Toyata Calya dengan Tampilan Baru, Mobil Murah yang Tak Lagi Murah

Automotive | Kamis, 7 Juli 2022 15:17

Reporter : Dwi Ratih

Kamu pun bisa menikmati perjalanan serta menghidupkan semua momen menyenangkan bersama keluarga dan sahabat.

Dream –Jadi produk unggulan di Entry Multi Purpose Vehicle (MPV), PT Toyota-Astra Motor (TAM) siap improvement untuk Toyota Calya agar memenuhi kebutuhan mobilitas sehari-hari.

Peningkatan pada New Calya diharapkan tidak hanya sanggup mendukung mobilitas pelanggan yang aktif dan dinamis, tetapi juga sebagai partner berkendara yang sporty, modern, dan nyaman untuk menikmati perjalanan serta menghidupkan semua momen menyenangkan bersama keluarga dan sahabat.

“ Kami melakukan sentuhan penyegaran pada beberapa aspek eksterior dan interior Entry MPV supaya dapat meningkatkan value-nya sebagai mobil keluarga yang sporty, dinamis, dan modern, sekaligus tetap menjaga keunggulan fungsionalitas seperti kabin lapang dan praktis, fitur kenyamanan dan keamanan lengkap, serta mesin canggih yang efisien sehingga memperoleh kepercayaan tinggi dari masyarakat,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, berdasarkan keterangannya pada Kamis, 7 Juli 2022.

Di kesempatan ini Henry Tanoto juga mengatakan bahwa New Calya merupakan wujud komitmen Toyota untuk menghadirkan ever-better cars yang sesuai kebutuhan pelanggan.

Sejak pertama launching di Indonesia pada 2016, Toyota Calya merupakan kendaraan yang berhasil melebihi ekspektasi pelanggan atas sebuah 7-seater dengan harga terjangkau dan memiliki daya saing tinggi.

Terbukti hingga kini Toyota Calya telah terjual sebanyak 310.384 unit secara retail. Bahkan di periode Januari-Mei 2022 ini Toyota Calya berhasil meraih Market Share sebesar 40,2% pada kelas Entry MPV.

Angka ini berhasil membuat Toyota Calya mendominasi pasar di kelasnya.

Toyata Calya dengan Tampilan Baru, Mobil Murah yang Tak Lagi Murah
Foto: New Calya/PT Toyota-Astra Motor
2 dari 7 halaman

Dengan pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed yang sangat pas untuk pasar Indonesia, kehadiran New Calya diharapkan mampu melanjutkan kesuksesan pendahulunya dalam memberikan kontribusi signifikan bagi market MPV, khususnya Entry MPV.

New Calya hadir dengan desain terbaru yang membuatnya tampil lebih sporty dan modern, serta disematkan fitur comfort dan safety yang kian lengkap, tanpa melupakan nilai lebih dari sebuah mobil keluarga 7-penumpang.

Sesuai slogan Partner in Times, New Calya memperoleh beberapa sentuhan di bagian eksterior.

 New Calya© PT Toyota-Astra Motor

MPV keluarga ini mengadopsi New Front Mid Grille Design dengan aksen geometris, berlapis chrome yang menghadirkan kesan sporty dan elegan, diperkuat New Smoked LED Headlamp yang membuat wajahnya tampak lebih atraktif namun tetap menonjolkan kesan agresif dan dinamis.

Perawakan New Calya yang aerodinamis ditingkatkan New Designed 14 Inch Alloy Two Tone Machining berlabur chrome yang sporty dan kokoh. New Shark Fin Antenna menemani Retractable Outer Mirror untuk menegaskan kesan modern dan berkelas pada sebuah Entry MPV.

3 dari 7 halaman

Masuk ke dalam mobil, atmosfer nyaman dan tenang disajikan New Two-tone Brown & Black with New Black Headlining di sekujur interior. Paduan kelir cokelat dan hitam yang meningkatkan kesan prestige kembali diperlihatkan oleh New Two-tone Brown & Black with New Stitch Design pada seluruh jok mobil.

Penggunaan Advance Entertainment System bermodalkan head unit AVX dilengkapi Bluetooth Connection (E Type) atau Smartphone Mirroring Connection (G Type), memberikan kemudahan pairing ke gadget untuk mengakses fitur entertainment dan menambah kental nuansa modern di dalam.

 New Calya© PT Toyota-Astra Motor

Meski masuk ke dalam segmen kendaraan pemula, fitur safety New Calya begitu lengkap dan melindungi penumpang.

Seluruh tipe New Calya dilengkapi dengan 3-point seatbelt di seluruh bangku bersama Dual SRS Airbags di depan dan ISOFIX di bangku tengah, rem dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), GOA Body (Global Outstanding Assessment) sebagai proteksi pada rangka mobil dari tabrakan di bagian depan, belakang, dan sisi mobil, serta Rear Parking Sensor.

Untuk harga, New Calya E M/T dijual Rp 161.500.000, G M/T Rp 167.000.000, dan G A/T dibanderol Rp 181.100.000.

4 dari 7 halaman

 New Calya© PT Toyota-Astra Motor

Semakin aman, G Type ditambah dengan Parking Camera untuk meningkatkan visibilitas ke belakang ketika mundur.

“ Penyegaran pada eksterior New Calya dilakukan untuk memberikan wajah baru sebagai sebuah Entry MPV yang lebih sporty dan elegant, sekaligus tampak modern dan berkelas di jalan,” tutur Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM),  Anton Jimmi Suwandy.

