Berenang Perburuk Kepadatan Tulang?

Lifestyle | Senin, 7 September 2015 17:14
Berenang Perburuk Kepadatan Tulang?

Reporter : Kusmiyati

Menurut dr. Fiastuti Witjaksono Msc. MS SpGL dari Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi) berenang memperburuk kepadatan tulang.

Dream - Tidak sedikit orang memilih berenang sebagai olahraga air yang dipercaya mampu menambah tinggi badan. Selain itu juga dikenal sangat baik sebagai senam kardiovaskular, kelenturan tubuh, serta melatih kekuatan.

Namun menurut Fiastuti Witjaksono dari Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi), berenang bisa memperburuk kepadatan tulang.

" Berenang memang baik untuk jantung tapi tidak untuk kepadatan tulang, justru itu memperburuk. Bukan berarti melarang namun sebaiknya diseimbangkan dengan gaya hidup sehat," tutur Fiastuti, Senin 7 September 2015.

Hal ini disebabkan karena saat berenang, tubuh terbebas dari tekanan gravitasi bumi dan sama sekali tidak terbebani oleh berat yang mampu merangsang kepadatan tulang.

Peningkatan massa otot dan tarikan kuat di seluruh tubuh tidak mampu menstimulasi peningkatan kepadatan tulang. Fiastuti mengatakan untuk perenang tetap dapat melakukan aktivitasnya dengan latihan tidak hanya di air saja.

" Makanya perenang masih baik tulangnya karena tidak hanya latihan di air tetapi juga di darat yang didampingi ahlinya serta konsumsi makanan sehat," ungkapnya.

Pencegahan osteoporosis pada perenang dapat melakukan sedikit latihan angkat beban di air karena tekanan beban dapat menstimulasi peningkatan kepadatan tulang dan latihan di darat seperti basket atau angkat barbel.

Selain itu juga dibutuhkan makanan sehat seperti buah dan sayur untuk hasil maksimal. (Ism)

Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak
Join Dream.co.id