HUAWEI MatePad Pro, Tablet Tipis dengan Performa 'Tebal'

Lifestyle | Selasa, 9 Agustus 2022 08:46

Reporter : Elsa Yuni Kartika

Menjawab kebutuhan akan tablet canggih dengan performa layaknya PC profesional yang cocok untuk produktivitas, HUAWEI MatePad Pro akan segera diluncurkan secara resmi ke pasar Indonesia.

Dream – Perkembangan teknologi kini menyesuaikan dengan mobilitas masyarakat yang semakin tinggi. Sehingga tidak heran banyak produk teknologi yang dibuat untuk menunjang produktivitas pengguna.

Dulu orang harus duduk di kantor hanya untuk mengetik atau mengerjakan tugas lainnya. Mesin ketik, perangkat komputer, pernah menjadi andalan di masanya. Namun, perangkat itu sudah tergusur oleh teknologi yang lebih mobile.

Kini, manusia benar-benar dimanjakan oleh teknologi. Kita bisa bekerja di manapun. Tak perlu lagi laptop yang harus repot dibawa menggunakan tas, apalagi mesin ketik dan komputer. Sebab, kini banyak produk tablet yang bisa menemani kerja kita dari manapun.

Salah satunya adalah HUAWEI MatePad Pro yang bakal diluncurkan 16 Agustus 2022. Tablet ini cocok untuk menunjang kinerja pengguna yang punya mobilitas tinggi karena mudah dijinjing ke manapun.

 

HUAWEI MatePad Pro, Tablet Tipis dengan Performa Tebal
HUAWEI
2 dari 5 halaman

Bobot HUAWEI MatePad Pro memang saangat ringan, hanya 449 gram. Dimensi pun sangat ramping. Panjang 160.38 mm, lebar 249.23 mm, dan tebal cuma 5,9 mm. Dengan demikian, HUAWEI MatePad Pro 11 terasa pas dan nyaman dibawa dengan satu tangan.

“ Tablet flagship terbarudari HUAWEI ini kami rancang dengan fleksibilitas tinggi melalui fitur-fitur yang dapat membuat pengguna lebih mudah untuk menjalankan produktivitas mereka maupun menikmati hiburan kapanpun dan di manapun,” kata Patrick Ru, Country Head of Huawei Device Indonesia, dalam acara Media Roundtable HUAWEI MatePad Pro, Senin 8 Agustus 2022.

 HUAWEI Media Roundtable© Elsa Yuni Kartika/Dream

Pengguna tak perlu khawatir membawa perangkat ini dengan satu tangan saja. Sebab, punggung HUAWEI MatePad Pro sudah menggunakan desain frosted surface alias matte sehingga permukaan belakang tablet lebih kesat dan diklaim lebih tahan aus dan anti-sidik jari.

 HUAWEI MatePad Pro© HUAWEI

Pada bagian punggung pula terdapat modul kamera berbentuk lingkaran yang cukup besar, yang disebut Dome Ring Design. Desain modul kamera tersebut mirip seperti di ponsel flagship HUAWEI P50 Series. Kamera belakangnya berresolusi 13 MP.

3 dari 5 halaman

Layar dengan Bezel Tipis

HUAWEI MatePad Pro masih dibekali layar berukuran 11 inci, sama seperti tablet pendahulunya, HUAWEI MatePad 11 yang dirilis tahun lalu. Bedanya, layar tablet MatePad Pro kini jauh lebih luas, karena layar tablet ini memiliki rasio layar-ke-bodi (screen-to-body) yang mencapai 92 persen.

HUAWEI mengklaim desain itu sebagai rasio layar-ke-bodi terbesar yang ada pada perangkat tablet. Tak hanya itu, desain itu juga sudah termasuk 6 speaker dengan peningkatan Ultra Bass, memberikan pengalaman audio terbaik untuk hiburan yang sinematik.

