Wawancara Khusus: Rinaldy Yunardi Melawan Pandemi

Lifestyle | Selasa, 16 Februari 2021 07:33

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Apa tanggapan Rinaldy tentang face shield yang sempat menuai kritik?

Dream - Rinaldy Yunardi bukanlah pemain baru di dunia fashion. Pria asal Medan, Sumatera Utara ini sudah berkarya sejak 25 tahun silam.

Berfokus pada rancangan aksesori, Rinaldy telah merancang berbagai karya dengan gaya extravagant untuk para selebriti. Karya-karyanya telah melanglang buana hingga ke Hollywood.

Beberapa artis yang telah memakai rancangan Rinaldy antara lain Lady Gaga, Beyonce, Madonna, Ariana Grande, Syahrini, Titi DJ hingga Melly Goeslaw.

Rinaldy kini menyasar tren face shield dan masker modis di masa pandemi. Pria berusia 50 tahun itu tak memungkiri bahwa pandemi Covid-19 membawa sejumlah tantangan dan kesulitan dalam berbisnis.

 Rinaldy Yunardi
© Foto: Deki Prayoga/Dream

Belum lama ini karya face shield-nya juga menuai berbagai opini publik. Sejumlah netizen menilai face shield berbentuk 'nyeleneh' tidak aman digunakan di masa pandemi.

Bagaimana cara Rinaldy Yunardi menghadapi tantangan di masa pandemi Covid-19? Berikut ini Wawancara Khusus Dream dengan Rinaldy Yunardi:

Wawancara Khusus: Rinaldy Yunardi Melawan Pandemi
Rinaldy Yunardi. (Foto: Deki Prayoga/Dream)
2 dari 4 halaman

Pandemi Ubah Rinaldy Yunardi

Saat kali pertama mendengar berita pandemi ini memang sempat merasa tidak bisa berkarya. Selama ini saya bekerja dengan aktif, jarang ada istirahat. Berkarya sampai tak ada waktu. Tapi pada saat itu saya hanya diam diri di rumah. Awalnya bingung gatau mau ngapain. Bangun, tidur, bengong.

Apa pengaruh terbesar pandemi bagi Rinaldy Yunardi?

25 tahun saya sudah berkarya, bertepatan dengan usia saya yang sudah 50 tahun. Punya rencana di tahun lalu untuk menggelar pameran tunggal. Gold and silver, pengennya besar. Menampilkan seluruh karya yang sudah pernah dipakai selebriti Tanah Air dan dunia. Namun dalam kondisi ini tentu tidaklah mungkin.

Untuk toko, tidak mungkin kita tutup. Bagaimana dengan staf saya? Siapa yang bisa menolong merka kalau bukan saya? Saya tidak pecat, kami sama-sama berjuang. Aku sekarang lebih direct, kembali ke nol seperti pertama memulai karier hanya dengan lima orang.

 Rinaldy Yunardi
© Foto: Deki Prayoga/Dream

Bagaimana cara Rinaldy agar tetap dapat berkarya di tengah pandemi?

Awalnya bingung enggak tahu mau ngapain. Tapi ternyata inilah waktu buat saya untuk berpikir dan belajar lebih jauh lagi. Melihat apa yang sudah dikaryakan, mengeksplorasi lagi apa yang sudah saya kerjakan. Di tahun ke-25 ini, Tuhan berikan saya kesempatan untuk mengeluarkan karya-karya baru dari brand Refounders. Akhirnya saya bisa mewujudkan mimpi punya brand sepatu sendiri.

Selain itu saya juga membuat koleksi tas, masker dan face shield ready to wear. Industri wedding sedang berjalan tidak seperti biasanya. Secara fashion, hal yang dibutuhkan saat ini di masa pandemi ya masker dan face shield. Jadi saya terus kembangkan secara fashionable. Kesedihan gagalnya menggelar pameran tunggal akhirnya terbalaskan dengan lahirnya koleksi terbaru Refounders.

