6 Tips Bebas Sakit Punggung dan Pundak Saat Pakai Tas Ransel atau Selempang

Lifestyle | Jumat, 18 Juni 2021 06:47

Reporter : Putu Monik Arindasari

Ada beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk menghindari rasa sakit yang timbul saat memakai tas ransel dan selempang

Dream - Kepraktisannya dalam membawa berbagai macam barang membuat tas ransel dan selempang diminati banyak orang. Meski sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari, pemakaian yang tidak tepat kedua jenis tas ini bisa membuat pundak dan punggung menjadi sakit.

Sahabat Dream pasti pernah merasakan pundak terasa pegal setelah seharian menenteng tas selempang dengan bobot yang cukup berat kan? 

Nah, dilansir dari sehatq.com, ada beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk menghindari rasa sakit yang timbul saat memakai tas ransel dan selempang. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

6 Tips Bebas Sakit Punggung dan Pundak Saat Pakai Tas Ransel atau Selempang
Ilustrasi Tas Ransel (Foto: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Tidak Memasukan Banyak Barang

Kamu disarankan untuk tidak memasukan terlalu banyak barang di dalam tas selempang atau ransel. Semakin kecil tas yang digunakan akan semakin baik.

Untuk menyimpan barang bawaanmu ketika berada di kantor, sekolah atau kampus, kamu dapat menggunakan fasilitas loker. Atau kamu bisa memecah banyak barang yang kamu bawa ke dalam tas-tas kecil.

 Ilustrasi Tas Ransel
© Shutterstock

Penataan Barang di Dalam Tas

Posisi barang yang ada di dalam tas juga akan berpengaruh pada kondisi punggung dan pundak. Idealnya, kamu disarankan untuk menaruh barang yang paling berat di bagian tas paling dalam dan berada sangat dekat dengan punggung.

Jangan hanya menaruh tali tas di satu sisi pundak saat sedang memakai tas punggung. Hal ini dapat menyebabkan beban tidak merata serta memicu tulang belakang menjadi bengkok sehingga akhirnya akan terasa nyeri pada punggung.

Perhatikan Posisi Penggunaan Tas

Jika harus menggunakan tas selempang, kamu disarankan mengganti posisi pundak yang digunakan untuk mengaitkan tali tas sesering mungkin. Saat memakai tas selempang, kamu juga dapat menaruh tas dalam posisi diagonal, sehingga beban bisa terbagi lebih rata.

3 dari 5 halaman

Sesuaikan Panjang Tali Tas

Banyak orang sengaja memakai tas ransel dengan tali yang dipanjangkan secara maksimal, sehingga posisi tas berada di bawah pinggang. Dari sisi kesehatan, hal ini tidak disarankan untuk dilakukan karena dapat menambah tekanan di pundak dan memicu rasa nyeri.

Kebiasaan ini juga akan membuat punggung bagian bawah menerima tekanan yang lebih besar lalu menyebabkan rasa sakit muncul. Langkah terbaik yang dapat dilakukan ketika menggunakan tas ransel adalah dengan memposisikannya setinggi mungkin atau sejajar dengan punggung bagian atas dan bahu.

 Ilustarsi Tas Selempang
© Shutterstock

Batasi Beban Isi Tas

Kamu hobi memakai tas yang terlalu berat? Memakai tas dengan beban yang terlalu berat ternyata dapat menyebabkan punggung dan bahu sakit. Nah, untuk mencegah hal ini, berat maksimal yang ideal untuk tas yang digunakan sehari-hari adalah 10% dari berat badan.

Sementara itu untuk tas carrier yang dipakai naik gunung atau travelling, beratnya disarankan tidak lebih dari 20% berat badan.

Pakai Tali Tas yang Lebar dan Tebal

Menggunakan tas yang talinya terlalu kecil dan tipis tidak baik untuk menopang beban di dalam tas. Ketika lebih banyak beban di dalam tas, maka tali tersebut akan menekan kulit serta otot bahu, sehingga berpotensi menimbulkan nyeri bahu.

Hal ini menyebabkan kamu disarankan untuk menggunakan tali yang lebar dan tebal,lalu beban tas akan bisa didistribusi dengan lebih baik.

 

4 dari 5 halaman

Tips Membuat Tas Kulit Lebih Awet

Dream - Banyak orang lebih menyukai tas berbahan kulit karena dianggap tidak mudah rusak. Tas dari bahan kulit juga diyakini lebih tahan rembesan air hujan dibandingkan yang menggunakan canvas maupun kain. 

Namun tas kulit memang bisa lebih awet jika kamu merawatnya dengan baik. Tak ini juga tak cepat rusak jika si pemiliknya menggunakan dengan hati-hati dan telaten.

Jika pemiliknya jorok dan tak rutin merawat, tas kulit bisa saja lebih cepat masuk gudang karena rusak.

Mengutip Miss Kyra, berikut bebrapa tips menyimpan dan merawat tas kulit agar lebih tahan lama yang bisa Sahabat Dream praktikan.

Memegang Tas Kulit dengan Tangan Bersih

 Tas Kulit
© Pexels.com

Bahan kulit pada tas akan menyerap minyak dan kotoran. Jadi, pastikan tanganmu bersih ketika memegang tas kulit. Kamu bisa membersihkannya dengan handuk lembap. Tapi pastikan tidak terlalu basah agar tasmu tidak rusak.

 

 

5 dari 5 halaman

Menggunakan Pembersih Khusus

Gunakan pembersih khusus untuk tas berbahan kulit dan jangan menggantinya dengan produk lainnya agar tidak menyumbat pori-pori pada bahan tasmu. Bersihkan tas maksimal dua kali setahun.

Menjaga Kelembapan Tas

 Tas Kulit
© Pexels.com

Kamu bisa membeli pelembap untuk tas kulit agar kelembapan tasmu terjaga dan tetap terlihat mengilap. Tapi, jangan gunakan pelembap tersebut pada dompet kulit.

Membersihkan Kotoran Sesegera Mungkin

Segera bersihkan kotoran seperti noda makanan atau darah pada tas kulit menggunakan bubuk kapur agar tidak menempel dan lebih sulit dihilangkan.

(Sumber: Miss Kyra)

Join Dream.co.id