Cara Profesional Keringkan Rambut Keriting

Lifestyle | Kamis, 16 April 2020 14:47
Cara Profesional Keringkan Rambut Keriting

Reporter : Dwi Ratih

Kamu si pemilik rambut keriting?

Dream - Merawat rambut keriting perlu ekstra. Jika salah, itu dapat menyebabkan rambut tidak terkendali.

Beberapa orang yang memiliki rambut keriting takut untuk mencucinya sendiri karena rambut bisa kehilangan kilaunya. Begitupun dengan mengeringkannya.

Dilansir dari Boldsky.com, berikut cara yang tepat untuk mengeringkan rambut keriting agar tidak kehilangan volume dan tekstur rambut ikal.

Peras kelebihan air

Ketika mengeringkan rambut, kita sering melakukan kesalahan seperti menggosok rambut dengan lembut menggunakan handuk. Rambut keriting akan semakin sulit dikelola dengan gosokan dan tarik-menarik.

Gunakan handuk atau lebih baik kaus untuk memeras kelebihan air. Biarkan rambut mengering.

 ilustrasi rambut© Shutterstock

2 dari 5 halaman

Oleskan Krim untuk Rambut Keriting dan Pelindung Panas

Betapa sulitnya mempertahankan bentuk ikal rambut, krim keriting akan membantu menjaga ikal rambut kamu. Oleskan krim keriting pada ujung rambut dan gosok sedikit.

Oleskan sedikit pelindung panas pada rambut untuk melindunginya dari panas alat pengering.

Gunakan Pengering Diffuser

Untuk mengeringkan rambut keritin, kamu memerlukan pengering diffuser. Pengering diffuser memiliki ujung melingkar, bukan ujung runcing seperti pengering biasa.

Pengering diffuser membantu meredakan panas dan tidak memberikan panas langsung ke rambut. Panas langsung dapat membuat rambut makin mejadi keriting dan kering.

Gunakan diffuser untuk mulai mengeringkan rambut dari ujungnya.

3 dari 5 halaman

Membagi Rambut

Cara terbaik untuk mengelola rambut keriting yaitu dengan membaginya. Bagi rambut menjadi empat bagian dan mulailah mengeringkannya. Gunakan penjepit rambut atau ikat rambut untuk menahan bagian lain ditempatnya.

Tapi jangan terlalu banyak menarik rambut. Rambut basah lebih rentan rusak.

Balikkan Rambut

Balikkan rambut kamu di depan wajah dan keringkan sekali lagi. Ini membantu mengeringkan rambut di bagian belakang dan juga memberi rambut ikal yang lebih jelas.

Memberi Kesan Ikal

Untuk mengakhiri sesi pengeringan kamu, gunakan tangan untuk melilit rambut jadi keriting. Ini menambah pantulan dan tekstur pada rambut kamu.

Itulah metode dalam mengeringkan rambut keriting agar tidak rusak dan menghilangkan volume pada rambut.

(Laporan: Cindy Azari)

4 dari 5 halaman

Bahaya dari Penggunaan Dry Shampoo

Dream - Terkadang kita tidak sempat mencuci rambut saat sedang terburu-buru untuk pergi ke sebuah acara penting. Jangankan untuk keramas, ketika bangun terlambat, seringkali kita hanya mandi seadaanya.

Dalam situasi darurat seperti itu, kamu tak lagi sempat memikirkan penampilan. Yang biasa dilakukan adalah berdandan semaksimal mungkin tanpa harus membuat penampilan kamu jadi bahan perbincangan orang lain.

Di sinilah dry shampoo digunakan untuk menyelamatkan rambut berminyak. Cukup, beberapa kali semprotan, bisa mengubah rambut berantakan menjadi halus dan harum.

Tapi, perlu Sahabat Dream tahu bahwa penggunaan dry shampoo ini dapat menyebabkan peradangan kulit kepala karena sifatnya yang cenderung menyerap minyak di rambut.

 ilustrasi rambut© Shutterstock

5 dari 5 halaman

Perhatikan cara pakainya

Diketahui, dry shampoo mengandung zat tepung dan alkohol yang keduanya dikenal dapat mengeringkan rambut secara berlebihan. Jika terlalu sering digunakan, rambut kamu bisa jadi kusam, lemah, dan mudah patah.

Dalam hal ini, menyemprotkan sampo kering terlalu sering pada akar rambut dapat menyebabkan penumpukan produk di kulit kepala.

 ilustrasi rambut© Shutterstock

Ini dapat menyumbat pori-pori di kulit kepala kamu atau menyebabkan jenis infeksi bakteri atau jamur di folikel rambut.

(Sah, Laporan: Cindy Azari, Sumber: Miss Kyra)

Join Dream.co.id