4 'Hijab Hacks' yang Wajib Kamu Tahu Agar Penggunaan Hijab Makin Nyaman

Lifestyle | Rabu, 21 Juli 2021 08:45

Reporter :

Dijamin bikin nyaman seharian.

Dream - Menggunakan hijab tiap saat bikin para muslimah harus memutar ide agar tampilan tetap terasa nyaman sepanjang hari.

Bukan cuma soal pilihan warna model, pengguna hijab juga harus memikirkan cara penggunaan hijab pada umumnya.

Sebab, jika kamu memilih cara penggunaan kerudung dengan tepat, dijamin kamu nggak akan risih selama beraktivitas sehari penuh. Tapi, kira-kira apa saja sih 'hijab hacks' yang bisa Sahabat Dream lakukan agar hijab yang dikenakan terasa nyaman dan aman?

Berikut beberapa poin yang wajib hijabers tahu! Jangan sampai kelewatan baca tipsnya!

4 Hijab Hacks yang Wajib Kamu Tahu Agar Penggunaan Hijab Makin Nyaman
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 6 halaman

Membuat cepol rambut dengan shower puff

Segelintir hijaber ingin memiliki cepol besar agar kerudungnya lebih berbentuk pada bagian belakang kepala. Buat kamu yang punya rambut pendek, jika kamu ingin membuat cepol dapat memanfaatkan shower puff, agar lebih berisi.

 Ilustrasi
© Shutterstock

Membuat ciput dari lagging

Jika kamu buru-buru dan harus menggunakan ciput di suatu tampilan. Dengan menggunakan celana legging, kamu dapat memotong bagian bawahnya dan langsung digunakan di kepala sebagai ciput.

3 dari 6 halaman

Mewarnai jarum pentol dengan pewarna kuku

Buat yang biasa menggunakan kerudung warna-warni tapi cuma punya satu warna jarum pentol. Kamu dapat mewarnai jarum pentol dengan cat kuku menyesuaikan dengan warna kerudungmu.

 Ilustrasi
© Shutterstock

Membuat kerudung rapi dengan catokan

Dipergunakan untuk meluruskan rambut, ternyata catokan bisa dimanfaatkan juga untuk merapikan kerudung sebagai pengganti setrika. Caranya pun sangat mudah, kamu dapat catok bagian kerudung yang terlihat berantakan.

Jepit bahan kerudung lalu atur gerakan baik ke atas maupun ke bawah agar kerudung mudah rapi.

Selamat mencoba, ya, Sahabat Dream!

Sumber: Beauty Hacks

4 dari 6 halaman

10 Tips Merawat Hijab, yang Jarang Hijabers Ketahui!

Dream - Sebagian hijabers pasti hobi menumpuk hijab di lemari mereka. Kebutuhan hijab yang dikenakan setiap harinya, membuat mereka memiliki koleksi hijab yang tak terhitung jumlahnya.

Namun sayangnya, kadang ada beberapa orang yang kurang telaten merawatnya. Ditambah pemakaian rutin setiap minggu, membuat hijab cenderung mudah rusak.

Seiring dengan berlalunya waktu, hijab juga menjadi kusam. Sebab itu, dibutuhkan perawatan hijab yang benar agar awet dan tahan lama. Baik dari segi serat kain maupun warnanya yang tetap cemerlang.

Menurut Aquila Style, berikut ada beberapa tipsyang bisa membantumu merawat hijab kesayangan agar terlihat seperti baru.

1. Cuci dengan Tangan
Sebisa mungkin, prioritaskan untuk mencuci hijab secara manual dengan menggunakan tangan. Bahan hijab biasanya bersifat lembut sehingga mudah rusak apabila dicuci menggunakan mesin. Apabila kamu terpaksa menggunakan mesin cuci, masukan hijab terlebih dahulu ke dalam kantung agar tidak langsung bersentuhan dengan mesin.

2. Pisahkan Hijabmu
Hijab dengan warna cerah dan gelap haruslah dicuci dengan menggunakan tempat yang berbeda. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah lunturnya warna gelap. Apabila tercampur, warna hijab bisa berubah menjadi berantakan.

3. Gunakan Air Dingin
Ingatlah untuk tetap menggunakan air dingin setiap kali mencuci hijab. Air hangat bersifat lebih keras sehingga beresiko untuk merusak serat kain.

5 dari 6 halaman

4. Kurangi Deterjen

Apabila kamu mencuci, pastikan untuk menggunakan sedikit saja deterjen. Pemakaian deterjen yang berlebihan hanya akan membuat hijab menjadi rusak. Selain itu, banyaknya busa membuatmu sulit untuk membilasnya.

5. Hindari Pemutih
Jangan gunakan pemutih untuk menghilangkan noda pada hijab. Cobalah untuk menggunakan cuka sebagai pengganti pemutih. Cuka mampu mengurangi intensitas noda yang membandel.

6. Jangan Diperas
Ketika hendak menjemur hijab, jangan peras hijab terlalu keras hingga bahan menjadi keriting. Peras secara perlahan agar tidak merusak serat kain. Apabila hijabmu terbuat dari bahan sutra, bentangkan dengan lebar di atas handuk tebal. Gulung, kemudian peras perlahan-lahan.

7. Jemur di Luar
Sebisa mungkin, lakukan proses penjemuran di luar ruangan. Angin akan membuat hijab kering dengan sepenuhnya sehingga mengurangi resiko timbulnya jamur dan bau apek. Namun, pastikan untuk tidak menempatkan hijab di bawah sinar matahari langsung karena akan membuat warnanya pudar.

6 dari 6 halaman

8. Bentangkan Hijab

Untuk menjaga ketahanan bentuk hijab, sebaiknya kamu menjemur hijab dengan posisi terbentang secara mendatar. Menjemur hijab dengan menggunakan jemuran gantung akan membuat hijab menjadi melar.

9. Setrika
Ketika hendak menyetrika hijab, gunakan temperatur yang paling rendah terlebih dahulu. Setrika yang terlalu panas akan membuat hijab menjadi kisut. Bahan dasar seperti sutra sebaiknya disetrika dalam keadaan masih lembab.

10. Hindari Kamper
Jangan memakai bola kamper di dalam lemari penyimpanan hijab. Kamper hanya akan menimbulkan bau tidak sedap. Pilihlah pewangi lemari berbentuk sachet dengan aroma segar seperti lavender.

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

Join Dream.co.id