 HUAWEI MatePad Pro© Huawei

HUAWEI MatePad Pro menggunakan SoC Snapdragon 888 dan Snapdragon 870. Kedua chipset tersebut bakal dibekali teknologi graphene 3D dan vapor chamber untuk menjaga suhu perangkat tetap normal dan terhindar dari overheat.

Namun, sayangnya saat di acara Media Roundtable bersama HUAWEI, Edy Supartono selaku Training Director HUAWEI Indonesia, belum mengungkap MatePad Pro dengan chipset apa yang akan masuk ke Indonesia.

4 dari 5 halaman

Jalankan Sistem Operasi Harmony OS 3.0

Berbicara soal sistem operasi, MatePad Pro menjalankan Harmony OS 3.0 buatan Huawei sendiri. Sehingga, tablet ini tidak menjalankan sistem operasi Android, yang berarti kita tidak akan menjumpai layanan Google di dalamnya, seperti Gmail, Maps, YouTube, Play Store, dan lain-lain.

Harmony OS 3.0 yang ditanamkan di tablet ini memiliki beberapa peningkatan dari versi sebelumnya, salah satu fiturnya bernama ‘Card Folder’. Fitur ini berguna untuk menggabungkan antara satu widget dan yang lain sehingga menumpuk seluruh widgets berukuran besar, guna menghindari tampilan homescreen yang berantakan.

 Harmony OS 3.0© Huawei


HUAWEI MatePad Pro menggunakan SoC Snapdragon 888 dan Snapdragon 870. Kedua chipset itu bakal dibekali teknologi graphene 3D dan vapor chamber untuk menjaga suhu perangkat tetap normal dan terhindar dari overheat.

Namun sayangnya, saat di acara Media Roundtable bersama HUAWEI, Edy Supartono, Training Director HUAWEI Indonesia, belum mengungkap MatePad Pro dengan chipset apa yang akan masuk ke Indonesia.

5 dari 5 halaman

Berbicara soal sistem operasi, MatePad Pro menjalankan Harmony OS 3.0 buatan Huawei sendiri. Sehingga, tablet ini tidak menjalankan sistem operasi Android, yang berarti kita tidak akan menjumpai layanan Google di dalamnya, seperti Gmail, Maps, YouTube, Play Store, dan lain-lain.

Harmony OS 3.0 yang ditanamkan di tablet ini memiliki beberapa peningkatan dari versi sebelumnya, salah satu fiturnya bernama ‘Card Folder’. Fitur ini berguna untuk menggabungkan antara satu widget dan yang lain sehingga menumpuk seluruh widgets berukuran besar, guna menghindari tampilan homescreen yang berantakan.

Untuk pengguna yang dituntut multi-tasking dalam produktivitasnya, HUAWEI MatePad Pro pun menyematkan pembaruan dari fitur multi-windows, mulai dari mini floating window yang bisa disesuaikan ukurannya dengan fleksibel untuk pengalaman layaknya bekerja menggunakan PC.

Dengan kemampuan tersebut, pengguna bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan, seperti mengedit presentasi sembari menyaksikan video tutorial dari mini floating window di saat yang bersamaan atau hadir dalam meeting virtual sembari menghitung menggunakan kalkulator di floating window lainnya.

 HUAWEI MatePad Pro© Huawei

Tablet ini juga didukung oleh HUAWEI M-Pencil (Generasi Kedua) dan hadir dalam balutan warna putih dan sentuhan akhir terbaru khas Huawei. MatePad Pro pun juga menjadi tablet Huawei pertama dengan HUAWEI Notes terbaru. Aplikasi ini hadir dengan kemampuan edit yang luar biasa dan terintegrasi dengan banyak alat mengedit.

Menuju tanggal rilisnya, pelanggan baru dapat melakukan pre-order pada 16-26 Agustus 2022 secara online melalui e-commerce terkemuka di Indonesia. Selain itu, nantinya pelanggan juga bisa mendapatkan HUAWEI MatePad Pro secara offline di HUAWEI Authorized Experience Store, erafone, dan mitra penjualan lainnya.

Terkait
Join Dream.co.id