Gaya Hidup Sehat Selama Menjalankan Puasa Ramadan

Lifestyle | Senin, 6 Juli 2015 08:00
Gaya Hidup Sehat Selama Menjalankan Puasa Ramadan

Reporter : Ramdania

Jangan makan terlalu berlebihan dan perbanyak konsumsi buah.

Dream - Meski berpuasa di Bulan Ramadan, kita harus tetap menjaga kebugaran tubuh. Salah satu cara menjaga kebugaran tubuh adalah menjalankan gaya hidup sehat selama menjalankan ibadah puasa.

Seperti dikutip dari Gulf News, Senin, 6 Juli 2015,berikut ini gaya hidup sehat yang bisa diterapkan selama Ramadan.

 

Minum secara sehat

Jangan lupa minum air putih saat sahur dan buka puasa. Air membantu menurunkan berat badan, menghilangkan racun dalam tubuh dan mengurangi perasaan lapar. Minumlah secara sehat dengan tidak mengonsumsi air dalam jumlah besar dalam sekali waktu atau selama makan. Tetapi minumlah di antara waktu makan dan dilakukan secara bertahap.

Minum air yang tersimpan dalam suhu ruangan saat berbuka puasa. Jangan minum air es atau sangat dingin karena dapat menyebabkan pembuluh darah berkontraksi yang mengakibatkan gangguan pada pencernaan.

 

Hindari minuman dengan pemanis buatan

Jika memang harus mengonsumsi jus, usahakan membuat jus buah sendiri, jangan membeli jus dalam kemasan yang sebagian besar mengandung pemanis buatan. Hindari juga minum soft drinks karena minuman jenis ini akan menunda proses pencernaan dan mengandung terlalu banyak gula. Gula akan mengubah hati Anda menjadi tempat berkumpulnya lemak.

 

Banyak konsumsi buah dan sayuran

Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan seperti mentimun atau semangka. Dua jenis buah ini kaya akan air dan serat, dan akan membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama serta mengurangi rasa haus.

 

Jangan melampaui batas

Makanan panas dan pedas akan meningkatkan rasa haus, jadi sebaiknya dihindari jika memungkinkan. Jika memang tidak tahan ingin makanan pedas, ambil secukupnya.

Untuk hidangan penutup, jangan terlalu banyak makan kue dan permen. Sebaliknya makan buah-buahan segar karena mereka lebih mudah untuk dicerna dan juga akan membuat kulit Anda bersinar.

Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal
Join Dream.co.id