3 Hal Penting yang Perlu Dilakukan untuk Merawat Lensa Kacamata

Lifestyle | Senin, 11 Juli 2022 17:54

Reporter : Jeffreydien Winanda

penting untuk menjaga kebersihan kacamata secara baik dan benar agar tetap nyaman digunakan.

Para pengguna kacamata pasti sudah paham betul bahwa lensa hingga frame yang digunakan sehari-hari bisai dihinggapi berbagai benda mikroskopis seperti debu. Bahkan nggak jarang jika kacamata bisa menjadi sarang bakteri.

Tak hanya bisa membuat lensa menjadi buram bahkan tergores, kacamata juga bisa terkontaminasi bakteri jenis Staphylococcus yang bisa mengganggu kesehatan. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kebersihan kacamata secara baik dan benar. Seperti apa sih caranya?

Optimalkan Penggunaan Cairan Pembersih Kacamata

Cairan kacamata sudah menjadi barang wajib yang dimiliki dan telah tersedia di optik hingga marketplace. Namun nggak sedikit pula yang kurang mengoptimalkan penggunaan cairan pembersih kacamata ini.

Cara yang tepat dalam menggunakan cairan pembersih kacamata adalah dengan membilas lensa kacamata dengan air mengalir terlebih dahulu. Namun jika tak ada sumber air mengalir, bisa langsung mengaplikasikan cairan pembersih kacamata ke lensa sehingga debu bisa terbilas.

Pastikan semua permukaan lensa sudah terpapar cairan pembersih kacamata. Hal ini penting lantaran penbersihan yang kurang optimal membuat debu dan bakteri malah menempel di bagian ujung dan sudut lensa.

3 Hal Penting yang Perlu Dilakukan untuk Merawat Lensa Kacamata© Dream

Gunakan Kain Mikrofiber Khusus Lensa

Ketika membeli kacamata, biasanya customer akan mendapatkan case serta kain mikrofiber untuk membersihkan lensa. Nah kain ini yang mampu membersihkan lensa secara optimal sekaligus menghindarkan permukaan lensa dari goresan.

Jangan sekali-sekali menggunakan sembarang kain untuk membersihkan lensa. Penggunaan kain biasa untuk membersihkan justru bisa merusak lensa.

Hindari Pembersihan dengan Menggunakan Swab Alkohol

Seiring dengan pandemi virus Corona yang membuat masyarakat semakin aware dengan kebersihan, penggunaan swab atau kapas alkohol sebagai alat sterilisasi permukaan memang semakin jamak digunakan. Namun jangan gunakan swab alkohol ini untuk membersihkan kacamata ya.

Memang benar jika kacamata yang dibersihkan dengan swab alkohol ini menjadi semakin steril. Namun kandungan alkohol yang terdapat di swab pembersih ini berpotensi meninggalkan residu di permukaan lensa serta mengurangi daya rekat pada lem di frame kacamata.

Join Dream.co.id