Hai Busui, Hindari 5 Jenis Pakaian Ini Saat Menyusui si Buah Hati

Lifestyle | Kamis, 26 Maret 2020 15:48
Hai Busui, Hindari 5 Jenis Pakaian Ini Saat Menyusui si Buah Hati

Reporter : Cynthia Amanda Male

Menyulitkan ketika harus menyusui di luar rumah.

Dream - Ketika baru menjadi ibu, mungkin kamu merasa bingung ketika memilih pakaian yang cocok untuk menyusui sang buah hati. Selain harus memperhatikan bahan yang halus agar tak melukasi kulit bayi, pakaian yang digunakan pun bisa menyerap air.

Pakaian juga harus memberikan kenyamanan dan kemudahan ketika kamu harus menyusui di luar rumah.

Dilansir dari Fustany, berikut pakaian yang harus dihindari ketika harus menyusui di luar rumah.

T-Shirt

 T-Shirt© Shutterstock.com

Hindari memakai T-shirt dan gunakan pakaian berkancing atau blouse. Akan lebih mudah membuka pakaian ketika memakai baju berkancing daripada kaus. Kamu juga bisa memakai pakaian khusus untuk ibu menyusui yang terdiri dari dua lapis.

Jumpsuit

 Jumpsuit© Shutterstock.com

Kamu masih bisa tetap stylish ketika menyusui. Tapi, jumpsuit akan mempersulit dirimu ketika ingin menyusui. Kecuali, jika kamu membbeli jumpsuit yang memilki dua lapis.

Bra

Jangan memakai bra biasa. Gunakan bra khusus ibu menyusui yang akan mempermudah ketika harus melakukannya di luar rumah. Bra ini juga lebih nyaman dipakai sehari-hari.

Off The Shoulder

Off the shoulder atau one shoulder juga perlu dihindari ketika menyusui. Tapi jika ingin tetap memakainya, bawalah nursing cover yang dapat diikat di leher untuk menutupi area dada ketika menyusui.

Gaun

 Gaun© Shutterstock.com

Ketika harus menghadiri acara formal, gunakan gaun berkerah ‘V’. Ini akan mempermudah proses menyusui.

2 dari 7 halaman

Tips Memilih Pakaian untuk Ibu Menyusui

Dream - Perubahan bentuk tubuh usai melahirkan bikin para ibu kesulitan memilih busana yang nyaman untuk dikenakan.

Namun jangan sampai hal tersebut jadi kendala besar, ketika kamu tengah diselimuti kebahagiaan dengan hadirnya buah hati.

 ilustrasi ibu dan bayi© shutterstock

Untuk itu, seperti dilansir Fustany.comkamu perlu tahu tips memilih baju menyusui yang pas untuk para ibu, agar selalu nyaman dan tentu saja tetap modis.

3 dari 7 halaman

1. Memilih Bra Khusus Menyusui

Bra khusus ini memiliki bahan yang lebih halus dan tidak menggunakan besi, ini dapat membantu susu mengalir dengan lancar.

 ilustrasi bra menyusui© shutterstock

2. Jangan Beli Bra Khusus Menyusui Sebelum Melahirkan

Ukuran payudara dapat berubah setelah sang buah hati keluar dari perut. Jadi ada baiknya beli bra khusus setelah melahirkan daripada nanti salah ukuran.

4 dari 7 halaman

3. Pakaian Menggunakan Kancing hingga Bawah

Tips berguna untuk ibu adalah memenuhi lemarinya dengan baju-baju yang memiliki kancing sampai bawah.

Selain baju ini nyaman digunakan dan tampil keren. Memiliki kancing sampai bawah juga mempermudah dalam proses menyusui sang buah hati.

 ilustrasi wanita kemeja© shutterstock

4. Hati-hati dengan Aksesori

Jangan gunakan aksesori yang terlalu panjang, dan tajam. Karena akan berbahaya untuk sang buah hati, cobalah untuk tidak menggunakannya selama kamu menyusui.

5 dari 7 halaman

5. Baby Slings

Selain sangat nyaman digunakan, baby slings dapat membuat tampilan kalian menjadi sangat stylist. Ini bisa menjadi aksesori untuk ibu dan buah hati.

 baby slings© shutterstock

(Laporan: Shania Suha Marwan)

6 dari 7 halaman

Perawatan Penting Payudara Jelang Melahirkan

Dream - Bagi para ibu hamil yang sedang menunggu kelahiran buah hati, ada perawatan penting yang tak boleh dilupakan, yaitu perawatan payudara. Segera setelah melahirkan payudara akan jadi sumber utama makanan untuk bayi.

Beberapa keluhan mungkin akan muncul. Seperti rasa perih di payudara, mastitis (peradangan kelenjar susu), luka di areola (bagian hitam payudara), atau air susu yang tidak keluar.

Keluhan-keluahan tersebut sebenarnya bisa dicegah dengan " mempersiapkan" dan merawat payudara jelang melahirkan.

Lakukan perawatan berikut secara teratur, bukan hanya agar payudara tetap sehat tapi proses menyusui jadi lebih nyaman.

Kompres Air Hangat

Ukuran payudara saat hamil pasti membesar dan kadang terasa nyeri atau sakit. Untuk meredakannya, Anda bisa mengompresnya dengan air hangat. Cara ini juga bisa melancarkan aliran ASI saat menyusui nanti. Terutama jika payudara sangat penuh tapi ASI tidak keluar.

7 dari 7 halaman

Pijat

Pijatan pada payudara sangat dianjurkan dilakukan jelang melahirkan. Hal ini untuk membuka kelenjar-kelenjar susu yang memproduksi ASI.

Jangan lupa untuk menarik bagian areola ke arah luar, karena jika bagian tersebut masih datar bayi akan sulit menghisap.

Krim

Satu bulan sebelum melahirkan, oleskan krim payudara di areola untuk membuatnya lembap dan lembut. Biasanya pada masa awal menyusui bagian tersebut terasa sangat sakit, kering, bahkan mengelupas hingga berdarah.

Untuk itu penting menjaga kelembapannya agar tidak terasa sakit saat dihisap bayi.

Join Dream.co.id