3 dari 4 halaman

Karya-karya Rinaldy Selama Pandemi?

Saat ini saya bikin face shield simpel yang bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Ada juga yang bentuknya unik, seperti yang dipakai Melly Goeslaw. Saya buat dari mika transparan waterproof, dihias dengan ukiran dari logam tipis. Bentuknya sederhana dan ringan sehingga nyaman dipakai.

 Face Shield Rinaldy Yunardi
© Foto: Deki Prayoga/Dream

Saya juga belajar membuat masker kain. Jika biasanya pakai kain lembut seperti katun, saya pengen sesuatu yang beda pakai bahan cranoline. Bahan ini kaku, mengilap namun tetap berpori-pori. Masker tidak membuat wajah tampak menggembung seperti masker pada umumnya. Pipi ikut tertarik ke atas sehingga wajah terlihat tirus.

Lalu ada Health Organizer. Tas ini untuk mereka yang masih aktif berpergian di tengah pandemi. Ada tempat untuk tisu kering, tisu basah, hand sanitizer dan handphone yang hanya tinggal ditarik. Di dalam ada slot untuk kartu dan uang cash.

Sempat mendapat kritik dari netizen, apa keistimewaan dari face shield Rinaldy Yunardi?

Dulu kita selain diwajibkan memakai masker juga disarankan untuk memakai face shield, karena katanya percikan virus juga bisa mengenai mata. Face shield ini juga awalnya dibuat agar tangan tidak menyentuh wajah. Tapi ternyata virusnya bisa menyebar lewat udara, dan face shield meski luas tapi kan tetap berongga. Tidak ada face shield yang menutup rapat. Ini face shield, bukan helm astronot. Yang penting saat ini bisa menahan droplets. Makanya tetap harus pakai masker. Saya buat masker hingga lima lapis kain.

Mereka (selebriti) pakai untuk pemotretan hingga manggung. Kalau dipakai tidak lama hanya beberapa jam tidak masalah. Protokol kesehatan juga tetap berjalan. Face shiled tidak saya sewakan seperti koleksi aksesori lain. Semua for sale, tidak disewakan untuk mencegah kontaminasi virus. Face shield ini caranya agar mereka tetap fashionable, glamor dan unik tapi tetap nyaman dan aman. Terserah orang mau berkata seperti apa. Namanya fashion tidak ada batasan. Harus beranikan diri mengeksplor.

Saat ini saya juga batasi tamu di toko saya. Seminggu hanya tiga kali, dan yang boleh datang hanya pelanggan setia yang sudah membuat janji.

4 dari 4 halaman

Pelanggan Face Shield Rinaldy

Awal mula Syahrini butuh masker dan face shield untuk ke acara TV. Saya bikin yang model silang untuk Syahrini. Masing-masing artis punya style. Syahrini maunya yang blink-blink, tapi kalau Melly mau yang unik, aneh dan extravagant. Lalu ada juga Uthe (Ruth Sahanaya) yang gayanya lebih ke kalem dan anggun. Lady Gaga juga sempat pakai yang bentuk hati untuk pemotretan. Kalau Melly, Uthe dan Titi untuk pemotretan dan juga manggung.

 Syahrini
© Foto: Instagram @refounders

Apakah ada karya terbaru yang akan Rinaldy luncurkan ke depannya?

Nanti ada strap mask. Kan masker saja polos, tapi nanti saya kreasikan di strapnya yang akan segera diluncurkan. Ada juga face shield untuk hijab. Kan kalau hijaber repot ya, harus masukin karet masker ke dalam telinga. Jadi saya bikin menyerupai jepit. Face shieldnya tinggal dijepit ke hijab. Lebih oke lagi kalau dipakai ke hijab yang bahannya kaku jadi lebih kencang. Belum launching, soon.

Join Dream.co.id