Bantu Si Kecil Tidur Lebih Berkualitas, Ini Sleeping Routine yang Bisa Dilakukan

Lifestyle | Selasa, 31 Agustus 2021 15:00

Reporter : Wuri Anggarini

Jadi, apa saja sih yang harus dilakukan oleh ibu demi mempersiapkan waktu tidur malam yang tenang untuk anak? Beberapa sleeping routine ini bisa dilakukan, lho.

Waktu tidur si kecil di malam hari jelas jadi momen berharga, karena ibu juga bisa memanfaatkannya untuk beristirahat memulihkan energi. Sedikit saja gangguan, bisa membuat buah hati kesayangan gelisah dan akhinya tidur pun jadi terganggu. Jadi, apa saja sih yang harus dilakukan oleh ibu demi mempersiapkan waktu tidur malam yang tenang untuk anak? Beberapa sleeping routine ini bisa dilakukan, lho.

Bantu Si Kecil Tidur Lebih Berkualitas, Ini Sleeping Routine yang Bisa Dilakukan
(c) Shutterstock
2 dari 5 halaman

Redupkan atau Padamkan Lampu

Bantu Si Kecil Tidur Lebih Berkualitas, Ini Sleeping Routine yang Bisa Dilakukan© Shutterstock

Jika ingin membantu si kecil agar terlelap dan nyeyak di malam hari, jangan lupa atur pencahayaan yang ada di dalam kamar. Lampu yang terlalu terang ternyata bisa menjadi salah satu hal yang bikin anak jadi terjaga dan susah tidur, lho. Menjelang waktu tidurnya, ibu bisa mulai mengatur lampu yang lebih redup di dalam kamar untuk menciptakan mood agar ia segera terlelap.

Nah, saat si kecil tiba-tiba terbangun dan gelisah di malam hari, jangan langsung menyalakan lampu.  Hal ini bisa jadi ‘tanda’ untuk anak yang membuatnya jadi terbangun dan sulit tidur kembali. Jadi, ibu bisa mencoba menenangkan si kecil dengan menepuk-nepuk atau menggendongnya tanpa perlu menyalakan lampu.

3 dari 5 halaman

Pastikan Si Kecil Nyaman dengan Pakaian dan Tempat Tidurnya

Bantu Si Kecil Tidur Lebih Berkualitas, Ini Sleeping Routine yang Bisa Dilakukan© Shutterstock

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kondisi tidur si kecil. Apakah pakaian yang ia gunakan sudah membuatnya nyaman? Pakaian yang terlalu panas bisa membuat si kecil kegerahan yang membuatnya jadi sulit terlelap. Sebaliknya, di tengah cuaca dingin ibu harus memastikan ia merasa hangat agar tidurnya lebih nyaman.

Selain pakaian, penting juga untuk memperhatikan tempat tidurnya. Pastikan tempat tidur anak nyaman, tidak basah terkena ompol atau susu yang tumpah, dan pastikan kebersihannya terjaga. Tempat tidur yang nyaman tentunya bisa mendukung tidur si kecil lebih berkualitas di malam hari.

4 dari 5 halaman

Ciptakan Night Routine Bersama Si Kecil Sebelum Tidur

Bantu Si Kecil Tidur Lebih Berkualitas, Ini Sleeping Routine yang Bisa Dilakukan© Shutterstock

Night routine sangat penting sebagai penanda bahwa sebentar lagi sudah waktunya tidur. Ibu bisa menciptakan rutinitas di tempat tidur yang menyenangkan bersama anak. Misalnya dengan memutarkan musik yang memberikan efek rileks dan tenang pada anak atau membacakan dongeng sebelum tidur yang bisa melatih perkembangan otak anak.

5 dari 5 halaman

Si Kecil Kenyang, Tidur pun Tenang

Salah satu alasan mengapa si kecil gelisah dan rewel di malam hari bisa jadi karena dia merasa lapar, lho. Jadi, penting untuk membuat buah hati kesayangan merasa kenyang menjelang waktu tidur. Ibu bisa memberikan susu yang bisa membantu anak merasa lebih kenyang dan tenang. Tidur pun lebih nyaman.

Soal pemilihan dot bayi, pastikan jangan sembarangan, ya! Penting untuk memilih dot yang tepat untuk menemani sleeping routine-nya untuk meminimalisir kemungkinan bayi tersedak. Nggak perlu bingung, Dot Orthodontic dari Baby Huki bisa menjadi jawaban yang ibu butuhkan.

Bantu Si Kecil Tidur Lebih Berkualitas, Ini Sleeping Routine yang Bisa Dilakukan© Instagram/BabyHukiOfficial

Dot Orthodontic Baby Huki telah teruji anti kolik dan anti sedak karena lubang terletak di permukaan dot menghadap langit2 saat menyusu, cara kerjanya sama seperti menyusu langsung dari payudara ibu. Bayi harus menghisap baru susu keluar jadi bayi tidak bingung puting. Struktur dotnya juga menyesuaikan dengan gigi dan rahang sehingga meminimalisir risiko terganggunya pertumbuhan gigi pada anak.

Selain itu, Baby Huki adalah pelopor satu-satunya dot dan botol bayi yang sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI, BPA Free, dan Peraih Top Brand. Yuk, follow Instagram @BabyHukiOfficial untuk update info produk terbaru lainnya. Beli langsung produk Baby Huki secara online dengan mengunjungi Official Store Baby Huki di Lazada.

Terkait
Join Dream.co.id