Dikenal Cerdas, Ini Ciri-Ciri Orang Berkepribadian Melankolis dan Kelebihannya

Lifestyle | Rabu, 27 Mei 2020 19:36
Dikenal Cerdas, Ini Ciri-Ciri Orang Berkepribadian Melankolis dan Kelebihannya

Reporter : Arini Saadah

Berkat kepribadian melankolis, kita bisa menikmati karya sastra, indahnya puisi, dan seni musik.

Dream – Apakah Sahabat Dream termasuk sosok melankolis? Orang yang berkepribadian melankolis dikenal memiliki jiwa yang tenang, berimajinasi di luar batas, serta punya daya kreativitas tinggi. Seseorang yang melankolis dikenal memiliki dunianya sendiri.

Seorang berkepribadian melankolis bisa menikmati karya sastra, indahnya puisi, dan seni musik. Melansir dari Undepress.net, orang dengan kepribadian melankolis dikenal cerdas dan berbakat. Ia sangat berhati-hati dengan kata-kata dan tindakannya sendiri.

Bahkan suatu kondisi, ia bisa begitu kecewa dengan dirinya sendiri. Melankolis merupakan pribadi yang suka menyendiri. Nah kali ini Dream akan mengulas kepribadian melankolis beserta ciri-cirinya. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

2 dari 7 halaman

Imajinasi dan Kreativitas Tinggi dalam Pribadi Melankolis

 Ilustrasi© Pixabay

Apa pengertian melankolis? Melankolis dapat dideskripsikan dengan tiga kata, yaitu isolasi, keretanan dan perhatian. Orang dengan tipe kepribadian melankolis hidup dengan kecemasan yang meningkat dan memiliki dunia batin yang kompleks. Orang dengan kepribadian melankolis akan sangat sensitif dan rentan.

Seringkali tipe kepribadian melankolis memiliki cita rasa, imajinasi, kreativitas dan gaya yang halus. Seseorang dengan tipe melankolis akan sangat serius dan memerhatikan kata-kata dan tindakannya sendiri.

Misalnya jika seseorang berjanji dan tidak bisa memenuhi maka ia akan menderita karenanya. Bahkan dalam situasi seperti ini ia tidak bisa berbuat banyak. Jika ia merasa dikhianati orang lain, ia akan merasa sangat depresi dan melakukan isolasi total.

3 dari 7 halaman

Temperamen Melankolis yang Sensitif dan Lemah

 Ilustrasi© Pixabay

Tipe kepribadian ini memiliki ciri yang lemah, sensitif, dan rentan. Seseorang dengan tipe ini memiliki sistem saraf yang tidak dapat menahan beban terlalu lama. Orang semacam ini tidak menyukai perubahan dalam hidup mereka.

Kepribadian melankolis akan senantiasa berhati-hati ketika hendak mengganti pekerjaan, tempat tinggal, status perkawinan, atau posisi dalam masyarakat tertentu. Mereka akan bertahan lama dalam suatu kondisi yang sama.

Meskipun dalam suasana hati atau hidup yang tidak stabil, namun orang dengan kepribadian ini akan menyembunyikannya seolah baik-baik saja. Ia tidak menunjukkan perasaan dan emosi mereka. Karena pribadi melankolis cenderung mengalami kecemasan dan sering mengalami gangguan neurotik.

Sensitivitas dan persepsi yang meningkat berarti bahwa sedikit masalah yang dialami dapat membuatnya menangis tak berkesudahan.

4 dari 7 halaman

Keunikan dalam Tipe Kepribadian Melankolis

 Ilustrasi© Pexels

Kepribadian melankolis memiliki beberapa keunikan. Pertama terkait dengan harga diri. Bagi tipe kepribadian melankolis, harga diri sebagai aturan. Ia tidak percaya diri, dan tidak percaya pada keberuntungan dan membesar-besarkan kekurangan mereka. Orang yang melankolis sangat sensitif terhadap kritik dan analisis diri.

Keunikan melankolis yang kedua adalah tentang pekerjaan. Orang yang berkepribadian melankolis memiliki sistem saraf yang lemah, tidak seimbang dan lambat. Ketika melakukan pekerjaan apapun, tipe orang seperti ini akan mudah lelah, sehingga mereka perlu beristirahat.

Tipe melankolis tidak dapat bekerja di bawah kondisi ekstrem yang penuh tekanan. Pribadi melankolis diekspresikan jarang menempati posisi yang tinggi. Hasil kerja mealnkolis tergantung pada dukungan emosional dan suasana hati rekan kerjanya.

5 dari 7 halaman

Asik dengan Dirinya Sendiri

 Ilustrasi© Pixabay

Keunikan pribadi melankolis yang ketiga adalah terkait dengan masyarakat. Kehidupan pribadi melankolis di masyarakat akan susah mendapatkan teman baru, karena mereka tidak tertarik untuk berkomunikasi dengan orang lain. Mereka fokus pada dunia batin mereka, yaitu dunianya sendiri.

Di ruang publik, pribadi melankolis tidak bisa berbicara banyak, bahkan cenderung bersikap pasif secara sosial. Tipe ini akan lebih memilih untuk berada dalam bayangan, sementara mereka menyukai jika orang lain peduli tentang mereka. Orang melankolis akan kesulitan berkomunikasi ketika menghadapi tipe kepribadian lainnya.

Keunikan kepribadian melankolis selanjutnya adalah terkait hubungan. Ketika berhubungan dengan lawan jenis, tipe melankolis berperilaku pasif, tidak ingin menunjukkan perasaannya. Dalam hubungan romantis, ia akan menunggu tindakan dari pasangannya. Menariknya, tipe melankolis cenderung hanya akan mencintai satu orang saja. Jadi tipe ini akan sangat setia pada satu pasangan.

6 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Kepribadian Melankolis

 Ilustrasi© Pixabay

Kepribadian melankolis memiliki ciri-ciri, yaitu:

  • mudah tersesat di tempat asing,
  • pemalu dan penakut,
  • lebih suka menyendiri,
  • sensitif,
  • perfeksionis,
  • mudah merasa terluka,
  • kreativitas tinggi,
  • imajinasi tinggi,
  • memiliki kemampuan berpikir secara analitis,
  • menuntaskan apa yang sudah ia mulai,
  • memperhatikan orang-orang di sekitarnya.  
7 dari 7 halaman

Apakah Kamu Berkepribadian Melankolis? Ikuti Tes di Bawah Ini

Masih menurut Undepress.net, untuk mengetahui apa sebenarnya tipe kepribadianmu, kamu bisa menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini dengan cepat tanpa berpikir. Jawab “ YA” atau “ TIDAK” dan kemudian hitunga jawaban kamu itu. Jika jawaban “ YA” lebih banyak, maka kemngkinan besar kamu memiliki fitur melankolis.

  1. Apakah kamu pemalu?
  2. Biasanya, kamu tersesat di lingkungan baru yang asing, bukan?
  3. Kamu tidak percaya pada kekuatan dan kemampuanmu, bukan?
  4. Apakah kamu lebih suka menyendiri daripada berkomunikasi dengan orang lain?
  5. Kamu tidak dapat menanggung masalah dan kesulitan, bukan?
  6. Apakah ucapan kamuterasa tidak pasti?
  7. Apakah kamu sensitif?
  8. Apakah kamu suka ketika orang-orang berempati terhadap Anda?
  9. Apakah kamu berusaha untuk menjadi sempurna dalam segala hal?
  10. Apakah kamu selalu waspada?
  11. Apakah kmau orang yang rentan?
Join Dream.co.id