Arti Kata ‘Gabut’ dan Cara Menyenangkan untuk Mengatasinya

Lifestyle | Selasa, 4 Agustus 2020 17:12
Arti Kata ‘Gabut’ dan Cara Menyenangkan untuk Mengatasinya

Reporter : Reni Novita Sari

Inilah arti gabut yang sesungguhnya.

Dream- Penggunaan kata-kata gaul saat ini memang begitu banyak diucapkan anak-anak muda. Apalagi dengan berkembangnya teknologi yang membuat berbagai hal-hal yang tengah jadi trend dan viral dengan cepat menyebar.

Berbagai macam bahasa gaul pun terus berkembang seiring dengan banyaknya tokoh-tokoh ataupun influencer yang menggunakannya di platform media sosial mereka.

Nah, berbicara mengenai kata-kata gaul, mungkin bagi para generasi milenial dan generasi Z sudah tidak asing lagi dengan istilah gabut. Namun sebelum tren di kalangan anak kekistilah gabut sendiri memang sangat familiar di kalangan anak-anak zaman old dan juga sampai generasi zaman now.

Namun rupanya masih banyak dari kita yang belum mengetahui dengan jelas apa itu arti gabut atau arti kata gabut itu sendiri. Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih banyak mengenai istilah gabut, yuk simak artikel berikut ini.

2 dari 10 halaman

Arti Kata ‘Gabut’

Arti gabut muncul dari kata magabut yang merupakan kependekan dari makan gaji buta. Seiring berkembangnya zaman, kita semakin sering menemukan modifikasi kata dan magabut pun perlahan berubah menjadi “ gabut”.

Kata “ Gabut” merupakan kata yang lebih dikenal akronim dari “ gaji buta.” Gaji buta yang dimaksud sebenarnya adalah gaji atau upah yang diterima seseorang yang tidak sesuai pekerjaannya. Bisa juga dimaksudkan sebuah istilah yang artinya mendapatkan uang dengan tidak melakukan seluruh atau sebagian pekerjaannya.

Namun, seiring perkembangannya kata “ Gabut” justru menjelma menjadi makna baru yakni, suatu ungkapan yang menunjukkan kekosongan aktivitas atau tidak memiliki aktivitas yang bisa dikerjakan. Bisa juga dikatakan sebagai ungkapan rasa malas saat kamu tidak berselera untuk melakukan aktivitas yang berat dan merepotkan.

Contohnya, " kamu lagi ngapain?" lalu hal lumrah yang menjadi jawaban, " lagi gabut nih." Itu berarti orang tersebut sedang tidak melakukan kegiatan apapun atau bingung mau melakukan apa.

Berangkat dari istilah yang sederhana, gabut juga ternyata memiliki dampak yang serius apabila terjadi dalam waktu yang lama. Dampak dari gabut tentu bisa membuat orang merasa kesepian, timbulnya perasaan rendah diri, hingga stres yang tidak bisa dibendung.

arti gabut© Ilustrasi foto : freepik

3 dari 10 halaman

Dampak Negatif dari Gabut

Munculnya rasa gabut itu memang manusiawi dan pastinya bisa menimpa siapa saja. Namun akan jadi hal yang berbahaya jika berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Pasalnya, gabut yang berkepanjangan dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh maupun kesehatan mental. Adapun dampak negatif dari gabut yang berkepanjangan yakni:

  • Gabut yang berkepanjangan dapat membuat seseorang menjadi malas dan kehilangan minat untuk melakukan berbagai aktivitas produktif. Bahayanya jika sudah menjadi kebiasaan akan membuatmu sulit untuk berubah dari pribadi yang malas ke pribadi yang produktif.
  • Selanjutnya, gabut juga dapat membuat seseorang merasa kesepian karena bisa jadi rasa gabut yang muncul karena sudah lama tidak berinteraksi langsung dengan banyak orang sehingga memunculkan rasa sepi yang menyakitkan.
  • Selain itu, gabut yang berkepanjangan juga dapat membuat orang merasa rendah diri karena merasa tidak memiliki hal penting untuk dikerjakan lalu merasa tidak berguna.
  • Gabut yang sudah menjadi kebiasaan juga memiliki korelasi terhadap peningkatan stress. Akibatnya seseorang sering melakukan hal-hal negatif untuk mengusir rasa bosannya.
  • Berangkat dari rasa stres tersebut,  seseorang yang mengalami gabut berkepanjangan juga bisa mengalami depresi yang akan mempengaruhi masa depannya.
4 dari 10 halaman

Cara Mengatasi Rasa Gabut

Setiap orang pasti pernah dilanda rasa gabut dan itu adalah hal yang wajar. Beberapa orang merasa bahwa gabut bukanlah keadaan yang membosankan. Namun, terdapat berapa orang yang merasa bahwa gabut adalah keadaan yang sangat membosankan dan harus diisi dengan kegiatan tertentu.

