4 Kebiasaan Mengatur Uang Pribadi Biar Gaji Bulanan Nggak Cuma Numpang Lewat

Lifestyle | Selasa, 18 Juni 2019 00:01
4 Kebiasaan Mengatur Uang Pribadi Biar Gaji Bulanan Nggak Cuma Numpang Lewat

Reporter : Wuri Anggarini

Yuk, belajar cara mengaturnya di sini!

Baru pertama kali bekerja dan menikmati gaji sendiri pastinya bikin bangga. Tapi, jangan sampai lupa diri. Saatnya mulai mengatur uang pribadi biar gaji bulananmu nggak cuma numpang lewat. Empat kebiasaan ini bisa jadi kuncinya. Simak yuk!

Dahulukan Belanja Kebutuhan Bulanan

©Shutterstock

©shutterstock

Pay day memang hari yang menyejukkan banget buat sebagian besar orang. Cek saldo dengan nominal yang lumayan besar bisa bikin makin semangat menjalani hari. Eits, begitu gaji di tangan jangan punya pikiran untuk langsung membelanjakan kebutuhan sekunder atau tersier dulu ya. Pastikan untuk mendahulukan kebutuhan pokokmu dalam sebulan.

Rincian kebutuhan pokok masing-masing orang memang berbeda. Namun, secara umum terdiri dari kebutuhan makan, transportasi, komunikasi dan membayar tagihan. Pastikan semuanya sudah terpenuhi hingga akhir bulan nanti ya!

Terapkan Pola Hidup Minimalis

©Shutterstock

©shutterstock

Pola hidup minimalis kini sedang banyak diterapkan oleh public figure. Nggak hanya ikutin tren, pola hidup ini membantu banget untuk berhemat dalam hal keuangan. Misalnya saja, kamu yang terbiasa membeli kebutuhan fashion saat gajian kini lebih memilih untuk memanfaatkan pakaian lama yang masih layak pakai untuk upgrade gaya fashion.

Hal ini juga berlaku pada aspek lainnya seperti hanya membeli barang yang benar-benar dibutuhkan dalam jumlah yang tidak besar. Pola hidup ini nggak hanya membantumu dalam berhemat tapi juga lebih care dengan lingkungan sekitar, lho.

Alokasikan Gaji Buat Berinvestasi

©Shutterstock

©shutterstock

Istilah living paycheck to paycheck mungkin kini sering banget kamu dengar. Yup, istilah ini sering digunakan oleh seseorang yang hidup dari gaji bulan ini ke gaji bulan depan, alias nggak memiliki simpanan. Nggak mau kan merasa kurang terus tiap akhir bulan?

Mulailah dengan berinvestasi. Sisihkan 20%-30% dari gajimu untuk berinvestasi. Ada banyak metode investasi masa kini yang cocok dilakukan oleh milenial. Mulai dari Reksa Dana, Deposito, Emas dan masih banyak lainnya. Sesuaikan saja mana yang paling cocok denganmu.

Jangan Lupa Pentingnya Menabung Buat Masa Depan

©Shutterstock

©shutterstock

Bertahun-tahun kerja, yakin nggak punya keinginan untuk bisa punya rumah sendiri, mempersiapkan pernikahan, sampai berangkat ke tanah suci? Menabung bisa menjadi solusi untuk mewujudkan keinginanmu. Pastikan untuk memilih rekanan bank yang terpercaya dan memiliki banyak fitur yang menguntungkan. Lebih baik lagi, jika memilih bank syariah yang semua proses transaksinya dilakukan sesuai dengan ajaran Islam.

CIMB Niaga Syariah

Kamu bisa membuka rekening Tabungan iB Pahala dari CIMB Niaga Syariah yang menawarkan berbagai kemudahan dalam satu tabungan. Mulai dari kenyamanan transaksi, kemudahan akses, dan fasilitas autodebit. Kamu juga bisa membuat impian ke tanah suci jadi nyata dengan mulai nabung Rp 100 ribu per bulan!

Travelling ke mana pun juga makin menyenangkan karena bebas biaya tarik tunai di semua ATM domestik dan luar negeri. Tertarik untuk mulai menabung di Tabungan iB Pahala? Informasi selengkapnya bisa kamu temukan di sini.

Terkait
Join Dream.co.id