Cara Mendisiplinkan Diri Biar Nggak Telat Sholat 5 Waktu

Lifestyle | Jumat, 22 Maret 2019 07:15
Cara Mendisiplinkan Diri Biar Nggak Telat Sholat 5 Waktu

Reporter : Dwi Ratih

Apalagi dengan salat fardu berjemaah, pahala yang didapatkan lebih besar.

Dream - Salat lima waktu menjadi salah satu ibadah wajib yang perlu ditunaikan oleh umat Muslim saban hari. Ini karena salat fardu tersebut bagian dari rukun Islam, sekaligus menjadi esensi mendasar seorang disebut Muslim.

Hanya kadar keimanan yang berbeda kadang membuat salat lima waktu itu tak selalu dijalankan penuh oleh sebagian Muslim.

Dari yang mulai menunda waktu, hingga bahkan tak sedikit pada akhirnya yang meninggalkan kewajiban tersebut. Bahkan, salat sendiri disebut sebagai tiang agama, itu artinya saat seorang Muslim mulai meninggalkannya, sama artinya dengan ‘meruntuhkan’ Islam secara tak langsung, bukan?

Makanya, biar tak terus-terusan berdosa, yuk mulai perbaiki kualitas ibadat salat fardu dengan beberapa cara sederhana berikut ini.

Pasang Jadwal Salat di Meja Kerja

Email yang merayap atau task yang tak kunjung berkurang, kadang membuat sebagian pekerja kesulitan meninggalkannya. Imbasnya, salat fardu pun kerap terabaikan. Biar tak lagi lupa, ada baiknya memasang jadwal salat di meja kerja.

Tak harus beli, tetapi bisa diakali dengan membuat tulisan jadwal salat sendiri lalu ditempelkan di kalendermeja. Lebih kreatif, kan?

Buat Reminder di Ponsel

Cara selanjutnya yang bisa dicoba adalahbikin saja reminder di ponsel. Terlebih jika waktu kerja lebih banyak di luar ruangan, aplikasi pengingat di ponsel akan sangat membantu untuk mengingatkan jam salat.

Apalagi kini ada aplikasi khusus untuk mengingatkan salat lengkap dengan jadwalnya. Jadi, tak perlu membuatnya secara manual, melainkan tinggal unduh, pasang dan sesuaikan jadwal salat sesuai tempat tinggal.

Perbanyak Aktivitas di Masjid saat Senggang

Bila rumah atau tempat bekerja dekat dengan masjid, ada baiknya menunaikan salat fardu di sana. Apalagi jika punya waktu cukup senggang, memperbanyak aktivitasi badah di masjid, bukan hanya bisa memperbanyak pahala, tetapi juga membuat mulebih on time menjalankan salat lima waktu.

Ajak Keluarga Salat Berjemaah di Rumah

Sementara jika sudah berkeluarga dan sedang berada di rumah, salat fardu berjemaah menjadi salah satu cara efektif untuk mendisiplinkan diri. Bukan saja agar tak telat salat lima waktu, tetapi juga saling memotivasi keluarga agar tekun beribadat.

Apalagi dengan salat fardu berjemaah, pahala yang didapatkan lebih besar.

Miliki TV yang Bisa Mengingatkan Waktu Salat

Saat sedang bersantai di rumah, nonton TV jadi salah satu kegiatan yang banyak dpilih untuk mengusir penat. Apalagi jika ditemani anggota keluarga tercinta, nonton TV bisa jadi quality time yang tepat. Nah, supaya serunya nonton TV nggak sampai meninggalkan salat yang hukumnya wajib, saatnya miliki TV yang punya fasilitas azan seperti Sharp Aquos LED TV, yuk!

Sharp

Fitur terbarunya adalah azan reminder yang aktif secara otomatis saat waktu salat tiba. Jadi, nggak bakal deh membuatmu terlalu asyik nonton sampai lupa waktu.

Selain itu, TV ini dibekali garansi 5 tahun untuk panel dan spare part LED TV, mulai 24 inch sampai 80 inch. Nonton TV di musim hujan juga nggak perlu bikin cemas karena produk tersebut sudah dibekali dengan jaminan garansi anti petir.

Sharp Aquos LED TV 40 inch juga berhasil mendapatkan rekor MURI sebagai Televisi 40 Inch dengan Ketahanan Operasional Terlama pada Daya Listrik 111-115 volt.

Hal ini dibuktikan dengan kemampuan TV menyala non stop selama 14 hari dan hasilnya TV tetap menyala dalam kondisi normal. Lebih lengkap ketahui informasinya langsung di sini.

Lewat kelima cara tersebut, yuk mulai mendisiplinkan diri agar tak lagi menunda-nunda salat lima waktu, Sahabat Dream.

Join Dream.co.id