4 Gerakan Sederhana untuk Mengatasi Mata Lelah, Cocok bagi yang Sering Berhadapan dengan Komputer

Lifestyle | Jumat, 29 Juli 2022 13:47

Reporter : Jeffreydien Winanda

Bagaimana cara yang tepat untuk melakukan olahraga mata lelah?

Bukan cuma pekerja profesional, para pelajar, mahasiswa, banyak lapisan masyarakat sudah sangat sulit melepaskan ketergantungan pada komputer. Hal ini wajar sebab komputer atau laptop memiliki fungsi versatile untuk berbagai aktivitas seperti bekerja, belajar, hingga bermain game.

Namun, beraktivitas di depan layar komputer dalam waktu yang lama bisa mengganggu pengelihatan. Salah satunya adalah munculnya gejala mata lelah yang ditandai dengan berbagai kondisi seperti kelopak mata berat, perih di bagian mata, serta mata kemerahan.

Jika sudah begini, penting untuk melakukan perawatan berupa olahraga mata lelah. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk melakukan olahraga mata lelah?

4 Gerakan Sederhana untuk Mengatasi Mata Lelah, Cocok bagi yang Sering Berhadapan dengan Komputer
(c) Shutterstock
2 dari 5 halaman

Memutar Mata secara Perlahan

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan beristirahat sembari memutar mata secara perlahan. Caranya adalah dengan duduk dalam kondisi tegap sambil bersantai kemudian lemaskan otot mata dengan cara memutar mata ke segala arah.

Lakukan secara perlahan dan santai. Kamu bisa melihat objek langit-langit ketika memutar mata ke atas dan menyaksikan area kanan kiri ketika memutar mata ke samping.

3 dari 5 halaman

Melihat Objek yang Jauh

Melihat objek yang jauh berfungsi untuk mengubah fokus pada mata. Kamu bisa bergantian melihat beberapa objek yang berada di depanmu dan bergantian melirik objek yang jauh.

Berfokuslah pada titik yang berada jauh pada matamu. Setelah itu, geser pandangan ke objek yang lebih dekat secara perlahan.

4 dari 5 halaman

Berganti Titik Fokus

Berganti titik fokus juga menjadi salah satu olahraga mata yang bisa dicoba. Mengganti titik fokus ini bertujuan agar mata tetap memiliki kemampuan melihat yang tajam.

Untuk lebih mudahnya, kamu juga bisa memanfaatkan ibu jarimu. Caranya adalah arahkan ibu jarimu ke bagian depan, dan geser ibu jarimu ke berbagai arah secara perlahan. Pastikan mata tetap fokus di ibu jari ketika bergeser ke berbagai arah.

5 dari 5 halaman

Face Massage

Bukan cuma olahraga mata, cara untuk membuat pandangan kembali prima adalah dengan teknik pemijatan.

Pijat area dahi secara perlahan sepanjang kedua alis. Lakukan juga pemijatan di bawah kelopak mata secara lembut. Fase massage ini juga membuat kulit wajah seolah melakukan relaksasi sekaligus mereingankan otot mata.

Jika mata masih terasa perih dan kering, nggak ada salahnya untuk menggunakan obat tetes mata untuk mengembalikan kelembapan dan kesegaran di area mata. Kamu bisa mendapatkannya di marketplace favoritmu atau apotek di sekitarmu.

Join Dream.co.id