4 Manfaat Rutin Jalan Pagi

Fresh | Kamis, 14 Juli 2022 18:13

Reporter : Cynthia Amanda Male

Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, jalan pagi juga bisa meningkatkan kesehatan mental.

Dream - Sebagian orang berolahraga di pagi hari agar merasa lebih segar dan berenergi. Salah satu olahraga favorit untuk dilakukan di pagi hari adalah berjalan kaki.

Jenis kardio tersebut sangat mudah dilakukan dan bisa menjadi kesempatan untuk menenangkan pikiran sambil melihat kondisi lingkungan di sekitar tempat tinggal. Kamu juga tidak memerlukan alat tambahan untuk bisa berjalan pagi. Sepatu biasa pun bisa digunakan untuk berjalan kaki setiap pagi.

Selain baik untuk kesehatan tubuh, ternyata berjalan kaki di pagi hari memiliki berbagai manfaat lainnya. Dilansir Healthline, berikut berbagai manfaat berjalan pagi.

4 Manfaat Rutin Jalan Pagi
Olahraga Pagi. (Source: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

1. Meningkatkan Energi

 Berolahraga Pagi© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Berolahraga di pagi hari bisa meningkatkan energi untuk beraktivitas seharian. Kamu pun tidak perlu melakukannya dalam waktu lama.

Menurut penelitian, berjalan kaki selama 20 menit di luar ruangan dapat meningkatkan vitalitas serta energi dibandingkan jika kamu melakukannya di dalam ruangan.

Naik tangga 10 menit juga bisa meningkatkan energi. Bahkan, penelitian mengklaim kebiasaan itu lebih efektif dibandingkan minum secangkir kopi.

3 dari 5 halaman

2. Memperbaiki Suasana Hati

 Suasana Hati Membaik© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Selain bermanfaat bagi tubuh, berolahraga di pagi hari juga bisa meningkatkan kesehatan mental. Jadi jika suasana hati kurang baik di pagi hari, berjalan kaki atau berolahraga bisa mengatasinya.

Kebiasaan tersebut juga bisa meningkatkan kepercayaan diri, meredakan stres, kecemasan, serta menurunkan potensi depresi.

Jika ingin merasakan manfaat olahraga bagi kesehatan mental, berjalanlah 20-30 menit selama 5 hari setiap minggu.

4 dari 5 halaman

3. Memperkuat Otot

Meski jalan kaki termasuk jenis olahraga kardio, namun bukan berarti kamu tidak bisa melatih otot. Berjalan kaki mampu memperkuat otot kaki. Apalagi, jika kontur jalan yang dilewati tidak rata.

Cobalah berjalan dengan ritme teratur di permukaan yang datar, tanjakan, turunan, serta tangga. Bila perlu, tambahkan squats dan lunges jika ingin otot kaki lebih kencang.

5 dari 5 halaman

4. Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

 Tidur© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Kebiasaan ini juga bisa mengatasi kesulitan tidur di malam hari. Penelitian pada 2017 membuktikan orang dewasa usia 55-65 yang mengalami kesulitan tidur di malam hari atau insomnia.

Responden penelitian yang berolahraga di pagi hari memiliki kualitas tidur yang lebih baik di malam hari. Namun, pengaruh olahraga pagi bagi tidur malam perlu diteliti lebih lanjut.

Join Dream.co.id