Olahraga Virtual Sedang Jadi Tren, Sebelum Ikutan Intip Dulu Tipsnya

Lifestyle | Rabu, 29 September 2021 13:14

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Atlet Jauhari Johan, Peraih Medali Emas SEA Games 2019 membagikan tips-nya nih!

Dream - Selama pandemi, olahraga virtual menjadi tren di Indonesia. Banyak pihak swasta menyelenggarakan olahraga virtual ini untuk mengajak masyarakat terus bergerak selama pandemi

Mengikuti olahraga virtual, bukan berarti kamu berlari di dalam rumah saja. Keluar rumah sah kok asalkan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Jika Sahabat Dream akan mengikuti olahraga lari atau sepeda secara virtual, atlet Jauhari Johan membagikan tips-nya agar tak hanya sekadar mencapai goals dan mendapat medali, tapi tubuh juga harus bugar.

1. Atur Jadwal Olahraga

Atur jadwal secara berkala dan saat memulai jangan berolahraga dengan jangka waktu yang diluar kapasitas.

 Nivea© IG Live Nivea

“ Jangan sampai karena semangat di awal, lari pagi sore di hari yang sama lalu berhenti selama beberapa hari, dan diforsir kembali saat kompetisi akan berakhir, ini bisa buat cidera,” jelas Jauhari Johan, Peraih Medali Emas SEA Games 2019 Cabor Duathlon pada Instagram Live Nivea, September 2021.

Misalnya olahraga virtual berlari lima kilometer selama tujuh hari. Lakukan setengah kilo pada hari pertama dan ke dua lalu beristirahat. Dan naikkan intensitas sedikit di hari ke empat.

Olahraga Virtual Sedang Jadi Tren, Sebelum Ikutan Intip Dulu Tipsnya
Sumber: Shutterstock
2 dari 6 halaman

2. Selalu Lakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

 Shutterstock© Shutterstock

Pemanasan sebelum olahraga terkadang sering disepelekan, padahal hal ini sangatlah penting untuk mengurangi risiko cedera.

Hal ini dilakukan agar otot dapat beradaptasi dan tidak kram atau tegang saat melakukan olahraga inti.

“ Pemanasan penting sekali, apalagi olahraga untuk kompetisi dimana dilakukan pada periode tertentu yang cukup panjang,” tambah Jauhari.

3 dari 6 halaman

3. Penuhi Hidrasi Harian

Tubuh memerlukan cairan lebih banyak ketika sedang berolahraga karena tubuh kehilangan cairan melalui keringat dan nafas.

Apabila Sahabat Dream dehidrasi saat berolahraga, maka akan muncul gejala mulut kering. Jika dibiarkan hal ini bisa menimbulkan rasa lemas dan lelah, pusing hingga mual. Otomatis olahraga akan terhenti dan tidak optimal.

 Nivea© Live Instagram Nivea

“ Pastikan hidrasi yang cukup ketika sedang berolahraga. Dengan asupan air yang cukup, kondisi fisik akan maksimal, jadi saya bisa menyeimbangkan mind, body, and spirit saya untuk memaksimalkan performa ketika berolahraga,” tambah Jauhari.

Untuk asupan air minimal disarankan dua liter sehari atau lebih sesuai kebutuhan.

4 dari 6 halaman

4. Pakai Sunscreen saat Indoor ataupun Outdoor

Saat melakukan olahraga virtual outdoor kita bisa mendapatkan manfaat sinar matahari sebagai sumber vitamin D, namun paparan sinar UV secara berlebih juga memiliki resiko yang kurang baik bagi kulit sehingga kita harus selalu melindungi kulit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Paparan sinar UV secara terus menerus dapat memicu timbulnya berbagai permasalahan kulit, yang bisa mengurangi kenyamanan kita ketika berolahraga outdoor di bawah teriknya sinar matahari.

