Dear Moms, Jaga Kecantikan Diri dan Kesehatan Mental Harus Jadi Prioritas

Fresh | Senin, 20 Juni 2022 15:36

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Terkadang, Ibu kerap melupakan dirinya dan memprioritaskan mengurus suami dan anak-anak dibanding dirinya sendiri

Dream - Menjadi seorang ibu berarti harus bisa menguasai banyak peran dalam satu waktu. Banyak hal yang menjadi tuntutan diantaranya mengurus kebutuhan rumah tangga, memastikan kecukupan gizi si kecil, memastikan kebersihan pakaian anak dan ayah, menciptakan suasana nyaman, sampai merawat kesehatan dan keindahan kulit keluarga.

Seorang ibu memiliki peran yang sangat penting dalam keluarga. Terkadang, Ibu kerap melupakan dirinya dan memprioritaskan mengurus suami dan anak-anak dibanding dirinya sendiri.

Berdasarkan data penelitian yang dilakukan oleh Mama’s Choice, 73% Mama mendapati dirinya jarang atau tidak lagi bisa mengikuti kelas pengembangan diri.

 Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Saat jadi mama satu anak kadang sedikit lupa untuk self care apalagi sekarang saya dua anak semakin jarang sekali untuk merawat diri," jelas Thana, Musisi, pada acara virtual Wonder Mama Camps, Sabtu 18 Juni 2022.

 

Dear Moms, Jaga Kecantikan Diri dan Kesehatan Mental Harus Jadi Prioritas
Shutterstock
2 dari 5 halaman

Ibu Bahagia Akan Memberi Dampak Baik Pada Anak

Kebagian, kesehatan fisik dan psikologis ibu harus diperhatikan. Pasalnya, kondisi ibu akan sangat berpengaruh dengan kondisi keluarga secara keseluruhan.

Menjaga kebahagiaan seorang ibu merupakan salah satu kunci sukses dalam proses perkembangan anak sejak dini. Terlebih di masa pandemi yang penuh dengan perubahan dan kekhawatiran.

" Kalau kita merawat diri dan kita bahagia, impact yang akan diberikan ke anak pun akan lebih baik tentunya," tambah Thana.

 

3 dari 5 halaman

Bahagiakan Diri Lewat Hobi

Banyak hal yang dapat dilakukan ibu untuk membahagiakan dirinya sendiri. Seperti me time atau menghabiskan quality time bersama diri sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan menjalankan hobi atau kegiatan yang disukai tanpa gangguan orang lain. Hal ini sangat ampuh untuk menurunkan tingkat stres.

Selain itu, membatasi diri untuk berpikir negatif akan membuat Sahabat Dream lebih tenang. Mulailah mencoba alihkan hal-hal toxic yang mengganggu mental ke aktivitas lain seperti berolahraga, memeliharan tanaman, memasak, atau fokus dengan pekerjaan dan tugas-tugas lainnya. Hal ini tidak hanya mengalihkan pikiran, tapi juga membantu mengatur emosi dan bisa membuat koneksi positif.

 

4 dari 5 halaman

Ikut Komunitas atau Kegiatan dengan Sesama Ibu

Komunitas menjadi salah satu sumber penguat bagi para Ibu melalui interaksi dan konsultasi antar anggota di dalamnya. Salah satunya Wonder Mama Camp 2022 yang diselenggarakan Mama’s Choice selama lebih dari 14 hari untuk mendukung Mama menjadi versi terbaik dari diri sendiri dan menjadi Ibu yang lebih baik lagi untuk keluarga.

 Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Kami sengaja merancang program kelas eksklusif yakni parenting, self care, mental health & finansial bersama para Ahli untuk mengajak para ibu menjadi Wonder Mama yang kuat,
bersinar, dan menginspirasi bagi diri dan juga keluarga," jelas Rahne Putri, Head of Branding Mama's Choice pada kesempatan yang sama.

Kampanye ini Juga mengajak para ibu untuk memperhatikan penampilan dan mempunyai kulit yang sehat, meski sibuk menjadi Ibu. Dari 700 lebih Ibu yang telah mengikuti proses pendaftaran dan seleksi, telah dipilih 20 finalis yang berkesempatan mengikuti seluruh rangkaian kelas pengembangan diri dan perawatan kulit. Tak hanya itu, mereka juga perlu menyelesaikan tantangan & juga membagi inspirasi kepada para Ibu melalui media sosial untuk mendapatkan gelar Wonder Mama dari Mama’s Choice di tahun 2022.

5 dari 5 halaman

Juga Ada Kelas Khusus untuk Ibu

Program & kelas Wonder Mama Camp 2022 menghadirkan beragam Ahli untuk mengisi kelas pengembangan diri, seperti Dhatu Rembulan sebagai Content Creator yang memberikan materi dalam kelas I Love Me 3000.

Kelas ini menjelaskan bagaimana tips menjadi Ibu produktif, aktif & bahagia dengan tetap merawat kulit,
merawat diri dan keluarga. Ia membagikan cara- cara ide- ide inspiratif membuat konten media sosial serta tips membuat konten yang berkualitas.

Lalu Damar Wijayanti selaku Positive Parenting Educator yang mengisi kelas Funtastic Parenting dengan memberikan informasi bagaimana memahami pentingnya positive disiplin dalam parenting. Dan terdapat beberapa narasumber lainnya, semua kelas ini pun dapat disaksikan pada Youtube.

Join Dream.co.id