Cegah Kulit Wajah dan Tubuh Kusam dengan Asupan Antioksidan

Lifestyle | Senin, 4 Mei 2020 09:13
Cegah Kulit Wajah dan Tubuh Kusam dengan Asupan Antioksidan

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Kulit juga perlu antioksidan untuk menekan produksi melanin berlebih.

Dream - Kulit cerah selalu menjadi idaman para wanita. Bukan sekadar putih berseri, kulit cerah menjadi salah satu ciri kulit sehat.

Secara umum, kulit sehat ditandai dengan tone yang merata, bebas noda, kencang, lembut dan lembap, halus serta kenyal. Namun kulit akan mengalami masalah seiring dengan pertambahan usia dan perburukan gaya hidup.

" Masalah umum yang dialami banyak wanita di Indonesia adalah ada bagian kulit yang terlihat lebih gelap, atau flek kecoklatan atau hiperpigmentasi. Kondisi kulit ini yang seringkali mengganggu penampilan bahkan mengurangi percaya diri," kata dr. Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK (K), MHA, dalam rilisnya, Kamis 30 April 2020.

Kulit membutuhkan bahan yang mampu menahan produksi melanin. Kulit dengan kadar melanin tinggi cenderung lebih mudah mengalami hiperpigmentasi dan menjadi kusam.

 Natur-e© Foto: Natur-e

2 dari 5 halaman

Zat Glutathione untuk Mencerahkan Kulit

Bahan-bahan alami seperti Glutathione merupakan salah satu zat pencerah kulit. Glutathione merupakan antioksidan yang terdapat di dalam tubuh kita.

" Glutathione berfungsi menghambat eumelanin (zat yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap) dan menjadi pheomelanin (kulit yang lebih cerah)," jelas dr. Shannaz.

 Natur-e© Foto: Natur-e

Glutathione juga berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi secara optimal ketika sel lymphoid mempunyai kadar keseimbangan glutathione yang cukup.

" Sedikit saja perubahan pada kadar glutathione dapat memberikan efek yang signifikan dalam fungsi kerja Limfosit," tutur dr. Michael Reo, Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria Tbk.

Guna memenuhi kadar glutathione pada kulit, Natur-E White Series memperkenalkan TruBright Complex yang terdiri dari Glutathione, Ekstrak Olive, Gigawhite dan Vitamin E.

 Natur-e© Foto: Natur-e

Selain glutathione, Gigawhite yang terkandung dalam Natur-E White Face Series dan Hand & Body Serum mengandung bahan aktif natural berasal dari daun peppermint dan 6 bunga lainnya. Kandungan tersebut memiliki efektivitas yang baik untuk mencerahkan kulit.

3 dari 5 halaman

3 Masker Buah yang Dapat Mengatasi Kulit Dehidrasi

Dream - Kelamaan berada di dalam rumah terkadang bisa membuat kulit kering atau dehidrasi. Pada tingkat yang lebih parah kulit kamu akan mengalami beruntusan, jerawat dan kasar.

Dengan kondisi isolasi seperti saat ini, kamu tentu tak bisa leluasa pergi keluar rumah untuk membeli produk perawatan. Lagi pula kamu tidak perlu membeli produk baru untuk mengatasinya.

Mengapa tak mencoba membuat masker wajah menggunakan bahan alami seperti yang dilansir dari Miss Kyra berikut ini.

Stroberi dan Susu

 Stroberi© Pexels.com

Kedua bahan ini mampu mengatasi kulit kusam akibat paparan sinar UV dan membuat wajahmu sera kembali. Ambil 3 sdm susu segar dan 2 buah stroberi yang dicincang halus.

Campurkan kedua bahan ini dan haluskan hingga mengental secara merata. Aplikasikan masker pada wajah dan biarkan selama 20 menit sebelum dibilas menggunakan air dingin.

4 dari 5 halaman

Pepaya dan Madu

 Pepaya© Pexels.com

Bersihkan sel kulit mati dengan masker pepaya dan madu. Haluskan 2 buah pepaya dan tambahkan 2 sdm madu. Campurkan hingga berata dan aplikasikan pada wajah. Biarkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air hangat.

5 dari 5 halaman

Pisang dan Lemon

 Pisang© Pexels.com

Tidak hanya mengatasi jerawat dan beruntusan, wajahmu akan leih lembap setelah menggunakan masker ini.

Kupas setengah buah pisang, lalu campurkan dengan setengah sendok madu serta tetesan lemon. Aplikasikan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air.

(Sumber: Miss Kyra)

Join Dream.co.id