5 Minuman Terbaik Setelah Olahraga, Kaya Elektrolit dan Nutrisi

Lifestyle | Minggu, 2 Oktober 2022 08:20

Reporter : Mutia Nugraheni

Bukan hanya menghilangkan dahaga dan menyegarkan tenggorakan, tapi juga kaya nutrisi.

Dream - Olahraga apapun jenisnya, tentu sangat menguras energi. Keringat mengalir dan otot terlatih dengan maksimal. Keringat yang banyak keluar, membuat kita kehilangan banyak cairan saat olahraga.

" Ada berbagai macam manfaat untuk berolahraga secara teratur. Tetapi olahraga yang berat dapat membuat kita kekurangan cairan dan nutrisi seperti elektrolit, yang keduanya dapat memicu dehidrasi, lelah, atau sakit," kata Lauren Minchen, seorang konsultan nutrisi profesional.

Untuk itu, jangan sampai membiarkan tubuh kehilangan banyak cairan setelah olahraga. Segera gantikan cairan tubuh yang hilang dengan minuman kaya nutrisi dan elektrolit. Lauren merekomendasikan beberapa minuman yang sangat baik dikonsumsi setelah olahraga. Bukan hanya menghilangkan dahaga dan menyegarkan tenggorakan, tapi juga kaya nutrisi.

Air Putih

 Ini Lho Waktu Terbaik Minum Air Putih Demi 8 Gelas Terpenuhi Setiap Hari© Shutterstock

Setiap sel, jaringan, dan organ dalam tubuh kita menggunakan air untuk berfungsi. Tubuh manusia menarik air dari makanan dan minuman untuk mengatur suhu tubuh, ekskresi, dan melumasi sendi. Minuman yang paling simpel dan terjangkau setelah olahraga adalah air putih. Jadi pastikan selalu ada sebotol air putih di tas olaharga kamu.

 

 

5 Minuman Terbaik Setelah Olahraga, Kaya Elektrolit dan Nutrisi
Olahraga/ Foto: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Minuman Elektrolit

Elektrolit adalah mineral yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik. Setelah berolahraga, kamu mengeluarkan cairan yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit. Hal itu membuat tubuh merasa lelah dan dehidrasi. Untuk mengembalikan elektrolit dan nutrisi yang hilang, minuman mengandung zat elektrolit dapat membantu mengembalikannya.


Air Kelapa

 Buat Air Putih Jadi Lebih Menarik Saat Sahur dan Berbuka© MEN

Air kelapa menjadi pilihan minuman baik sehabis olahraga. Air kelapa mengandung sumber elektrolit alami seperti potasium, natrium, dan magnesium yang dapat mengisi kembali mineral yang hilang sehabis olahraga.

 

 

3 dari 5 halaman

Susu Cokelat

 Susu cokelat© Shutterstock

Susu coklat mengandung nutrisi yang dibutuhkan sehabis olahraga, dari karbohidrat, protein, cairan, dan elektrolit. Hal ini dapat membantu memulihkan sumber energi yang terkuras dan memberi tubuh asupan yang dibutuhkan untuk memberi energi kembali pada stres pada otot.

Jus Sayuran
Sayuran adalah sumber nutrisi penting untuk menjaga tubuh tetap bugar dan bekerja dengan baik. Buat saja jus sayur dengan campuran bit, wortel, dan sayuran lainnya. Campuran beberapa jenis sayur mengandung menyediakan vitamin, mineral (termasuk elektrolit), dan antioksidan yang dibutuhkan untuk mendukung pemulihan otot dan rehidrasi pasca olahrga,

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: Byrdie

4 dari 5 halaman

Butter Coffee, Teguk Setelah Olahraga Bisa Bikin Langsing

Dream - Meluruhkan lemak di seluruh bagian tubuh memang perlu usaha keras. Mulai dari rutin berolahraga hingga menjaga pola makan. Bagi Sahabat Dream yang termasuk penyuka kopi, ada ramuan nikmat yang sangat dianjurkan untuk diminum pascara olahraga.

Minuman ini cocok dikonsumsi saat pagi hari, setelah olahraga dan harus bekerja. Kandungan kafein pada kopi akan membuat lebih fokus dan tambahan rempah di dalamnya bisa membantu meluruhkan lemak, yaitu Butter Coffee.

 Butter Coffee, Teguk Setelah Olahraga Bisa Bikin Langsing© MEN

Kuncinya adalah tidak memakai gula sama sekali, tapi menambahkan beberapa bahan. Untuk menurunkan badan lebih cepat, coba buat butter coffee sendiri dan minumlah setelah olahraga. 

5 dari 5 halaman

Berikut Resepnya

 Butter Coffee© Shutterstock

Bahan:
- 1 gelas air
- 2 sendok teh mentega
- 2 sendok teh minyak kelapa
- 1 sendok teh kopi
- Sejumput kayu manis
- Sejumput pala (opsional)

Cara membuat:
- Ambil panci kecil dan masukkan segelas air dan bubuk kopi, biarkan sampai mendidih
- Ambil mangkuk besar dan tambahkan mentega, minyak kelapa, kayu manis, pala
- Dengan hand whisk, kocok bahan tersebut hingga merata
- Setelah berbusa, ambil 2 sendok makan tuangkan 1 cangkir campuran kopi hangat dan aduk rata
- Butter coffee siap diminum setelah olahraga untuk membantu mengurangi lemak perut

Sumber: Times of India

Join Dream.co.id