Mengharukan! Mendiang Desainer Barli Asmara 'Hidup Kembali` di JFW 2021

Lifestyle | Jumat, 27 November 2020 18:12
Mengharukan! Mendiang Desainer Barli Asmara 'Hidup Kembali` di JFW 2021

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Suasana haru menyelimuti panggung Jakarta Fashion Week 2021 di malam hari.

Dream - Panggung Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 membangkitkan memori lama. Digelar virtual pada malam hari, JFW menghadirkan panggung spesial bertajuk 'Fashion Week X Mandiri Private: Tribute to Barli Asmara'.

Pertunjukan dibuka dengan menampilkan video keseharian Barli Asmara di ruang kerja. Tangan dinginnya sibuk menggambar rancangan, menyentuh kain dan menyatukan pola busana

Cuplikan kenangan itu mengantar para penonton ke sesi pertama pertunjukan berjudul 'Arsip Barli Asmara - A Tribute'. Sekuen ini menampilkan karya-karya Barli Asmara sejak 2008-2018.

Barli Asmara© Foto: Dok. JFW 2021

Sebanyak 24 koleksi pilihan tersebut akan dimasukkan ke dalam buku biografinya yang bertajuk '15 Warsa Barli Asmara: Di Antara Gemerlap Ornamentasi'.

2 dari 5 halaman

Kenangan Barli Asmara

Para model berlenggak-lenggok memasuki runway. Deretan wanita mengenakan gaun berornamen pita cantik dan teknik smock yang merupakan koleksinya di 2008 silam.

Barli Asmara© Foto: Dok. JFW 2021

Nuansa Jawa dalam koleksi Royal Javanese 2014 turut dihadirkan ke panggung lewat gaun bermotif truntum. Selain itu ada Royal Kerancang, koleksi gaun bermotif bordir bunga, salur dan lingkaran kecil di atas kain semi transparan.

Tema klasik yang menjadi benang merah di koleksi La Vie Boheme dan Orchid Fervor menutup sekuen pertama dengan dominan warna emas, ungu serta ornamen beadings dan kelopak bunga.

Barli Asmara© Foto: Dok. JFW 2021

Salah satu yang menjadi daya tarik utama dalam sekuen ini adalah outfit dengan topeng bernuansa silver. Aksesori tersebut sejalan dengan situasi pandemi saat ini, di mana orang berpergian sambil menutup wajah mereka memakai masker.

3 dari 5 halaman

Karya Penerus

Kepergian Barli Asmara pada 27 Agustus 2020 lalu meninggalkan duka di dunia mode Tanah Air. Namun karyanya tak pernah mati. JFW 2021 menghadirkan koleksi terbaru dari lini Barli Asmara Pret-a-Porter.

Di bawah kepemimpinan direktur kreatif baru, Leslie Tobing, koleksi bertajuk 'La Danza de La Vida' ini merupakan sebuah bentuk penghormatan pada Barli Asmara.

Barli Asmara© Foto: Dok. JFW 2021

Tanpa terlarut dalam duka, Leslie ingin mengenang Barli Asmara dengan cara menyenangkan yaitu dengan berdansa. Koleksi terinspirasi dari tarian dan kostum meriah Amerika Latin seperti rumba dari Cuba, samba dari Brazil dan arunguita dari Argentina.

Koleksi ini menonjolkan keindahan dan kebebasan bergerak tanpa meninggalkan ciri khas Barli pada siluet ultrafeminin. Pemakaian bahan-bahan seperti brokat, chiffon, tulle dan katun membuat busana tampak flowy, bergoyang dan seolah berdansa di setiap langkah pemakainya.

Barli Asmara© Foto: Dok. JFW 2021

Aplikasi favorit Barli Asamara seperti ruffle, puff sleeve dan rok tiered dihadirkan sebagai detail utama koleksi ini. Leslie juga memberi sentuhan motif bunga dan eksplorasi warna untuk menggambarkan kemeriahan kostum tari Amerika Latin.

4 dari 5 halaman

Disiarkan Lewat TikTok, JFW 2021 Hadirkan 'Tribute to Barli Asmara'

Dream - Jakarta Fashion Week (JFW) kembali dihelat pada 26 hingga 29 November 2020. Gelaran tahun ini menghadirkan pertunjukan spesial bertajuk 'Tribute to Barli Asmara' untuk mengenang desainer kenamaan yang wafat pada pada 27 Agustus 2020.

Di tahun-tahun sebelumnya, desainer kelahiran 3 Maret 1978 itu kerap meramaikan panggung mode JFW dengan karya-karya bernuansa klasik.

" Semasa hidupnya, Barli adalah desainer yang banyak menghasilkan karya-karya indah sehingga beliau patut diberikan penghargaan," ucap Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week, di Jakarta, Kamis 19 November 2020.

Beradaptasi dengan gaya hidup baru di tengah pandemi, JFW tahun ini hadir dengan konsep berbeda. Proses produksi JFW 2021 dilakukan di Senayan City, Jakarta Pusat, dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Seluruh rangkaian acara disiarkan secara virtual melalui platform digital, seperti live stream melalui microsite JFW.TV, kanal media sosial resmi dan platform digital para partner.

5 dari 5 halaman

Disiarkan Lewat TikTok

Jakarta Fashion Week 2021 juga menjadi perhelatan mode pertama di Indonesia yang disiarkan secara live melalui TikTok. Acara kali ini mengusung kampanye 'Inspiring Creativism', sebagai cerminan bahwa situasi pandemi tak menjadi halangan para pelaku mode dalam berkarya.

" Kita dapat mengubah pandemi menjadi momen penuh harapan. Di dalamnya ada tantangan untuk menciptakan berbagai inovasi baru, rasa semangat, kebersamaan dan kepedulian yang lebih kuat dibandingkan masa-masa sebelumnya," tutur Svida Alisjahbana, CEO GCM Group.

Barli Asmara di JFW 2019© (http://www.dream.co.id/Daniel Kampua)

Sebanyak 61 desainer dan label fashion akan memamerkan koleksi terbaru mereka di panggung runway. Mereka di antaranya Rinaldy Yunardi (Refounders), Wilsen Willim, Tities Saputra, KAMI, Jenahara, Rani Hatta (Hattaco), Restu Anggraeni (ETU), dan masih banyak lagi.

Gelaran ini turut dimeriahkan dengan kehadiran ratu-ratu kecantikan, yaitu Rr. Ayu Maulida Putri (Puteri Indonesia 2020), Putu Ayu Saraswati (Puteri Indonesia Lingkungan 2020), Jihane Almira Chedid (Puteri Indonesia Pariwisata 2020) dan para JFW 2021 Icons.

Join Dream.co.id