4 Inspirasi Kebaya Pernikahan Artis Tanah Air

Lifestyle | Rabu, 22 April 2020 07:33
4 Inspirasi Kebaya Pernikahan Artis Tanah Air

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Tampil memesona di pernikahan dengan memakai kebaya.

Dream - Hari Kartini identik dengan kebaya. Blouse tradisional ini digunakan oleh perempuan Indonesia sejak zaman dahulu.

Kebaya pada mulanya dikenakan oleh anggota keluarga kerajaan Jawa pada 1500 silam. Ada juga pendapat yang menyatakan kebaya berasal dari China lalu menyebar ke Malaka, Bali, Sumatra dan Sulawesi.

Kebaya terbuat dari bahan kain tipis dan cenderung transparan. Biasanya kebaya dikenakan bersama inner atau dalaman.

Bagian luarnya terlihat meriah dengan ornamen cantik seperti brokat, payet hingga manik-manik.

Saat ini kebaya hanya digunakan di kesempatan tertentu seperti acara politik, wisuda atau pesta.

Banyak juga yang memakainya sebagai busana pernikahan. Berikut ini inspirasi kebaya pernikahan yang pernah dipakai oleh artis Indonesia:

2 dari 5 halaman

Isyana Sarasvati

 Isyana Sarasvati© Foto: Instagram @isyanasarasvati

Pada 2 Februari 2020, penyanyi Isyana Sarasvati menikah mengenakan kebaya racangan Didiet Maulana.

Baju yang diberi nama 'Kebaya Romansa Isyana' itu terinspirasi dari model kebaya klasik Kutubaru dengan bustier kristal, kain jumputan merah dan angkin (kain di pinggang).

Kebaya jenis ini sangat cocok dipadu bersama kain Sidomulyo dan prada emas untuk menambah kesan mewah. Sahabat Dream dapat memakainya untuk konsep adat Jawa.

3 dari 5 halaman

Syahrini

 Syahrini© Foto: Instagram @princessyahrini

Pengantin Sunda bisa mencoba kebaya seperti yang dikenakan oleh Syahrini. Ia mengenakan kebaya beraksen ekor panjang super mewah.

Taburan embellishment berupa kristal dan payet menghiasi sekujur busananya. Syahrini kala itu juga mengenakan siger atau mahkota khas pengantin Sunda, lengkap dengan ronce melati.

4 dari 5 halaman

Citra Kirana

 Citra Kirana© Foto: Instagram @anchawedding_

Model kebaya Sunda berikut ini cocok untuk kamu yang ingin tampil simpel. Dengan potongan ekor yang tidak terlalu panjang, kamu dapat tetap terlihat memesona dalam balutan kebaya ini.

Citra Kirana memakai kebaya rancangan Ancha Wedding saat dipersunting oleh Rezky Aditya. Bukan warna putih, Citra Kirana justru mengusung konsep earthy tone pada busana yang dikenakan.

5 dari 5 halaman

Cut Tari

 Cut Tari© Foto: Instagram @cuttaryofficial

Ingin kebaya pernikahan yang lebih simpel? Kamu bisa intip model kebaya pernikahan ala Cut Tari. Kebaya model brokat itu memberi kesan fresh pada pemakainya.

Cut Tari memadukan kebaya itu denan bawahan kain tradisional bermotif simpel. Agar tetap elegan, ia merias rambutnya dengan sanggul berhias bunga.

Join Dream.co.id