Tantangan MUA Bekerja di Masa Pandemi

Lifestyle | Rabu, 8 Juli 2020 17:12
Tantangan MUA Bekerja di Masa Pandemi

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

MUA harus lebih selektif memilih pelanggan.

Dream - Pandemi Covid-19 memukul hampir seluruh sektor. Mulai dari perusahaan besar hingga profesi yang mengandalkan keterampilan seperti makeup artist (MUA).

Di masa pandemi, pekerjaan MUA dinilai cukup berisiko karena memerlukan kontak fisik dalam jarak yang sangat dekat. Selain itu, tak sedikit pengantin yang menunda pernikahan mereka sehingga menylitkan MUA.

Tantangan ini juga dialami MUA asal Bandung, Nanath Nadia. Pemilik Instagram @nanathnadia itu terjun ke dunia MUA sebelum tren beauty vlogger menjamur.

" Dulu aku seangkatan sama Rachel Goddard dan beauty vlogger lainnya. Tapi aku lebih memilih jalur MUA karena bisa lebih personal," kata Nanath di sesi Dream Ngobras, Selasa 7 Juli 2020.

Namun di masa pandemi ini, Nanath harus memperketat protokol keamanan demi mencegah penularan Covid-19. Termasuk dalam hal memilih pelanggan.

2 dari 4 halaman

Proteksi Diri

Pelanggan makeup yang biasanya adalah model atau calon pengantin harus berada dalam kondisi sehat.

" Sekarang aku pilih-pilih model. Aku pantau mereka pernah kemana saja, bersih tidak, pake masker tidak, kondisi kesehatannya bagaimana. Semua jadi lebih ketat," ujar Nanath.

Tak hanya mencari pelanggan yang sehat, Nanath juga harus melindungi dirinya saat bekerja. Masker medis menjadi benda yang wajib ia gunakan.

" Aku prefer masker medis, karena masker kain filternya kan kurang dari 70 persen. Apalagi saya bekerja dalam jarak makeup sedekat itu," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Pakai APD

Nanath juga mengenakan pakaian APD jika berhadapan dengan lebih dari satu pelanggan dalam satu hari.

" Pakai APD dulu supaya waktu giliran client selanjutnya tetap bersih. Tapi kalau hanya satu client, aku hanya pakai baju biasa dan masker," katanya.

 Nanath Nadia© Foto: Instagram @nanathnadia

Foto: Instagram @nanathnadia

Usai berhadapan dengan pelanggan, Nanath juga harus mencuci pakaian dan segera mandi ketika sampai di rumah. Meski terkesan repot, ia membiasakan diri untuk melakukan hal tersebut di era new normal agar dapat bekerja dengan aman.

" Triple protection memang tidak nyaman, sesak juga. Tapi ini kan memang bukan keadaan yang normal," ucap Nanath.

4 dari 4 halaman

Ngobras Bareng MUA Nanath Nadia

      View this post on Instagram

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid) on

Join Dream.co.id