Cara Manfaatkan Fitur Eco Indicator di Xpander Cross, Bikin Bantu Irit BBM

Lifestyle | Rabu, 28 September 2022 12:21

Reporter : Alfi Salima Puteri

Masih banyak yang belum memaksimalkan fitur tersebut.

Dream - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) membuat masyarakat harus bijak dalam menggunakan kendaraan agar kantong tidak jebol.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kendaraan bisa semakin hemat BBM. Selain kondisi mesin, gaya berkendara juga sangat berpengaruh pada tingkat konsumsi bahan bahar.

Dari faktor di atas itu, Mitsubishi Xpander Cross menawarkan solusi melalui fitur Eco indicator yang bisa dimanfaatkan untuk lebih mengefisienkan penggunaan bahan bakar selama perjalanan.

Indikator-indikator tersebut terletak pada display panel meter 3 model mobil Mitsubishi, di antaranya adalah Xpander, Xpander Cross, dan Pajero Sport.

Lalu bagaimana cari memanfaatkan fitur tersebut?

" Eco Drive Meter dam Eco Drive Assist ada di display panel meter. Sebagai contoh pada mobil Mitsubishi Xpander atau Pajero Sport ada tampilan gambar daun dan tulisan ECO. Jika pengemudi berkendara efisien informasi ECO akan terus menyala. Namun jika tidak, tulisan ECO akan hilang," kata pereli sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar, belum lama ini.

Tampilannya sederhana, yaitu berbentuk daun dengan informasi ECO tertulis. Saat pengemudi berkendara dengan efisien, indikator ECO tersebut akan terus menyala.

Sebaliknya, indikator akan hilang ketika pengemudi tidak berkendara secara efisien alias boros.

Semakin efisien gaya berkendaranya, maka bagian dalam indikator berbentuk daun tersebut akan terisi dengan warna hijau. Jika indikator tersebut berwarna hijau sepenuhnya, artinya gaya berkendara saat itu dipastikan sudah benar-benar efisien.

Cara Manfaatkan Fitur Eco Indicator di Xpander Cross, Bikin Bantu Irit BBM
Xpander Cross
2 dari 2 halaman

Gaya berkendara yang efisien dapat menghemat bahan bakar, dengan menggunakan akselerasi yang disesuaikan dengan kecepatan kendaraan.

Selain fitur Eco Indicator yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat bahan bakar, mobil-mobil Mitsubishi Motors varian menengah ke atas juga dibekali dengan fitur Cruise Control.

 FOTO: Mitsubishi Resmi Meluncurkan New Xpander Cross© MEN

" Bisa juga pakai fitur cruise control, memang menurut saya sangat membantu. Ingat, walau kecepatan bisa di-lock, tetapi kewaspadaan pengemudi harus tetap ada," ujar Rifat.

Meski konvensional, fitur cruise control juga bisa membantu pengemudi mendapatkan efisiensi BBM yang lebih baik.

Perbedaannya ialah jika cruise control konvensional hanya membantu menstabilkan kecepatan, pada adaptive cruise control sanggup dengan otomatis menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan yang ada di depan.

Join Dream.co.id