INFOGRAFIS: Alternatif Aktivitas Penghilang Stres Saat Tak Bisa Liburan

Lifestyle | Jumat, 6 November 2020 11:47

Reporter : Dwi Ratih

Pas banget buat kita yang #dirumahaja.

Dream - Sejak diberlakukan PSBB Transisi, pengelola tempat wisata, pusat belanja, dan restoran sudah kembali beroperasi. Para pengunjung mulai banyak mendatangi tempat-tempat tersebut dengan tetap disipilin protokol kesehatan.

Salah satu cara refreshing yang dipastikan aman adalah dengan melakukan staycation. Selain bisa melepas penat, kamu juga  dapat menyegarkan pikiran karena berada di tempat baru.

Apakah Sahabat Dream sudah menyempatkan staycation?

Jika belum berkesempatan, jangan stres. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan #dirumahaja dibanding harus pergi ke luar rumah jika memang belum ada waktu yang pas.

 Infografis Dream.co.id© Dream.co.id

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

 

INFOGRAFIS: Alternatif Aktivitas Penghilang Stres Saat Tak Bisa Liburan
Ilustrasi/shutterstock
2 dari 6 halaman

INFOGRAFIS: Protokol Baru Ibadah Umroh di Masa Pandemik, Ayo Patuh!

Dream - Setelah lama dinanti, pemerintah Arab Saudi akhirnya mulai kembali membuka akses ibadah umroh untuk calon jemaah dari luar negeri.

Rombongan pertama 224 jemaah umroh Indonesia telah tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pada Minggu, 1 November 2020 kemarin,

Sejak informasi pembukaan kembali umroh untuk jemaah asing keluar, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) mengingatkan seluruh anggotanya untuk mematuhi semua ketentuan baru penyelenggaraan umroh baik yang berlaku di Indonesia maupun Saudi.

Pelaksanaan umroh di masa pandemik Covid-19 ini memang berubah total.

Penyelenggara harus memastikan jemaah yang menunaikan ibadah haji kecil ini bebas dari virus corona. Selain demi keselamatan pribadi, langkah ini juga untuk menjaga nama baik Indonesia yang diberikan izin mengirimkan jemaah umroh.

3 dari 6 halaman

Ada 3 tahap

Berikut beberapa aturan yang wajib dilakukan para jemaah Indonesia selama umrah.

 Infografis Dream.co.id© Dream.co.id

 Infografis Dream.co.id© Dream.co.id

 Infografis Dream.co.id© Dream.co.id

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

4 dari 6 halaman

Roadmap Vaksinasi Nasional Covid-19 Dalam Tahap Finalisasi

Dream – Harapan akan segera dilakukannya vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin di depan mata. Satgas Penanganan Covid-19 memastikan peta jalan vaksinasi nasional saat ini sudah masuk tahap finalisasi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan peta tersebut mencakup kandidat calon vaksin corona beserta penyusunan tahapan prioritas penerima vaksin.

Pemerintah juga telah mempertimbangkan berbagai hal yang berkaitan dalam penyusunan peta jalan tersebut.

Wiku Adisasmito menambahkan pemerintah telah mempertimbangkan ketersediaan vaksin, jumlah penduduk, wilayah berisiko, tahapan pemakaian serta indeks pemakaiannya.

“ Dengan berbagai pertimbangan seperti ketersediaan vaksin, jumlah penduduk, wilayah berisiko, tahapan pemakaian dan indeks pemakaian,” kata Wiku dikutip dari laman covid19.go.id, Rabu, 4 November 2020.

5 dari 6 halaman

Memerhatikan Detail Roadmap


 Ilustrasi© freepik.com

Wiku menyatakan peta jalan vaksinasi nasional tersebut mencakup perkiraan skema platform vaksin dan sasaran klaster kelompok.

“ Selain itu, roadmap mencakup perkiraan skema platform vaksin dan sasaran klaster kelompok, estimasi kebutuhan dan rencana pemberian vaksin Covid-19,” tambahnya.

Sebagai upaya mencapai efektivitas vaksin Covid-19 secara maksimal, maka roadmap itu, menurut Wiku, akan memerhatikan tempat penyimpanan vaksin dan kapasitas sumber daya manusia yang melibatkan beberapa jenis tenaga kesehatan termasuk vaksinator.

Kemudian, Satgas Penanganan Covid-19 juga telah menyiapkan jejaring layanan untuk menjamin aliran distribusi dengan melibatkan lintas sektor.

6 dari 6 halaman

Tetap Disiplin Menerapkan 3M

Selain persiapan roadmap vaksin nasional Covid-19 tersebut, Wiku juga mengatakan pemerintah telah mengkaji hal-hal yang penting lainnya yang tentunya tidak boleh diabaikan dalam mempersiapkan vaksinasi nasional ini.

Pengkajian ini penting dilakukan guna memastikan keamanan dan ketersediaan serta mekanisme penyuntikan vaksin dengan melibatkan pendapat dari berbagai elemen baik lintas kementerian maupun Lembaga.

Sebab menurut Wiku, kehadiran vaksin merupakan angin segar bagi masyarakat. Tentu vaksin ini akan digunakan jika sudah benar-benar siap digunakan.

“ Kehadiran vaksin adalah angina segar untuk kita semua, tetapi hingga vaksin siap. Bahkan meskipun vaksin sudah ada dan siap, kita pastikan masyarakat dan pemerintah mematuhi protokol 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebagai upaya pencegahan primer,” pungkas Wiku.

Vaksin Harus Aman

 Ilustrasi© unsplash.com

Sebelumnya, Ahli Virologi dan Molekuler Biologi Universitas Udayana Prof I Gusti Ngurah Mahardika mengatakan keamanan vaksin harus menjadi hal utama dan penting diperhatikan oleh semua pihak.

“ Selain juga jaminan akses vaksin yang murah, dan equitable untuk seluruh masyarakat, proses regulasi harus cepat dan soal keamanan vaksin tidak ada kompromi sama sekali. Vaksin benar-benar harus aman sebelum digunakan,” tegasnya saat konferensi pers virtual di Media Center Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Selain keamanan, hal yang juga tak kalah penting menurut Mahardika adalah vaksin yang nantinya digunakan merupakan vaksin yang berdaya guna di samping aspek kemurnian vaksin, yang tidak ada cemaran bakteri atau jamur serta isi vaksin harus baku.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id