“ Saat berolahraga di dalam rumah ataupun di luar rumah harus menggunakan sunscreen. Kalau di dalam rumah saja dan minim terekspos cahaya lebih baik SPF 30,” jelas Dian Nuzulia, Senior Brand Manager NIVEA Face Sun and Lip menambahkan tips dari Jauhari.

Jika keluar rumah lebih baik menggunakan SPF yang lebih tinggi seperti SPF 50. Dan sunscreen ini baiknya terus digunakan meskipun cuaca sedang mendung.

“ Meskipun siang hari sedang mendung, tetap saja sinar uv menembus dan terpapar ke kulit kit, jadi tetap lebih baik menggunakan sunscreen,” tambah Dian.

Dian menyarankan untuk menggunakan sunscreen yang tahan dengan keringat dan air seperti Nivea Sun salah satunya.

5 dari 6 halaman

Virtual Run & Ride

Sejalan dengan tren kompetisi virtual olahraga, Nivea bersama VIT 8+ mengajak masyarakat Indonesia untuk menerapkan gaya hidup sehat melalui berolahraga selama pandemi di kegiatan “ Imbangi Hari Cerahmu Bersama NIVEA SUN dan VIT 8+ Virtual Run & Ride”.

Event berlari dan bersepeda secara virtual dilakukan dengan cara mencatat dan melaporkan hasilnya secara virtual menggunakan menggunakan aplikasi pencatatan sesuai jarak dan waktu berlari atau bersepeda.

Virtual Run & Ride ini tersedia dari jarak berlari 50 KM dan bersepeda 100 KM yang dapat diselesaikan dalam sekali atau beberapa kali aktivitas selama periode acara yang berlangsung sejak tanggal 1-17 Oktober 2021 dengan menggunakan pelacak aktivitas ‘Strava’ dan ‘Garmin’ yang harus dihubungkan dengan platform Jawara VR.

 Nivea© Live Instagram Nivea

 
“ Melalui event ini, kami sekaligus ingin mengingatkan pegiat olahraga outdoor untuk tidak mengabaikan kesehatan kulit mereka dan untuk sekaligus memulai New Normal Routine untuk mengimbangi aktivitas outdoor mereka yaitu rutin menggunakan sunscreen,” Dian Nuzulia selaku Senior Brand Manager NIVEA Face, Sun and Lip.

6 dari 6 halaman

Virtual Run & Ride Hydrate to Kick-Start and Reset

Memiliki visi yang sama dengan NIVEA SUN, VIT ikut mengedukasi masyarakat untuk terus menjalani gaya hidup yang aktif dan sehat dengan berolahraga dan hidrasi yang cukup dan tepat.

Bersamaan dengan kegiatan Virtual Run & Ride ini, VIT mempersembahkan inovasi produk barunya yaitu VIT 8+ yang merupakan air minum pH tinggi yang dapat membantu mereka yang bergaya hidup aktif termasuk pegiat olahraga dalam menjaga hidrasi dan keseimbangan tubuh.

“ Vit ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk mengimbangi hari aktif dengan dua langkah mudah yaitu Hydrate to Kick-Start Fresh Morning dan Re-hydrate to Reset & Balance,” Duhita Anggraeni selaku Marketing Manager VIT.

Hydrate to Kick-Start Fresh Morning yaitu memulai hari dan menyegarkan kembali tubuh dengan minum VIT 8+, sehingga lebih siap menjalani aktivitas termasuk olahraga.

Dan Re-hydrate to Reset & Balance yaitu saat menutup hari dengan VIT 8+ lagi untuk re-hidrasi dan reset fungsi tubuh, dan mengisi kembali hidrasi yang hilang sepanjang hari.
 
Untuk berpartisipasi pada kegiatan Virtual Run & Ride bersama NIVEA SUN dan VIT 8+ serta mengetahui informasi mengenai syarat dan ketentuan lomba, Sahabat Dream dapat mengakses informasi melalui website www.jawaravr.id.

Join Dream.co.id