Hijabers Wajib Tahu! 4 Aturan Sebelum Beli Celana Jins

Lifestyle | Rabu, 27 September 2017 06:13
Hijabers Wajib Tahu! 4 Aturan Sebelum Beli Celana Jins

Reporter : Ratih Wulan

Perhatikan kode-kode yang ada di belakang lipatan, serta angka untuk menyesuaikan dengan bentuk tubuh.

Dream - Celana jins menjadi pilihan buat kamu yang doyan bepergian dengan gaya santai. Celana ini punya banyak pilihan, mulai gaya klasik, standar hingga yang sedikit edgy seperti fringe jeans.

Dari sekian banyak jenis jins, vintage jeans ternyata memiliki banyak penggemar. Jins model ini memiliki potongan dan warna terkesan old school.

Meski begitu, jangan sampai salah membedakan bentuknya. Jika sampai salah, penampilanmu justru malah terlihat jadul (zaman dulu) dan tentu tidak nyaman kan?

Agar gayamu terlihat makin pas, berikut beberapa tips dari Popsugar untuk memilih vintage jeans yang tepat dengan badanmu.

 Shutterstock© dream.co.id

Ketahui Tipe Badan

Hal utama yang harus diperhatikan, kamu harus mengenal dulu bentuk badanmu. Ini agar kamu tidak menyesal membeli jins karena tidak pas saat kamu pakai. 

Vintage jeans seperti Levi's menawarkan tipe potongan yang memberi kesan berbeda di badan. Seperti tipe 501 dapat memberi kesan fit pada badan perempuan yang sedikit curvy, sedangkan tipe 505 lebih cocok dipakai oleh perempuan berbadan langsing.

 Popsugar© dream.co.id

Sedangkan tipe 646 cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan tampilan bootcut. Celana ini fit pada pinggul dan paha, namun melebar pada bagian bawahnya.

Tampilan lebar ini juga terdapat pada tipe 517 yang bisa dipakai oleh perempuan berbadan lebih langsing. Untuk yang berkaki panjang, kamu bisa memakai tipe 551.

Kamu bisa menemukan nomor tipe celana Levi's dengan melihat tanda di balik leather tag.

Pertimbangkan Harganya

Selain cutting, perhatikan pula harganya apakah sesuai dengan gaya yang akan kamu dapatkan. Biasanya, harga vintage jeans semakin tua modelnya, maka akan semakin mahal.

 Shutterstock© dream.co.id

Levi's tipe 501 dan 505 merupakan yang termahal di antara koleksi lainnya. Selain faktor umur, yang dapat menambah nilai denim yaitu kualitas, kondisi, ukuran, dan jumlahnya di pasaran.

Vintage jeans dibuat menggunakan mesin yang berbeda dari mesin zaman sekarang. Karena itu, tekstur jins biasa dengan vintage jeans tentunya terkesan berbeda.

Ketika membeli vintage jeans, kamu juga harus perhatikan bahannya. Harga pada price tag yang mahal bukan berarti jins tersebut benar-benar merupakan vintage jeans.

Bedakan mana yang asli dan palsu dengan merasakan bahan denimnya. Akan terasa mana bahan yang terkesan murah dan mana yang terkesan mahal.

 Shutterstock© dream.co.id

Pilih Model yang Langka

Model celana Levi's yang paling bagus dan termasuk langka dibuat dalam rentang tahun 1940 hingga 1960. Untuk memastikan mendapatkan koleksi premium tersebut, cek tag kecil berwarna merah di bagian belakang kantung.

Kalau tertera huruf " e" pada kata Levi's dalam bentuk huruf kapital, berarti kamu mendapatkan koleksi yang cukup tua. Kalau kamu menemukan rivet pada bagian belakang, itu artinya kamu mendapatkan Levi's yang sangat langka.

Lalu, kalau kamu menggulung lipatan celana dan menemukan jahitan tenun, itu artinya Levi's tersebut termasuk langka.

Jangan Fokus Satu Brand

Selain Levi's, masih ada banyak brand yang menawarkan koleksi vintage jeans. Untuk gaya tahun 70-an, kamu bisa mencari brand Foxrun, Landlubber N'est C'est Pas, Faded Glory, dan Brittania.

 Shutterstock© dream.co.id

Untuk tampilan 80-an, ada Calvin Klein, Jordache, Sergio Valente, Chic, dan Z Cavaricci. Wrangler dan Lee. Brand-brand ini masih terkenal di masa kini.

Selain itu, ada juga brand Rustler yang tidak cukup terkenal, namun memberi kesan vintage cowboy.

Perhatikan Ukuran

Dalam membeli celana jins, memilih ukuran sangatlah penting. Kalau kamu tidak yakin dengan ukuran yang ingin kamu pilih, tambahkan dua atau tiga nomor dari nomor yang biasa kamu pakai.

Misalnya, apabila kamu sering memakai ukuran 28, maka pilihlah nomor 30 atau 31 ketika hendak membeli vintage jeans. Tetapi, kalau ingin memiliki tampilan boyfriend look, kamu bisa menambah empat nomor dari biasanya.

 Shutterstock© dream.co.id

Apabila belanja online, kamu harus mengukur panjang dan lebar celanamu di rumah secara manual agar sesuai dengan size chart disediakan situs belanja online.

Beberapa model vintage jeans tidak didesain untuk lekukan tubuh, misalnya pada Wranglers dan Levi's tipe 501. Ukuran celana dengan nomor satu digit seperti 5, 6, 7, 8 biasanya mengindikasikan celana tersebut didesain khusus untuk perempuan berbadan rata.

Sedangkan yang memiliki lekukan tubuh menonjol, pilihlah ukuran dengan dua digit angka, seperti 28, 29, 30.

(ism, Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

 

Join Dream.co.id