4 Momen Berharga Saat Buka Puasa Bareng Keluarga

Lifestyle | Selasa, 13 April 2021 10:32
4 Momen Berharga Saat Buka Puasa Bareng Keluarga

Reporter : Dwi Ratih

Momen buka puasa bersama itu memberikan manfaat keluarga yang asyik.

Dream - Buka puasa jadi momen yang dinanti saat Ramadan tiba. Bukan karena sajian makanan yang lezat, namun kebersamaan yang tercipta antar anggota keluarga di rumah.

Momen menyantap makanan dan minuman bersama jadi momen berharga ketika di bulan-bulan sebelumnya tidak bisa duduk bareng bersama orang-orang tercinta di rumah.

Terlebih saat pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai, nampaknya momen kebersamaan ini bisa Sahabat Dream rekatkan dengan berbagai hal.

Misalnya, ajak anggota keluarga cerita tentang kesibukkannya selama setahun terakhir, sharing tentang life goals, atau tentang asmara.

Tahu nggak sih Sahabat Dream kalau momen buka puasa bersama itu memberikan manfaat keluarga yang asyik.

2 dari 6 halaman

Silaturahmi antar-anggota keluarga

Karena kesibukan masing-masing, terkadang kita jarang berbincang dengan anggota keluarga. Nah, saat menyantap menu buka puasa di situlah kamu bisa ajak kakak atau adik untuk saling cerita, hal apa yang sedang digemari atau justru tidak disukai selama setahun ke belakang.

Sebagai orangtua, menanyakan, mendengarkan, dan memberi solusi dari masalah anak juga perlu dilakukan.

 Ilustrasi
© Shutterstock

Jadi ajang curhat

Nggak ada salahnya buat menanyakan atau justru melempar topik obrolan yang mendalam saat menyantap menu bukan puasa. Siapa tahu, dengan kamu menuangkan curahan hati, anggota keluarga lain ikut 'curhat' dan bisa saling mengisi cerita satu sama lain.

3 dari 6 halaman

Makin kompak

Dengan adanya cerita dan topik perbincangan selama buka puasa Ramadan, kamu dan anggota keluarga bisa rancang kegiatan seru untuk liburan bersama agar koneksi dan ikatan batin makin erat.

Family comes first, right?

 Ilustrasi
© Shutterstock

Ukir kenangan indah

Walau cuma makan malam bersama, bukan berarti itu cuma sekadar hal lewat semata. Duduk dan menikmati sajian buka puasa bersama bisa kamu jadikan kenangan indah untuk disimpan selamanya.

Kapan lagi, bisa cerita banyak tentang aktivitas kuliah atau kantor ke anggota keluarga?

4 dari 6 halaman

Trik Cegah Dehidrasi Selama Ramadan

Dream - Sering kali kalimat " Lapar sih bisa tahan, tapi hausnya itu yang nggak tahan"  terdengar dari lingkungan sekitar ketika merasakan dehidrasi di bulan puasa.

Biasanya, dehidrasi timbul ketika suhu udara memanas. Nggak cuma buat yang beraktivitas di luar rumah saja, bagi yang menghabiskan waktu di dalam rumah juga bisa saja mengalami dehidrasi.

Lalu, bagaimana sih caranya mengatasi masalah yang timbul dari tahun ke tahun ini?

Caranya cukup mudah. Pastikan kamu minum 8 hingga 12 gelas air putih atau mineral dari berbuka puasa hingga sahur dengan menerapkan pola 2-4-2.

5 dari 6 halaman

Jangan sampai lupa


 Ilustrasi
© Shutterstock

Pola 2-4-2 ini bisa dicoba saat berbuka 1 gelas, setelah berbuka 1 gelas, sebelum makan 1 gelas dan sesudah makan 2 gelas.

Nggak cuma itu, sebelum tidur pun kamu wajib konsumsi 1 gelas lagi. Kemudian, 2 gelas saat sahur.

Agar memaksimalkan tips ini, Sahabat Dream disarankan meminum air hangat daripada air dingin apalagi pakai es batu. Kenapa? Sebab, air hangat lebih cepat diserap tubuh.

6 dari 6 halaman

Jangan lupa konsumsi buah & sayuran

 Ilustrasi
© Shutterstock

Sedangkan dari sisi asupan makanan, konsumsi sup setiap hari selama Ramadan sangat dianjurkan karena diklaim memiliki sumber cairan baik.

Diketahui, semangka, tomat, mentimun, anggur dan lainnya merupakan pilihan buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air sehingga dapat membantumu terhidrasi dan mengurangi haus ketika puasa.

Bagaimana, mudah bukan?

Join Dream.co.id