8 Tips Menikmati Lebaran di Rumah Saja, Tetap Asik Saat Pendemi Covid-19

Lifestyle | Minggu, 24 Mei 2020 14:30
8 Tips Menikmati Lebaran di Rumah Saja, Tetap Asik Saat Pendemi Covid-19

Reporter : Arini Saadah

Larangan mudik dan juga larangan bersilaturahmi ke luar rumah ini bukan menjadi penghalang bagi kita untuk menyambut lebaran dengan penuh suka cita.

Dream – Lebaran tahun ini menjadi momen berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya. Kita tidak bisa berkumpul dengan keluarga besar karena Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19.

Namun, lebaran tetaplah momen yang dinanti-nanti. Meskipun pemerintah telah menginstruksikan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan physical distancing dan tetap di rumah saja. Jadi banyak orang yang tidak bisa mudik ke kampung halamannya.

Larangan mudik dan bersilaturahmi bukan menjadi penghalang bagi kita untuk menyambut lebaran dengan penuh suka cita. Kita harus tetap bersyukur karena masih diberi kesehatan, sehingga masih bisa menikmati lebaran meskipun tetap di rumah.

Lantas bagaimana kita harus menikmati lebaran di rumah? Nah kali ini, Dream memiliki tips menikmati lebaran di rumah saja tetap asik saat pandemic Covid-19. Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

2 dari 9 halaman

Tetap Sediakan Kue Lebaran

 Ilustrasi© sehatQ

Meskipun lebaran tahun ini tidak ada tamu yang berkunjung, akan tetapi tetaplah sediakan kue lebaran di meja tamu. Karena kamu bisa menikmati kue lebaran itu bersama keluarga atau kamu bagikan kepada tetangga terdekat. Sehingga kamu masih bisa menikmati momen lebaran yang tetap asik.

3 dari 9 halaman

Gunakan Teknologi untuk Silaturahmi Online

Lebaran adalah momen untuk saling maaf-maafan dengan keluarga, sahabat, dan juga teman. Nah karena sedang pada masa pandemi Covid-19, kamu tidak bisa berkunjung ke rumah saudara-saudaramu dan juga teman-temanmu.

Solusinya adalah gunakan teknologi yang sudah ada supaya kamu tetap bisa menyambung silaturahmi dengan kerabat dan sahabat. Banyak layanan video call yang bisa kamu manfaatkan saat ini. mulai dari video call WhatsApp, zoom, video.com, dan aplikasi yang lainnya. Dengan begitu momen lebaranmu tetap terasa mengasyikkan.

4 dari 9 halaman

Kirim Bingkisan ke Orang Tersayang

Karena kamu harus tetap di rumah saja, kamu bisa mengirimkan paket bingkisan lebaran ke orang-orang tersayang. Berbagi bingkisan saat lebaran juga menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang-mereka. Kamu bisa mengirim bingkisan berupa makanan, minuman, atau pakaian.

5 dari 9 halaman

Beli Baju Baru

 Ilustrasi© Shutterstock

Meskipun kamu tidak akan berkunjung ke rumah kerabat dan saudara, tidak ada salahnya kan jika kamu tetap membeli baju lebaran dan seragam dengan keluarga. Karena lebaran identik dengan baju baru pakaian seragam.

Hal ini bisa kamu lakukan supaya nuansa momen lenaran tetap bisa kamu rasakan. Kamu tidak perlu keluar rumah, karena kamu bisa membeli baju secara online. Dengan begitu kamu tetap bisa berfoto ria bersama keluarga seperti lebaran tahun sebelumnya.

 

6 dari 9 halaman

Nonton Film di Rumah

Tips menikmati lebaran di rumah saja selanjutnya adalah dengan menonton film. Menonton film bisa menjadi cara yang mengasyikkan buat kamu mengisi libur lebaran kali ini tetap terasa mengasyikkan.

7 dari 9 halaman

Memasak Bersama Keluarga

Merayakan hari kemenangan di rumah saja saat pandemi Covid-19 ini bisa kamu isi dengan memasak bersama keluarga. Kamu bisa memasak ketupat sebagai menu khas lebaran, atau memasak menu favorit keluarga.

Selain memasak hidangan lebaran, kamu juga bisa membuat kue dengan kreativitasmu bersama orang-orang terkasih di rumah. Pokoknya nikmati lebaran di rumah ini dengan cara yang menyenangkan.

 

8 dari 9 halaman

Piknik di Halaman Rumah

Karena terpaksa harus di rumah, kamu bisa menikmati libur lebaran ini dengan salah satu tips ini, yaitu piknik di halaman rumah. Meskipun agak aneh, namun tidak ada salahnya sekali-kali kamu merubah suasana lebaran yang itu-itu saja.

Dengan piknik di halaman rumah ini, kamu bisa bercengkrama dengan keluarga di luar rumah supaya tidak menjemukan. Seperti piknik di pantai atau di hutan, kamu juga perlu menyiapkan makanan untuk dinikmati di bawah langit yang cerah. Kamu juga bisa memutar music untuk menambah kebahagiaan.

9 dari 9 halaman

Bagi-bagi Angpao

 Ilustrasi© Shutterstock

Kebahagiaan yang tiada terkiran adalah saat kita mampu berbagai kebahagiaan kepada orang lain. Momen lebaran bisa kamu jadikan momen untuk berbagi angpao kepada saudara dan tetangga.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berbagi angpao, bisa bersedekah, berzakat, memberi santunan fakir miskin, memberi santunan anak yatim, atau memberikan donasi untuk kerabat terdekat kamu yang membutuhkan.

Itulah 8 tips menikmati lebaran di rumah saja selama pandemi Covid-19. Tips itu bisa kamu jadikan rekomendasi untuk menghabiskan momen lebaran bersama keluarga di rumah. Jangan lupa untuk terus berdoa supaya wabah ini segera berlalu. Tetaplah berpikir positif, jaga daya tahan tubuh, dan sebarkan pikiran positif kepada orang lain, bahwa kita bakalan segera mengakhiri masa sulit ini.

Join Dream.co.id