Dianggap Selalu Berujung Kebutaan, Ini 5 Mitos Penyakit Diabetes dan Faktanya

Fresh | Kamis, 26 Agustus 2021 17:20

Reporter : Dwi Ratih

Menurut data tersebut, 10,3 juta jiwa masyarakat di Indonesia menderita penyakit diabetes.

Dream - Diabetes termasuk salah satu jenis penyakit berat yang banyak diidap masyarakat Indonesia. Setelah penyakit stroke dan penyakit jantung koroner, Diabetes Militus (DM) menjadi penyakit ketiga yang menjadi penyebab kematian terbesar di Indonesia.

Mengutip Sample Registration Survey 2014 dari data kementerian Kesehatan diketahui presentase penyakit stroke 21,1 persen, penyakit jantung koroner 12.9 persen, dan diabetes sebesar 6,7 persen.

Data terbaru dari International Dabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2017 juga mencatat Indonesia sebagai negara dengan penderita diabetes terbanyak ke-6 dunia. Diperkirakan ada 10,3 juta jiwa masyarakat di Indonesia menderita penyakit diabetes.

Laman Kementerian Kesehatan memperingkatkan bahwa World Health Organization (WHO) memerkirakan angka pengidap diabetes di Indonesia akan melonjak drastis menjadi 21,3 juta jiwa pada 2030 jika tak ditangani dengan baik.

Deretan data yang terpampang tersebut tentu membuat Sahabat Dream ngeri. Selain angka-angka tadi, masyarakat juga sering dicekam rasa cemas ketika ada keluarga, teman, atau rekan kerja yang mengidap. 

Sayangnya tak semua informasi yang diterima tersebut bisa dipastikan kebenarannya. Salah satunya adalah adanya anggapan soal penderita diabetes sudah dipastikan akan mengalami kebutaan. 

Nah agar tak terjebak dengan ketakutan berlebihan, yuk simak deretan mitos dan fakta dari penyakit diabetes berikut ini.

Dianggap Selalu Berujung Kebutaan, Ini 5 Mitos Penyakit Diabetes dan Faktanya
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 6 halaman

Mitos 1: Penderita diabetes harus hindari makanan yang mengandung gula?

 Ilustrasi© shutterstock

Faktanya, penderita diabetes masih diperbolehkan mengonsumsi makanan manis kok, tapi tentu dengan syarat tidak boleh berlebihan, ya.

Artinya, jika memang ingin mengonsumsi makanan penutup yang manis, diskusikan dengan dokter terlebih dulu. Jika dokter sudah memberikan lampu hijau, Sahabat Dream boleh memasukkannya dalam daftar menu makanan setiap harinya.

3 dari 6 halaman

Mitos 2: Diet tinggi protein sangat baik bagi penderita diabetes?

 Ilustrasi© shutterstock

Faktanya, penelitian justru menemukan konsumsi protein berlebihan terutama yang berasal dari hewani dapat menyebabkan resistensi insulin yang merupakan inti dari diabetes.

Oleh karenanya, akan jauh lebih baik jika penderita menjalani pola makan yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak secara seimbang.

Tubuh kita membutuhkan ketiga nutrisi tersebut, sehingga pola makan seimbang adalah yang terbaik bagi penderita diabetes.

4 dari 6 halaman

Mitos 3: Mengurangi konsumsi karbohidrat besar-besaran baik bagi penderita diabetes?

 Ilustrasi© shutterstock

Faktanya, pola makan seimbang adalah yang terbaik bagi penderita diabetes. Oleh karena itu konsumsi karbohidrat pun harus diatur dengan tepat sesuai porsinya, namun bukan diberhentikan sama sekali.

Jika terlalu fokus dalam mengurangi karbohidrat justru berisiko memangkas sumber serat yang dibutuhkan tubuh. Akibatnya kadar gula darah justru dapat meningkat.

5 dari 6 halaman

Mitos 4: Penderita diabetes tak akan bisa makan seperti orang normal?

 Ilustrasi© shutterstock

Faktanya, makanan yang sehat bagi penderita diabetes maupun bagi yang tidak adalah sama. Anda tetap bisa makan menu yang sama dengan keluarga dan teman, hanya saja pola makannya sedikit berbeda.

Kamu harus mulai memperhatikan pola asupan berimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak. Yang terpenting adalah berolahraga untuk menstabilkan gula darah.

6 dari 6 halaman

Mitos 5: Penyakit Diabetes Selalu Berujung Kebutaan?

 Ilustrasi© shutterstock

Faktanya, penyakit dibates memang meningkatkan risiko kebutaan yang lebih besar terhadap para penderitanya. Namun, penyakit diabetes tak selalu berujung kebutaan.

Itu dia mitos dan fakta dari pada penyakit diabetes yang banyak beredar di masyarakat.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih dalam mengenai penyakit diabetes langsung bersama para pakar, bisa gabung dengan WAG dan konsultasi langsung dengan Zoom Webinar 'Diabetes Dapat Sebabkan Kebutaan, Fakta atau Mitos'.

Kamu bakal ketemu dengan dokter ahli di bidangnya, yakni Dokter dari Halodoc dr Faika Novadianaz Sp. M. sampai dengan influencer Debby Susanto, lho.

Menariknya lagi, para peserta yang mengikuti webinar akan berkesempatan untuk bergabung di WAG dan konsultasi langsung dengan para dokter yang ahli di bidangnya.

Yuk, tunggu apa lagi, langsung registrasi zoom webinar 'Diabetes Dapat Sebabkan Kebutaan, Fakta atau Mitos' di sini ya.

Join Dream.co.id