Jangan Asal Diet, Kenali Komposisi Tubuh Agar Penurunan Berat Badan Lebih Sehat

Lifestyle | Rabu, 27 Juli 2022 13:46

Reporter : Cynthia Amanda Male

Ketahui target utama ketika ingin mendapatkan bentuk tubuh proporsional untuk mencegah efek samping buruk bagi kesehatan.

Dream - Ketika ingin mendapatkan berat badan ideal dan tubuh yang proporsional, mungkin kamu akan mencari pola diet atau rutinitas berolahraga sesuai dengan tubuhmu. Kamu pun akan menentukan target berat badan yang dianggap ideal untuk penampilan.

Tapi sebenarnya ketika ingin mendapatkan bentuk tubuh proporsional, kamu juga harus mengetahui komposisi tubuh agar tidak menyebabkan efek samping buruk dalam jangka panjang.

Cara menurunkan berat badan yang tepat akan membuatmu lebih sehat. Hanya memperhatikan penurunan berat badan saja tidak selamanya baik untuk tubuh. Pasalnya, berat badan sendiri terdiri dari lima hal yang berbeda. Hal tersebut diungkapkan oleh Ade Rai sebagai berikut.

Jangan Asal Diet, Kenali Komposisi Tubuh Agar Penurunan Berat Badan Lebih Sehat
Berolahraga. (Source: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

1. Air

 Minum Air© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Cairan yang dikonsumsi setiap hari berkontribusi pada kenaikan berat badan. Jadi jika banyak minum air, berat badan bisa bertambah. Begitu pula ketika berkeringat atau buang air kecil secara berkala, berat badan pun bisa berkurang.

Tapi secara umum, berat air dalam tubuh sebaiknya dijaga agar tetap seimbang. Jadi, tidak kekurangan maupun kelebihan untuk mencegah dehidrasi atau kenaikan berat badan.

3 dari 5 halaman

2. Tulang

Kepadatan tulang memiliki bobot tersendiri. Namun, perkembangan bobot serta kepadatannya akan terhenti di usia 30. Setelah itu, bobot maupun kepadatan tulang akan berkurang secara perlahan. Tapi, kamu harus mencegah penurunan kepadatan tulang dan menjaga kondisinya.

Pencegahan penurunan kepadatan tulang bisa dilakukan dengan memperkuat massa otot serta mengonsumsi makanan tinggi kalsium maupun zat besi.

3. Organ Tubuh

Organ tubuh seperti otak, usus, paru-paru, jantung, ginjal, pembuluh darah, dan empedu sebaiknya memiliki berat yang tetap sebagai tanda kondisi tubuh sehat. Jadi jika ingin mendapatkan tubuh proporsional, berat dari organ tubuh bukanlah sasaran yang tepat untuk dikurangi.

 

4 dari 5 halaman

4. Otot

 Melatih Otot© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Otot berfungsi sebagai penentu kekuatan fungsional tubuh. Maka dari itu, berat otot disarankan untuk tetap terjaga. Bahkan, perlu diusahakan agar meningkat.

" Proses penuaan umumnya menurunkan komposisi otot. Jadi, penurunan otot sebaiknya dicegah atau diperlambat," ujar Ade dalam siaran pers 'Kenali 5 “ Pemegang Saham” Komposisi Tubuh, Fita Ajak Masyarakat Mulai Gaya Hidup Sehat Melalui Program Healthy Living by Ade Rai', Selasa 26 Juli 2022.

5 dari 5 halaman

5. Lemak

 Memiliki Lemak Berlebih© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Jika ingin mendapatkan bentuk tubuh proporsional, kamu bisa mengurangi kadar lemak. Selain mendapatkan tubuh proporsional, pengurangan kadar lemak bisa menurunkan risiko penyakit degeneratif.

Sehingga ketika ingin menjalani program diet, tujuanmu adalah mengurangi lemak, bukan berat badan agar mendapatkan tubuh yang sehat serta proporsional.

Join Dream.co.id