5 Inspirasi Makanan Sehat yang Bikin Lebaran Tetap Semarak

Lifestyle | Sabtu, 8 Mei 2021 16:50
5 Inspirasi Makanan Sehat yang Bikin Lebaran Tetap Semarak

Reporter : Wuri Anggarini

Yuk siapkan menu makanan sehat saat lebaran

Granola, yogurt, oatmeal, muesli, salad dan smoothies buah organik, semakin sering ditemui penawarannya di marketplace. Orang ingin hidup lebih lama dengan jantung kuat, dan badan yang bugar terawat merupakan salah satu pemicu meningkatnya kesadaran mengonsumsi makanan sehat. Tren ini dapat diamati dari kenaikan penjualan makanan sehat di Tokopedia.

“ Transaksi makanan sehat seperti Granola meningkat hampir 3x lipat, Yogurt dan Oat lebih dari 4x lipat, sedangkan Muesli meningkat hampir 6x lipat pada kuartal I 2021 dibanding kuartal yang sama pada 2020,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Menjelang Lebaran, pada hari Jumat (7/7/21) Tokopedia berkolaborasi dengan Serasa Salad Bar tidak ketinggalan membagikan inspirasi makanan sehat bagi yang ingin terus menjaga kebugaran tubuhnya. Cukup 5 langkah menyulap Lebaran jadi lebih sehat.

Hindari Makanan Kemasan

Kaastengel, nastar, dan putri salju, biasanya tidak pernah ketinggalan menjadi sajian di meja tamu dan hantaran ke sanak saudara. Untuk tahun ini, membuat kue atau camilan sendiri di rumah dapat menjadi alternatif makanan yang lebih sehat saat Lebaran.

“ Dengan membuat makanan sendiri, kita bisa memilih dan mengatur bahan-bahan yang digunakan agar lebih sehat,” ungkap Pemilik Serasa Salad Bar, Fitriani Rahmah.

Tambah Konsumsi Serat

 5 Inspirasi Makanan Sehat yang Bikin Lebaran Tetap Semarak
© 2021 Tokopedia

Opor dan sambal goreng hati serta ketupat akan membuat hidangan lebaran jadi lebih afdol di meja makan. Tahun ini, deretan masakan khas lebaran wajib didampingi dengan salad atau sayuran rebus untuk menyeimbangkan kebutuhan serat dan vitamin tubuh.

Ekhel menambahkan, “ Jumlah transaksi sayuran meningkat hampir 4x lipat pada kuartal I 2021 jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun sebelumnya.”

Ingin Minuman Manis, Ganti dengan Smoothies

 5 Inspirasi Makanan Sehat yang Bikin Lebaran Tetap Semarak
© 2021 Shutterstock

Silaturahmi tanpa minuman bersirup ketika bertamu tentu akan semakin manis. Namun tetap perlu memperhatikan kadar gula dari setiap minuman yang disajikan ya. Alternatifnya ganti dengan manisnya gula alami dari buah-buahan segar dengan menyajikan smoothies misalnya.

“ Green Smoothies dari Serasa, misalnya. Perpaduan rasa segar dari nanas, daun mint dan manisnya kurma bisa menjadi alternatif minuman menyegarkan dan sehat,” jelas Fitri.

Perbanyak Minum Air Putih

 5 Inspirasi Makanan Sehat yang Bikin Lebaran Tetap Semarak
© 2021 Shutterstock

Tidak lupa, sediakan juga air putih segar di meja hidangan. Minum air putih sangat disarankan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Kandungan mineral yang baik di dalam air putih juga dapat mengembalikan metabolisme tubuh agar tetap sehat dan bugar menyambut hari kemenangan.

Salad Buah jadi Dessert

 5 Inspirasi Makanan Sehat yang Bikin Lebaran Tetap Semarak
© 2021 Tokopedia

Es buah yang manis memang menyegarkan untuk menutup perbincangan. Namun salad buah dengan yogurt dressing tidak kalah menarik untuk disajikan.

“ Kombinasikan potongan buah-buahan dengan yoghurt dan granola agar makan buah jadi menyenangkan. Selain itu, salad buah juga bisa menjadi menu penyegar yang sangat praktis untuk disajikan saat Lebaran,” tutup Fitri.

Mudah sekali membuat Lebaran tahun ini tetap semarak dengan hidangan khasnya. Apalagi sejak awal Ramadan, Tokopedia menghadirkan sederet inovasi untuk tetap mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian, misalnya melalui WIB Spesial Ramadan, Ekstra, hingga Daily Ngabuburit. (*)

Terkait
Join Dream.co.id