Cara Memakai Hijab Segi Empat yang Simple, Modis, dan Modern

Lifestyle | Kamis, 15 November 2018 16:15
Cara Memakai Hijab Segi Empat yang Simple, Modis, dan Modern

Reporter : Sugiono

Berbagai panduan cara memakai hijab segi empat simple, modis, dan modern. Cara memakai hijab segi empat untuk wajah bulat juga dikupas dalam artikel ini.

Dream - Dengan semakin banyaknya wanita muslim yang memiliki kesadaran untuk menutup aurat, tak mengherankan jika banyak yang mencari cara memakai hijab.

Namun, sebelum membahas tentang cara memakai hijab, ada baiknya jika kita mengetahui perbedaan hijab dan jilbab terlebih dahulu.

Dengan mengetahui perbedaan tersebut, kita tidak akan salah dalam mengartikan makna di antara kedua kata yang hampir mirip itu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, jilbab adalah kerudung lebar yang dipakai wanita muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai dada.

Sedangkan hijab secara etimologi berarti penutup atau penghalang. Maknanya sangat luas, tidak terbatas pada kain penutup kepala.

Di Indonesia jenis kain yang dipakai untuk menutup rambut umumnya adalah jilbab segi empat, scarf, atau selendang yang kadang juga disebut pashmina.

Namun, kebanyakan orang menafsirkan hijab sebagai kerudung penutup kepala dan leher. Sehingga turban yang tidak menutupi dada pun tetap disebut hijab.

Setelah tahu perbedaan mendasar hijab dan jilbab, mari membahas cara memakai hijab dalam artian cara memakai kerudung.

Cara memakai hijab, mulai dari segi empat, segitiga, hingga pashmina itu sebenarnya sangat beragam. Dari cara memakai hijab yang simple sampai yang modis dan modern.

Apapun bahan dan jenis hijab yang dipakai, diperlukan sampo dan kondisioner dengan formula tepat untuk merawat rambut di balik hijab. Hal ini penting agar rambut dan kulit kepala senantiasa sehat, segar, serta mendapatkan keharuman dan kesejukan dari Subuh hingga Isya.

Nggak perlu bingung memilih produk perawatan rambut yang tepat karena kini telah hadir REJOICE 3-in-1 Perfect Cool Shampoo untuk merawat rambut di balik hijab dengan formula terbaik. Perpaduan sensasi dingin dan keharuman bunga kasturinya dapat merawat kesehatan rambut sekaligus menunjang penampilan hijabers sehari-hari.

 rejoice© Khidr Al-Zahrani

 rejoice© Dream

Lengkapi perawatan rambut dengan REJOICE 3-in-1 Perfect Conditioning Conditioner setelah menggunakan REJOICE 3-in-1 Perfect Cool Shampoo. Rangkaian perawatan ini dapat membantu rambut jadi lebih terawat dan bebas bau apek saat menggunakan hijab.

 rejoice© Dream

 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah cara memakai hijab segi empat simple, modis, dan modern. Cara memakai hijab segi empat untuk wajah bulat juga dikupas dalam artikel ini.

Cara memakai hijab

Cara memakai hijab segi empat simple, modis, dan modern

Hijab segi empat termasuk salah satu jenis kain hijab yang populer di antara hijaber dan jilbaber modern. Cara memakai hijab segi empat yang simpel dan mudah sangat disukai karena bisa dimodifikasi dengan berbagai cara.

Lantas, bagaimana cara memakai hijab atau jilbab segi empat simple dan mudah? Sebenarnya ada banyak yang bisa dicoba, tetapi berikut ini Dream sajikan cara memakai hijab segi empat yang paling simple.

