50% Orang Indonesia Mengonsumsinya Berlebihan, Begini Proses Garam Picu Hipertensi

Lifestyle | Sabtu, 1 Oktober 2022 18:01

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Ternyata jika mengonsumsi garam terlalu banyak, bisa menimbulkan penyakit

Dream - Garam tidak hanya memegang peranan penting dalam memberikan rasa lezat pada makanan. Garam dalam jumlah yang cukup, memiliki berbagai manfaat bagi tubuh seperti menjaga keseimbangan cairan di tubuh dan berperan dalam menjaga fungsi saraf serta otot.

Namun, jika mengonsumsi garam terlalu banyak, bisa menimbulkan penyakit.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Menurut data Kemenkes, 50 persen orang mengonsumsi natrium berlebihan. Jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan hipertensi,” jelas Grant Senjaya, Head of Public Relations Dept PT Ajinomoto Indonesia di acara Indonesia Millenial & Gen-Z Summit (IMGS) 2022, Kamis 29 September 2022.

Hal ini terjadi karena Natrium klorida pada garam dapat menarik cairan. Jika cairan yang ditarik ke pembuluh darah terlalu banyak dikhawatirkan tekanan akan meningkat sehingga menyebabkan darah tinggi.

50% Orang Indonesia Mengonsumsinya Berlebihan, Begini Proses Garam Picu Hipertensi
Shutterstock
2 dari 3 halaman

Galakan Kampanye Bijak Garam ke Milenial dan Gen Z

Menyadari pentingnya diet garam bagi kesehatan, Ajinomoto terus menggalakan kampanye 'Bijak Garam' ke generasi Milenial juga gen Z.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Saat ini kami memiliki kampanye Bijak Garam yang mengedukasi masyarakat tentang pentingnya diet rendah garam dan mengajak keluarga indonesia untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi asupan atau penggunaan garam dalam mengolah makanan, namun tetap bisa memperoleh cita rasa yang tinggi dengan menambahkan sumber umami seperti MSG,” tambah Grant.

3 dari 3 halaman

Sasar Generasi Muda Lewat IMGS

Melalui acara Indonesia Millenial & Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang dihadiri lebih dari 6.000 pengunjung (offline), dan lebih dari 80 juta pengunjung (online). Ajinomoto berbagi pengalaman dalam menghadirkan kelezatan melalui menu-menu Dapur Umami yang bergizi seimbang dan disesuaikan dengan kampanye terbaru Bijak Garam supaya bisa menerapkan makanan yang lebih sehat dengan pengurangan asupan garam.

Ajinomoto juga berbagi pengalaman terkait aktivitas proses produksi yang ramah lingkungan dan mengajak generasi muda untuk lebih memilih produk-produk yang memiliki nilai lebih terhadap keberlanjutan lingkungan.

“ IMGS tahun ini merupakan kali pertama kami menjadi partner resmi. Kegiatan ini juga mengangkat fokus isu mengenai lingkungan sejalan dengan visi misi kami untuk menciptakan aktivitas bisnis yang ramah lingkungan,” tambah Grant.

Join Dream.co.id