5 Tips Berkebun Buat Pemula

Lifestyle | Sabtu, 24 April 2021 07:00

Reporter : Dwi Ratih

Caranya mudah, bisa dilakukan siapa pun dan di mana pun.

Dream – Tren berkebun ramai dilakukan masyarakat ketika awal pandemi tahun lalu menyerang Indonesia. Guna menyegarkan pikiran dan hati karena menghabiskan banyak waktu di dalam rumah, berkebunlah jadi pelariannya.

Namun masih banyak masyarakat bingung harus mulai dari mana untuk berkebun, ditambah tidak semua orang memiliki halaman luas untuk menanam pohon atau bunga pilihannya.

Padahal saat ini, kegiatan berkebun sangat mudah dan menyenangkan dan bisa dilakukan di mana saja. Selain dapat memberikan oksigen yang baik bagi lingkungan sekitar rumah, dengan berkebun juga bisa menjadi sumber pangan yang menyehatkan.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan pemula, menurut Ali Abdullah selaku Co-Founder Warung Sehat 1,000 Kebun.

5 Tips Berkebun Buat Pemula
Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 6 halaman

1. Media tanam organik

Dalam berkebun, media tanam merupakan hal yang harus diperhatikan untuk memberikan kehidupan yang baik bagi tanaman. Kini kamu bisa menggunakan media tanam yang organik atau yang sudah siap pakai.

Mulai dari arang, batang pakis, kompos, pupuk kandang, humus dan lainnya.

2. Benih lokal

Menggunakan benih lokal seperti bunga telang, daun selada, tomat dan kangkung bisa menjadi referensi pilihan tanaman untuk pemula yang ingin berkebun karena tidak membutuhkan lahan yang luas. Bahkan bisa membuat sebuah salad bowl hanya dengan benih yang ditanam pada lahan satu meter persegi.

3. Wadah apapun

Pilihan wadah saat ini cukup beragam, bahkan kamu bisa memanfaatkan barang bekas seperti kaleng cat dan botol plastik, sebagai wadah tanaman kamu. Agar semangat dalam berkebun, kamu bisa coba menghiasnya.

3 dari 6 halaman

4. Pupuk

 Ilustrasi
© Dream

Sebagai bahan asupan nutrisi tumbuhan, tanaman harus diberikan pupuk minimal satu bulan sekali, ia menyarankan menggunakan pupuk kandang yang baik bagi tanaman.

5. Perawatan

Perawatan berkebun di rumah cukup mudah, hal yang harus diperhatikan adalah tentang asupan cahaya sinar matahari serta penyiraman tanaman yang rutin untuk mempercepat tumbuhnya akar serta menjaga kelembabannya.

Reporter: Yuni Puspita Dewi

4 dari 6 halaman

Bikin Rumah Sejuk dengan Bertanam Yuk!

Dream - Bercocok tanam jadi aktivitas baru yang digemari masyarakat semenjak pandemik Covid-19 memaka semua orang tetap berada di dalam rumah. 

Mulai dari tanaman hias, hingga pohon buah, jadi pilihan masyarakat untuk bercocok tanam sembari mengisi waktu luang dan memberikan udara sejuk di sekitar kita.

Seperti kita tahu, masyarakat di Jakarta mungkin tak leluasa mendapat lahan hijau di rumahnya. Pengakuan yang sama juga diungkapkan Gempur Muhammad Surya seorang pecinta tanaman.

Sebelum pandemi hadir, Gempur diketahui memiliki garden mini untuk menjual hasil tanaman yang ia geluti sejak dua tahun lalu. Kegiatan berkebun pun ia suka bagikan di akun Instagram @kebun_daania.

5 dari 6 halaman

Tidak semudah yang dibayangkan


 Ilustrasi
© Dream

“ Kalau kita lihat sekeliling kita suka ngerasa panas nggak sih? Apa salahnya untuk kita mulai menanam. Maksudku itu sesuatu hal yang kecil yang bisa kita lakuin supaya sejuk buat kitan,” ujar Gempur di #NgobrasDream Rabu, 23 September 2020.

Untuk bercocok tanam, Gempur menyatakan bahwa banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari kelembaban, media tanam, posisi tempat, dan lainnya.

 

6 dari 6 halaman

Ketahui lebih lengkap

Ingin tahu obrolan tentang tanaman dan bisnisnya di masa pandemi seperti sekarang? Langsung saja tonton siaran ulangnya di IGTV Dream.

 

Laporan: Shania Suha Marwan

Join Dream.co.id