Sebetulnya banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan saat sedang gabut. Akan tetapi, kamu juga harus memilih kegiatan untuk menghilangkan rasa gabut tersebut. Akan lebih baik jika kamu mengisi waktu gabutmu dengan kegiatan positif.

5 dari 10 halaman

1. Perdalam Hobimu

Memperdalam hobi adalah kegiatan yang tepat saat kamu sedang gabut. Apabila selama ini kamu tidak bisa melakukan hobi yang kamu sukai karena kegiatan yang super padat, waktu gabut adalah saat yang tepat bagi kamu untuk memperdalam hobi. Pelajari hobimu dari berbagai macam sumber seperti buku, majalah, televisi, dan internet. Percaya deh, waktu gabutmu akan berubah menjadi waktu yang produktif!

6 dari 10 halaman

2. Menonton Film di Laptop

Bila kamu ingin menghabiskan waktu di rumah sambil melakukan kegiatan yang menghilangkan rasa gabut, kamu bisa mengambil posisi yang paling nyaman dan membuka laptopmu untuk menonton film. Kamu bisa menonton film yang belum kamu tonton atau menonton kembali film favoritmu. Bila kamu merasa sepi dan pengen nobar kamu bisa menonton bersama keluarga atau mengundang teman-teman kamu ke rumah.

7 dari 10 halaman

3. Olahraga

Menjaga kesehatan adalah hal yang wajib kita lakukan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga. Olahraga baiknya dilakukan secara rutin setiap hari, namun alasan kesibukan biasanya membuat kamu melupakan hal penting yang satu ini. Waktu gabut adalah saat yang cocok bagi kamu untuk mulai memperhatikan kesehatan dengan cara berolahraga. Mulailah dengan kegiatan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau berjogging. Kamu juga dapat melakukan aktivitas olahraga yang bisa dilakukan di rumah seperti sit up, push up, dan masih banyak lagi.

arti gabut© Ilustrasi foto : freepik

8 dari 10 halaman

4. Bersih-Bersih Rumah

Waktu gabut adalah waktunya kamu cek kebersihan rumahmu. Kamu dapat memulainya dengan membereskan kamarmu terlebih dahulu. Bereskan hal yang bisa kamu bereskan mulai dari Kasur, rak buku, meja rias, dan sebagainya. Apabila kamu telah selesai dengan kamar, lanjutkanlah dengan membereskan ruangan lain seperti ruang tamu, dapur, dan bila kamu memiliki waktu lebih, kamu dapat membersihkan kamar mandi.

Menjaga kebersihan adalah hal yang wajib kita lakukan karena dengan menjaga kebersihan secara tidak langsung kita juga menjaga kesehatan. Maka dari itu, membersihkan rumah adalah hal tepat untuk kamu lakukan saat sedang gabut. Selain rumahmu menjadi bersih, tubuhmu juga menjadi sehat.

9 dari 10 halaman

5. Perawatan Diri

Bukan hanya pikiran, tubuh juga perlu untuk dirileksasi. Waktu gabut adalah saat yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan perawatan diri. Ada banyak perawatan diri yang bisa kamu lakukan untuk lari dari rasa gabut. Kamu tidak perlu repot pergi ke salon karena banyak macam dari perawatan diri yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

arti gabut© Ilustrasi foto : shutterstock

Kamu dapat merawat diri dengan cara melakukan lulur badan, memakai masker pada wajah, bahkan creambath. Tidak usah takut, saat ini kamu dapat dengan mudah membeli peralatan tersebut di toko terdekat.

10 dari 10 halaman

6. Tidur

Ini adalah kegiatan yang paling digemari kebanyakan orang saat mereka sedang gabut. Bila kamu sedang dilanda rasa gabut, kamu bisa pergi ke kamar dan pejamkan mata. Manfaatkan waktu gabutmu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Tidur yang berkualitas sangat baik untuk kesehatan.

arti gabut© Ilustrasi foto : shutterstock

 

Join Dream.co.id