3 Asupan yang Harus Dikonsumsi Wanita Selama Kehamilan

Lifestyle | Selasa, 27 September 2022 18:12

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Berikut daftar makanan sehat yang direkomendasikan untuk kehamilan yang harus dimakan setiap hari

Dream - Ada banyak hal yang harus dipelajari selama kehamilan. Dari memilih vitamin prenatal yang tepat hingga memerangi mual di pagi hari dan seterusnya, daftarnya bisa sangat banyak.

Apa hal lain yang akan Sahabat Dream perhatikan saat hamil? Appa yang tidak boleh dimakan? Berikut daftar makanan sehat yang direkomendasikan untuk kehamilan yang harus dimakan setiap hari dilansir dari EatingWell.

Jus buah prune

Minum jus prune setiap hari dapat membantu ibu hamil menjadi teratur dengan pencernaan dan membantu mencegah sembelit.

Sembelit adalah masalah kehamilan yang umum, karena peningkatan progesteron dapat membuat pencernaan menjadi lambat, bahkan pada awal trimester pertama.

Untungnya, setiap cangkir jus prune 100% menyediakan 2,5 gram serat, yang dapat membantu Anda tetap teratur. Selain jus prune, jangan ragu untuk menambahkan lebih banyak plum (alias plum kering) ke dalam makanan untuk membantu buang air besar lebih mudah.

 

3 Asupan yang Harus Dikonsumsi Wanita Selama Kehamilan
Shutterstock
2 dari 3 halaman

Telur

Telur adalah salah satu makanan utama yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Bukan hanya karena telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang baik, tetapi juga karena telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang kaya akan kolin, nutrisi yang membantu mendukung kesehatan otak seumur hidup. Hingga 95% orang hamil mengonsumsi lebih sedikit kolin daripada yang dianggap cukup (450 miligram per hari), dan vitamin prenatal seringkali tidak mengandung nutrisi ini.

Asupan kolin yang lebih tinggi selama kehamilan dapat memiliki efek menguntungkan yang bertahan lama pada kesehatan dan perkembangan otak untuk bayi hingga usia sekolah mereka. American Heart Association mengatakan bahwa satu telur per hari dapat menjadi bagian dari diet sehat.

 

3 dari 3 halaman

Mangga

 Shutterstock© Shutterstock

Mangga adalah buah yang kaya air, folat, vitamin B yang menjadi kunci untuk kehamilan. Folat mengurangi risiko cacat tabung saraf, seperti spina bifida, serta menurunkan risiko melahirkan bayi prematur atau berat badan lahir rendah. Makan mangga yang diiris dengan sarapan atau sebagai bagian dari camilan sore hari.

(Sumber: EatingWell)

Join Dream.co.id