Anton juga menjelaskan ketika di dalam New Calya, penumpang bakal disuguhi kehadiran fitur-fitur terbaru dilingkupi teknologi termutakhir sehingga membuat penumpang merasa lebih nyaman dan aman berkat fitur safety yang lengkap.

“ Harapannya, New Calya mendapatkan respons positif di segment mobil keluarga dan memikat hati pelanggan muda Toyota dalam bermobilitas,” tambah Anton.

5 dari 7 halaman

Ssst, Ini Rencana Toyota untuk Avanza dan Veloz usai 'Cerai'

Dream - Mungkin masih banyak konsumen yang mengira Avanza dan Veloz satu 'keluarga', ya itu dulu! tapi sekarang, Avanza dan Veloz yang sudah 'cerai' sejak November 2021.

Toyota telah memisahkan Avanza dengan Veloz. Tak main-main, bahkan Toyota sampai rela memproduksi sendiri Veloz di pabrik TMMIN (Toyota Motors Manufacturing Indonesia) dan membiarkan Avanza tetap diproduksi oleh Daihatsu.

" Memang ini bagian dari rencana ke depannya, membuat gap (jarak) antara Avanza dan Veloz semakain besar, karena keduanya punya segmen sendiri," ujar Lina Agustina, General Manager of Marketing Planning and New Business PT Toyota-Astra Motor (TAM) saat berbincang dengan Dream, belum lama ini.

Keduanya punya pertumbuhan bagus di pasar, meski kini segmen LMPV sesak dengan model dari kompetitor. Berdasarkan data yang dimiliki TAM, sepanjang Januari-Mei 2022, Avanza terjual sebanyak 19.161 unit, sedangkan Veloz mampu terserap pasar 16.663.

" Pisahnya (Avanza-Veloz) dasarnya karena apa yang jadi kebutuhan konsumen sekarang dan akan datang," imbuh Lina.

Ia menambahkan Avanza masih ditujukan untuk para pembeli mobil pertama yang menginginkan value for money tinggi. Sedangkan Veloz disiapkan bagi para pembeli yang menginginkan mobil dengan fitur lebih canggih dan mewah.

6 dari 7 halaman

Lantas apa saja sih perbedaan Toyota Avanza dan Veloz supaya kamu tak tertukar?

Lihat keduanya dari depan, wajahnya jelas berbeda. Desain grille, lampu utama, bumper depan hingga kap mesinnya tak ada yang sama. Lampu utama keduanya memang sudah sama-sama LED. Tapi punya Veloz dibekali LED DRL (Daytime Running Light) sedangkan Avanza tidak.

 Mengupas Fitur Toyota Safety Sense dan T Intouch All New Veloz: Si Paling Canggih!© MEN

Sampingnya, desain velg dan ukuran ban berbeda. Avanza 1.3 G memakai ban berukuran R15 sedangkan Avanza 1.5 G memakai ban berukuran R16. Sementara itu Veloz MT memakai ban berukuran R16 dan Veloz Q memakai ban berukuran R17. Lalu Veloz punya garnish chrome yang menyambung dari ujung lampu di depan sampai lampu belakang. Avanza tidak.

Bagian belakangnya jelas berbeda pula. Veloz punya full backdoor LED, lampu yang menghubungkan lampu kombinasi belakang sebelah kiri dengan kanan. Avanza tidak punya. Bumper belakangnya juga beda, karena Veloz dihiasi clading berwarna abu-abu yang membuatnya berkesan crossover. Nah pemilik Veloz juga bisa bangga, karena ada emblem Veloz ditulis besar di bawah logo Toyota.

7 dari 7 halaman

Perbedaan fitur juga amat terasa saat masuk ke kabin Avanza dan Veloz. Kabin Veloz tampak lebih mewah. Veloz juga sudah mengusung fitur Electric Parking Brake with Brakehold. Sementara Avanza masih bertahan dengan tuas rem tangan konvensional.

Veloz juga telah mengusung Wireless Charger di konsol tengah untuk memudahkan pengendara mengisi ulang baterai ponsel. Sedangkan Avanza masih menggunakan USB Port. Kemudian Veloz juga telah mengusung layar Digital TFT berukuran 7 inchi serta terdapat Drive Mode Switch. Di Avanza, MID TFT berukuran 4,2 inchi.

 Toyota, Kapan Veloz dan Avanza Hybrid?© MEN

Untuk varian tertinggi keduanya sama-sama sudah dibekali Toyota Safety Sense berisi Pre-Collision and Pre-Collision Braking, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Avanza dan Veloz juga menawarkan pilihan mesin yang berbeda. Avanza masih memiliki mesin tipe 1NR-VE 1.3L dan 2NR-VE 1.5L. Sementara Veloz hanya memiliki mesin tipe 2NR-VE 1.5L.

Harga Avanza dan harga Veloz sudah tentu berbeda. Mengincar konsumen dari kalangan pembeli mobil pertama, harga Toyota Avanza lebih terjangkau ketimbang Veloz. Saat ini Toyota Avanza termurah dibanderol Rp 233,1 juta dan varian termahal Rp 295,8 juta.

Veloz paling murah dijual seharga Rp286 juta dan varian termahal Q CVT TSS dibanderol Rp331,1 juta.

Join Dream.co.id