Apakah Diabetes Gestasional?

Fresh | Minggu, 25 Juni 2017 10:30

Reporter : Dwi Ratih

Mengapa bisa terjadi? Yuk cari tahu di sini.

Dream – Diabetes adalah penyakit dimana tubuh tidak dapat memproduksi insulin dengan baik atau tidak dapat menyerap insulin dengan sempurna. Akibatnya kadar gula dalam darah menjadi tinggi dan membahayakan tubuh.

Ada tiga tipe diabetes yang dapat terjadi, tipe 1, tipe 2 dan gestasional. Berbeda dengan dua tipe yang pertama, diabetes gestasional hanya dapat terjadi pada wanita hamil dan akan menghilang setelah melahirkan.

Sekitar tiga sampai lima dari 100 perempuan hamil terkena diabetes gestasional. Penyakit ini dapat terjadi bahkan meskipun sebelum hamil Anda tidak menderita diabetes. Mengapa bisa terjadi?

Saat Anda makan, tubuh mengubah karbohidrat dari makanan menjadi gula yang disebut glukosa. Glukosa akan dibawa oleh darah menuju sel untuk dijadikan energi.

Organ pancreas memproduksi hormone insulin yang akan membantu penyerapan gula pada sel sehingga mengurangi jumlah gula dalam darah. 

Apakah Diabetes Gestasional?© Dream

Pada kehamilan, plasenta, organ yang memberi makan dan oksigen ke janin, melepaskan hormone yang membantunya tumbuh. Terkadang hormon ini bisa membuat tubuh seseorang menjadi sulit menggunakan insulin atau disebut resistensi insulin.

Untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, pankreas pun menghasilkan lebih banyak insulin, kurang lebih tiga kali lipat dari normal. Jika pankreas tidak bisa menghasilkan insulin yang cukup, maka gula darah Anda akan menjadi tinggi dan Anda pun terkena diabetes gestasional.

Diabetes gestasional biasanya muncul di awal trimester ketiga. Namun dokter mungkin akan merekomendasikan pemeriksaan gula darah lebih dini jika menurutnya Anda memiliki risiko yang tinggi terkena diabetes gestasional. Pengetesan dini dilakukan di usia kehamilan antara 24–28 minggu.

Jika hasilnya negatif maka tidak perlu dilakukan pemeriksaan lagi.

 Shutterstock© dream.co.id

Kendalikan gula darah pada saat hamil agar bayi Anda tidak memiliki bisa lahir dengan berat yang normal, tidak memiliki risiko terkena diabetes, , ataupun masalah kesehatan lainnya.

Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, sebelumnya persiapkan diri Anda dengan baik terlebih dulu. Jaga kesehatan dengan menjalankan gaya hidup yang seimbang. Tambahkan juga dengan mengonsumsi asupan kesehatan tambahan yang tepat.

Melabic adalah asupan kesehatan tambahan jenis herbal oleh karenanya terbuat dari 100 persen bahan-bahan alami, atau lebih tepatnya terbuat dari enam ekstrak bahan alami pilihan berkualitas seperti buncis, daun salam, temulawak, kumis kucing, brotowali dan gurmar yang di import langsung dari India.

Hebal Melabic berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga efektif untuk cegah dan atasi diabetes.

Melabic aman dikonsumsi baik oleh penderita ataupun mereka yang ingin menjaga kesehatan, karena tidak memiliki efek samping. Bagaimana cara konsumsinya? Informasi lebih lanjut klik di sini.

Join Dream.co.id