Cara memakai hijab segi empat:

  1. Pasang kerudung segi empat di kepala. Sebelumnya pakailah ciput atau inner jilbab terlebih dahulu. Pastikan agar bagian kanan lebih panjang daripada bagian kiri. Bagian kuri cukup sepanjang dada atas.
  2. Sematkan tepi kerudung yang dekat dengan kedua telinga dengan jarum.
  3. Sematkan ujung hijab segi empat yang pendek (kiri) dengan jarum di bagian dada atas.
  4. Ambil bagian kerudung yang panjang (kanan), kemudian tarik ujung dalamnya menyilang hingga ke telinga kiri.
  5. Tarik terus ujung kerudung hingga kembali ke sebelah kanan.
  6. Terakhir sematkan sisa kain yang menjuntai dengan jarum agar menempel pada inner. Letaknya di dekat mata kanan.

Cara memakai hijab segitiga biasa yang simpel dan mudah

Sebelum jilbab segi empat populer, hijab segitiga sudah lebih dulu akrab bagi para pengguna jilbab.

Bagaimana cara memakai hijab segitiga biasa yang praktis dan modis? Berikut ini kami tampilkan tutorial hijab segitiga simple dan mudah ala Hamidah Rachmayanti, seorang selebgram asal Bogor.

Cara memakai hijab segitiga:

  1. Lipat kerudung segi empat menjadi segitiga. Kemudian letakkan di kepala dengan kedua sisi yang sama panjang.
  2. Ambil bagian tengah kerudung, bukan tepiannya. Setelah itu sematkan dengan jarum atau peniti.
  3. Silangkan kedua ujung kerudung, kemudian sampirkan ke balik pundak. Satukan kedua ujung tersebut, kemudian ikat.
  4. Pastikan ikatan tertutup ujung segitiga kerudung yang berada di bagian belakang.
  5. Rapikan bagian depannya dengan tangan agar tidak terlihat ketat di bagian leher.
2 dari 3 halaman

Cara memakai hijab pashmina

Untuk tampilan yang lebih fashionable, Sahabat Dream mungkin tertarik untuk mencoba ikatan jilbab yang lebih variatif. Biasanya model seperti ini dibuat dengan pashmina.

Apakah yang dimaksud dengan hijab pashmina? Pashmina berarti kain wol dalam bahasa Persia, yang merujuk pada sejenis kain kashmir.

Kerudung yang bisa disebut pashmina seharusnya terbuat dari bahan kashmir asli atau kashmir yang dikombinasikan dengan sutera. Karena itulah harganya cukup mahal.

Sementara kerudung dengan sebutan pashmina yang menggunakan sifon atau bahan tipis lainnya sebenarnya hanya kerudung biasa.

Bagaimana cara memakai hijab pashmina yang modis dan rapi? Di bawah ini tutorial mudah cara memakai hijab pashmina simple dan mudah yang bisa dipraktikkan.

Cara memakai hijab pashmina:

  1. Setelah memakai inner, pasang pashmina di kepala dengan bagian kanan lebih panjang.
  2. Bagian kiri cukup sepanjang dada atas. Sematkan tepi kain sebelah kiri ke bawah telinga kanan.
  3. Rapikan kerudung, kemudian tarik kain yang ada di sebelah kanan ke belakang pundak kiri.
  4. Tarik terus sampai kembali ke pundak kanan. Biarkan terjuntai dan rapikan dengan tangan.

 

3 dari 3 halaman

Cara memakai hijab segi empat untuk wajah bulat

Untuk Sahabat Dream yang memiliki wajah bulat bisa memakai panduan cara memakai hijab segi empat simple, modis, dan modern.

Namun ada beberapa trik yang perlu diperhatikan untuk menjadikan wajah bulat terlihat lebih tirus. Pertama, pilih jilbab dengan kain tipis dan flowing, lalu majukan kerudung agar menutupi separuh bagian pipi.

Kedua, dan ini yang paling penting untuk diingat, adalah pilih model ikatan jilbab yang tidak terlalu berat di bagian atas. Dengan mengikuti trik ini, maka Sahabat Dream tak perlu kurang percaya diri ketika berhijab.

Demikian cara memakai hijab simple, modis, dan modern yang bisa dicoba di rumah. Semoga bermanfaat.

(Dari berbagai sumber)

Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id