Begini Tips Cara Merawat Songket

Lifestyle | Kamis, 18 Desember 2014 12:30
Begini Tips Cara Merawat Songket

Reporter : Kusmiyati

Merawat batik, tenun hingga songket tidak perlu dicuci terlalu sering. Namun bila sudah terlihat kotor, dianjurkan menggunakan sampo, bukan deterjen.

Dream - Indonesia dikenal dengan beragam budayanya, kecantikan hasil kainnya begitu memicut hati pecinta fesyen. Songket salah satunya. Namun dalam segi perawatan kain, masih belum banyak yang memahami dan mengerti merawat songket. Tak jarang, kain nan indah itu menjadi rusak.

Muhamad Fahmi, seorang Ahli Tekstil yang juga dosen Insitut Kesenian Jakarta (IKJ) mengatakan bahwa untuk merawat dan menjaga kain tradisional hampir sama untuk berbagai jenis. Mulai dari batik, tenun hingga songket.

Penanganannya tidak perlu dicuci terlalu sering. Namun bila sudah terlihat kotor, dianjurkan menggunakan sampo, bukan deterjen.

" Kotor itu ada dua macam, yakni kotor debu dan kotor noda. Kalau debu saja, bisa menggunakan sampo yang dicampur dengan air hangat kuku dan dikocok hingga berbusa," ujar Fahmi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 18 Desember 2014.

Sementara untuk kain kotor dari noda, Fahmi menyarankan untuk membasahi bagian kain yang terkena noda tersebut, lalu dikucek perlahan dengan sabun mandi hingga hilang.

Setelah itu, lanjut Fahmi, kain tersebut direndam maksimal 30 menit. Lalu diangkat dibilas dan angin-anginkan tanpa terpapar sinar matahari langsung.

" Kain tradisional apapun tidak boleh dijemur di bawah sinar matahari langsung, karena akan merusak warna. Warna dari kain tradisional itu biasanya warna alami. Jadi harus dijaga dengan baik. Maka, ketika dijemur, sebaiknya di tempat yang teduh dan angin-anginkan saja," tambahnya.

Terkait
Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary_mark
Join Dream.co.id