Bantu Jawab Rasa Penasaran Anak, Benarkah Setiap Kendaraan Beda Bahan Bakarnya?

Lifestyle | Rabu, 27 Januari 2021 21:25
Bantu Jawab Rasa Penasaran Anak, Benarkah Setiap Kendaraan Beda Bahan Bakarnya?

Reporter : Zaki

Cari tahu yuk!

Pernahkah anak bertanya, bagaimana sebuah kendaraan bisa bergerak? Atau, apakah semua kendaraan menggunakan bensin sebagai bahan bakar? Rasa penasaran anak-anak pun akan terjawab saat mengikuti program Kemendikbud belajar dari rumah melalui TVRI. Hal ini karena anak kelas 4 dan kelas 5 khususnya akan memahami tentang bahan bakar yang digunakan pada kendaraan di episode 12.

Bahan Bakar Bukan Hanya Bensin

 Bantu Jawab Rasa Penasaran Anak, Benarkah Setiap Kendaraan Beda Bahan Bakarnya?© (c) kemendikbud

Ditemani sepasang kakak beradik, anak kelas 4 dikenalkan tentang macam-macam bahan bakar yang digunakan pada kendaraan bermotor. Benar saja, sebuah kendaraan bermotor yang menggunakan mesin membutuhkan bahan bakar agar bisa bergerak.

Jenisnya pun bermacam-macam. Ada bensin, solar, batubara dan avtur. Masing-masing digunakan pada kendaraan berbeda. Misalnya, bensin biasa digunakan pada motor dan mobil. Solar digunakan pada kapal, walau ada sebagian besar mobil dan motor juga menggunakannya.

 Bantu Jawab Rasa Penasaran Anak, Benarkah Setiap Kendaraan Beda Bahan Bakarnya?© kemendikbud

Lalu, batubara digunakan untuk kendaraan apa? Jawabannya adalah kereta api yang menggunakan tenaga uap dari pembakaran batubara. Sedangkan avtur digunakan pada kendaraan bermesin jet seperti pesawat.

Tak hanya itu, anak kelas 4 juga belajar tentang kalimat lengkap dan tak lengkap, yang dibedakan dengan ada tidaknya, Subjek, Predikat dan Objek. Anak-anak juga belajar tentang pembulatan angka ke bawah, pembulatan ke atas serta pembulatan terbaik.

Mengenal Asal Muasal Bahan Bakar

 Bantu Jawab Rasa Penasaran Anak, Benarkah Setiap Kendaraan Beda Bahan Bakarnya?© kemendikbud

Masih membahas tentang bahan bakar kendaraan, bedanya kelas 5 diajak Kak Kinan untuk mengetahui asal muasalnya. Ternyata, bahan bakar ini dibuat dari minyak bumi. Seperti namanya, minyak bumi ini berasal dari sisa tulang belulang, tanaman zaman purba atau fosil yang terkubur di dalam tanah selama ratusan juta tahun.

Dari minyak bumi, manusia lalu mengolahnya menjadi beragam bahan bakar untuk kendaraan. Dari bensin, solar, minyak tanah, epiji, avgas, hingga avtur. Selain itu, minyak bumi juga digunakan sebagai untuk membuat minyak untuk campuran kosmetik, plastik dan masih banyak lagi.

 Bantu Jawab Rasa Penasaran Anak, Benarkah Setiap Kendaraan Beda Bahan Bakarnya?© kemendikbud

Hanya saja, sisa pembakaran dari bahan bakar yang berasal dari minyak bumi ini bisa menghasilkan karbondioksida. Zat tersebut bisa mencemari udara dan menjadi polusi bagi manusia dan makluk hidup. Itulah kenapa di episode 12 ini, Kak Kinan juga mengajak anak kelas 5 untuk lebih giat menanam pepohonan, karena bisa mengikat karbondioksida.

Akhir segmen anak kelas 5 juga berlatih menulis kalimat lengkap dan tidak lengkap. Selain itu, mereka juga berlatih memahami dan mengerjakan soal-soal tentang bilangan cacah. Lengkap, bukan?

Makanya, jangan sampai telat mengajak anak mengikuti program Kemendikbud belajar dari rumah melalui TVRI. Hadir setiap hari dari Senin-Jumat, program tersebut bisa ditonton pada jam 10.00-10.30 WIB untuk kelas 4, serta jam 10.30-11.00 WIB untuk kelas 5.

Terkait
Join Dream.co.id