4 Menu Buka Puasa Anti Bosan, Bikin Sendiri di Rumah Yuk!

Lifestyle | Rabu, 8 April 2020 07:00
4 Menu Buka Puasa Anti Bosan, Bikin Sendiri di Rumah Yuk!

Reporter : Zaki

Biar nggak bosan, empat menu buka puasa ini bisa kamu bikin sendiri.

Menahan haus, lapar dan hawa nafsu lainnya selama sebulan itu bukan hal yang mudah. Ada saatnya Sahabat Dream yakin bisa melaluinya hingga hari kemenangan tiba, tapi nggak bisa dipungkiri akan muncul juga hari-hari yang dilalui terasa cukup berat.

Biar semangat tetap terjaga, nggak ada salahnya bikin variasi menu buka puasa agar nggak gampang bosan. Selain itu, memasak sendiri makanan buat berbuka juga bisa jadi kegiatan yang sangat berguna, nggak buat diri sendiri tapi juga untuk orang-orang disekitarmu. Tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk buka puasa di luar rumah, menu-menu sehat dan lezat ini bisa kok dibuat sendiri.

Takjil Wedang Secang

Takjil jadi pembuka menu buka puasa sebelum beralih ke makanan berat. Jangan melulu menyantap kolak, variasikan dengan menikmati wedang secang yang terbuat dari berbagai rempah, seperti jahe, serai, kayu manis, cengkeh dan kayu secang yang memberikan warna cantiknya.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama, geprek jahe yang sudah dipanggang sebelumnya, lalu masukkan ke dalam panci berisi air, lalu didihkan bersama bahan lainnya hingga air berubah warna menjadi kemerahan. Nikmat selagi hangat dan dapatkan beragam manfaat kesehatan, mulai dari menangkal radikal bebas hingga meningkatkan stamina.

Bubur Jagung

Makan nasi melulu bosan juga, ya. Variasikan saja dengan sumber kalori lainnya, seperti jagung. Kali ini, bikin bubur jagung yang lezat sekaligus mengenyangkan, namun tetap cukup mudah dieksekusi di dapur rumah sendiri.

Pertama, didihkan air dan santan di atas api kecil sambil terus diaduk lalu masukkan jagung yang sudah dipipil dan ditumbuk kasar. Aduk kembali lalu bumbui dengan garam, gula dan mentega. Setelah diaduk kembali, angkat dan sajikan dengan taburan keju. Selain bikin tubuh terasa hangat, kalorinya yang tinggi bikin stamina tubuh yang semula lemas jadi kembali aktif.

Nasi Goreng Quinoa

Menu Buka Puasa yang kurang tepat berpotensi memicu kelebihan berat badan hingga berbagai penyakit. Itulah pentingnya mengatur pola makan dengan memasukkan berbagai bahan makanan sehat, salah satunya quinoa.

Yuk, bikin “ nasi goreng” berbahan biji quinoa yang telah direbus dan ditumis bareng bawang dan cabai. Lengkapi dengan bahan lainnya seperti brokoli, tomat, maupun daging yang kaya protein. Selain rasanya yang unik dan bikin kenyang lebih lama, kandungan protein, serat dan asam amino esensial dalam quinoa mampu menjaga kesehatanmu selama menjalani ibadah puasa.

Steak Tempe

Menjalani puasa di tanggal tua? Memang cukup berat. Tapi tenang, menu buka puasa yang satu ini bukan hanya punya citarasa yang lezat tapi juga terbuat dari bahan-bahan yang harganya terjangkau dan mudah dimasak. Tertarik buat bikin steak tempe?

Pertama, kukus tempe lalu haluskan dan campur dengan tepung, lada hitam, bawang putih dan garam. Bentuk menjadi bulat pipih dan goreng di wajan panas, sisihkan. Lanjutkan dengan membuat sausnya, mulai dengan menumis bawang bombay lalu tambahkan saus tomat, saus tiram, dan lada hitam. Aduk merata dan sajikan saus bersama steak tempe. Mudah, kan? 

Berbekal menu buka puasa anti bosan ini, ibadah pun jadi lebih semangat. Soal mencari bahan makanan pun tak perlu repot, #MulaiAjaDulu di Tokopedia yang menyediakan aneka keperluan dapur yang segar, seperti sayurbox. Jangan lupa penuhi semua kebutuhan Ramadan di Tokopedia. Serta nikmati berbagai promo Ramadhan, hadiah dan penawaran menarik lainnya mulai 1 April-13 Mei 2020. Jangan lupa top up OVO, karena dengan OVO transaksi belanja online jadi lebih praktis! (adv/eth/zki)

Terkait
Join Dream.co.id