Bukan Kulit Putih dan Rambut Lurus, Ini Definisi Cantik Zaman Now

Lifestyle | Kamis, 21 Oktober 2021 07:35

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Definisi cantik yang lebih beragam terlihat dari survei ZAP Beauty Index 2021 yang dirilis oleh ZAP Clinic dan MarkPlus Inc

Dream - Cantik tak lagi diukur dari warna kulit, mulus, atau rambut panjang. Definisi cantik yang lebih beragam terlihat dari survei ZAP Beauty Index 2021 yang dirilis oleh ZAP Clinic dan MarkPlus Inc.

Menurut hasil surve itu, arti cantik bagi mayoritas wanita Indonesia adalah bertubuh sehat dan bugar, memiliki wajah yang bersih, pemikiran yang positif serta percaya diri.

 ZAP© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Lebih dari 50% responden menilai cantik adalah positif thinking dan merasa bahagia,” jelas Rhesa Prabowo, Head of High Tech Markplus Inc pada acara virtual ZAP Beauty Index, 19 Oktober 2021.
 
Wanita Indonesia saat ini bahkan tidak lagi menganggap makeup penting untuk mempercantik diri. Sebelumnya pada survei 2019, 18,6% wanita merasa cantik ketika menggunakan makeup. Namun, survei tahun ini berbeda, hanya tersisa 8,7% responden yang masih menggunakan makeup untuk mempercantik diri mereka.

“ Jumlah wanita Indonesia yang menganggap makeup penting menurun 50 persen. Bahkan, untuk wanita di atas 56 tahun, makeup dianggap sudah tidak penting lagi,” tambah Rhesa memaparkan hasil survei ZAP Beauty Index 2021.

Bukan Kulit Putih dan Rambut Lurus, Ini Definisi Cantik Zaman Now
Sumber: Shutterstock
2 dari 3 halaman

Kebiasaan yang Membuat Wanita Merasa Lebih Cantik dan Percaya Diri

Berdasarkan survei ZAP, ada beberapa kegiatan yang membuat wanita menjadi lebih percaya diri dan cantik. Seperti makan sehat dan seimbang, olahraga, hingga menghabiskan waktu bersama orang terdekat.

 ZAP© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Wanita Indonesia merasa lebih cantik dan percaya diri karena makan sehat dan seimbang dibandingkan pergi ke salon,” tambah Resha.

Selain makan makanan sehat dan pola hidup sehat, meditasi juga menjadi kegiatan yang menurut para wanita dapat mempercantik dirinya.

Sebanyak 18,8% responden wanita memilih meditasi untuk merasa cantik dan percaya diri. Karena meditasi membawa ketenangan diri dan rasa percaya diri.

3 dari 3 halaman

Kesehatan Mental Pancarkan Kecantikan

 ZAP© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Survei juga menyebutkan bahwa kecantikan berasal mental yang sehat. Kesehatan mental ini meliputi kesehatan psikologis dan emosional, karena dua hal ini akan sangat mempengaruhi wanita dalam berpikir dan mengambil keputusan.

Sebanyak 83,6% wanita dari gen Z menilai kesehatan mental penting bagi mereka. Sementara, 80,5% wanita dari kelompok gen Y, serta 80,3% wanita dari gen X juga merasa mental health tidak kalah penting dalam membuat wanita merasa lebih cantik.
 
Kesehatan mental ini juga yang mendorong para wanita Indonesia untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Buktinya, semakin banyak wanita Indonesia yang memilih produk kecantikan yang ramah lingkungan, mudah terurai. Sehingga, tidak mengakibatkan kerusakan lingkungan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Join Dream.co.id