021. Ia berbagi panggung di pertunjukan Indonesia Fashion Forward bersama tiga label busana kenamaan Tanah Air.

Bertajuk 'Academia', Jenahara terinspirasi dari konsep seragam berkuda dan sekolah yang membangkitkan kenangan akan serial klasik The Umbrella Academy dan Gossip Girl.

 Koleksi Jenahara
© Foto: Dok. JFW 2021

Sisi kekuatan perempuan dituangkan lewat potongan asimetris yang didominasi oleh warna hitam dan putih. Lewat koleksi ini, Jenahara ingin kembali mempertegas kekuatan mix and match yang identik dengan nuansa monokrom.

 Koleksi Jenahara
© Foto: Dok. JFW 2021

" Pemilihan bahan juga sangat detail karena saya ingin penikmat fashion tahu bahwa koleksi JENAHARA sangat timeless untuk dipakai kapanpun. Meskipun trend selalu berubah-ubah, namun koleksi JENAHARA akan selalu bisa dipakai di trend apapun," ujar Jenahara dalam rilisnya, Senin 30 November 2020.

4 dari 7 halaman

Aksen Rantai

Jenahara turut membubuhkan aksesori berupa chain atau yang menambah kesan edgy dan fierce. Aksen rantai bernuansa emas dibubuhkan pada outer dan hijab yang menyerupai topi.

 Koleksi Jenahara
© Foto: Dok. JFW 2021

Tetap stylish dan modern, rantai-rantai tersebut dikombinasikan dengan aksen detail layering, pleats, patches dan motif checked di beberapa potongan koleksi. Potongan yang tegas dan kuat memberi kesan tangguh tanpa meninggalkan sisi feminin perempuan.

 Koleksi Jenahara
© Foto: Dok. JFW 2021

Di perhelatan JFW 2021, Jenahara berkolaborasi bersama COTTONINK, Rani Hatta dan SOE Jakarta dalam pertunjukan Indonesia Fashion Forwards.

5 dari 7 halaman

25 Tahun Berkarya, Rinaldy Yunardi Bawa Koleksi Masker Unik

Dream - Desainer kondang, Rinaldy A. Yunardi, merayakan 25 tahun berkarya di panggung Jakarta Fashion Week (JFW) 2021. Kali ini ia membawa koleksi dari label alas kaki dan aksesorinya, Refounders.

Refounders yang sebelumya diberi nama Lost and Found didirikan oleh Rinaldy dan empat orang sahabatnya pada 2014. Berpisah dan berganti nama menjadi Refounders, desainer 49 tahun itu melahirkan kembali karya mode penuh detail dan craftmanship.

 Refounders by Rinaldy A. Yunardi
© Foto: Dok. JFW 2021

Rinaldy menghadirkan sejumlah alas kaki kasual dan semi formal yang terinspirasi dari gaya era 1800-an, mulai dari sneakers, sandal, dan kitten heels tertutup.

Ornamen chic yang telah menjadi DNA di koleksi Rinaldy kembali diperlihatkan lewat aplikasi bunga, rantai, mutiara, payet, bordir, studs, pita dan bebatuan.

 Refounders by Rinaldy A. Yunardi
© Foto: Dok. JFW 2021

" Refounders merupakan produk lain dari Rinaldy A. Yunardi yang saya ciptakan untuk dapat dikenakan sehari-hari, perkembangan dari koleksi utama saya, memiliki nafas desain saya dan memberikan kepada masyarakat kesempatan memiliki serta menikmati karyaku," ujar Rinaldy dalam rilisnya, Senin 30 November 2020.

6 dari 7 halaman

Masker dan Face Shield

Desainer yang akrab disapa Yung-Yung itu juga merancang aksesori berupa tas, topi, masker dan face shield yang menjadi sorotan di tengah pandemi Covid-19.

 Refounders by Rinaldy A. Yunardi
© Foto: Dok. JFW 2021

Di kesempatan ini Rinaldy turut memperkenalkan koleksi yang fungsional, dapat dikenakan di kala pandemi secara nyaman tanpa meninggalkan sisi modis.

Untuk masker, Rinaldy memakai bahan crinoline dan dilengkapi kacamata yang dapat dilepas agar masker dapat dicuci. Desain face shield berbentuk geometris yang dibawakan juga tak kalah menarik.

 Refounders by Rinaldy A. Yunardi
© Foto: Dok. JFW 2021

Warna hitam dan transparan mendominasi sebagian besar koleksinya. Terdapat pula model face shield berbingkai seperti ukiran baroque ciri khas karya Rinaldy yang extravagant.

7 dari 7 halaman

Tas Selempang

Selain masker dan face shield, Rinaldy merancang tas selempang yang dilengkapi dengan tempat menyimpan tisu, hand sanitizer dan ponsel yang dilengkapi dengan tali. Bagian dalam yang dilengkapi risleting berlapis karet juga dapat digunakan untuk menyimpan masker hingga kartu.

 Refounders by Rinaldy A. Yunardi
© Foto: Dok. JFW 2021

Terdapat pula tote bag yang dapat digunakan untuk pergi berbelanja. Tote bag berukuran besar juga bisa dikenakan sebagai backpack. Koleksi didominasi oleh warna hitam dan cream yang netral serta mudah dipadupadankan.

 Refounders by Rinaldy A. Yunardi
© Foto: Dok. JFW 2021

Join Dream.co.id