18 Desainer Indonesia Tampilkan Karya di Atas Kapal Paris

Lifestyle | Senin, 23 September 2019 11:48
18 Desainer Indonesia Tampilkan Karya di Atas Kapal Paris

Reporter : Cynthia Amanda Male

Siapa saja mereka?

Dream - Para desainer busana Tanah Air terus unjuk karya di panggung internasional. Kali ini, 18 desainer Indonesia menampilkan karya mereka dalam pameran busana bertajuk " La Mode" Sur La Seine a Paris.

" Lewat acara ini kami ingin menyampaikan budaya lokal dan bahwasanya kita punya event yang bagus sehingga bisa menjadi daya tarik mereka pada fashion lokal," tutur Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC), di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Jumat 20 September 2019.

Pagelaran busana yang bertujuan untuk menyetarakan fashion lokal dan global ini menampilkan sekitar 180 karya. Setiap desainer memamerkan 5 artikel atau lebih.

Seluruh karya tersebut akan ditampilkan dalam pagelaran di atas kapal agar pengunjung bisa menikmati seluruh acara.

" Biar orangnya masih di situ dari awal hingga akhir acara. Waktu tahun lalu, ada 350 mix audience dari kementerian, media, KBRI dan teman-teman fashion di Indonesia. Jadi mereka bisa lebih engage ke media maupun buyer," imbuhnya.

 18 Desainer Indonesia Tampilkan Karya di Atas Kapal Paris

2 dari 6 halaman

Tanpa Tema Khusus

Karya yang akan hadir cukup beragam, mulai dari street wear hingga gaun.

" Memang tidak menentukan konsep supaya para desainer menampilkan karya terbaiknya. Kan ada yang biasa membuat street wear, kebaya, evening gown. Jadi memang enggak ada (tema), tapi kita kasih arahkan kalau perlahan mengarah ke sustainable fashion dan zero waste."

 Tanpa Tema Khusus

Beberapa tema yang akan hadir dalam acara tersebut adalah Beach Sun Sky dari Ali Charisma, Wayang Ti Dahyang dari Deden Siswanto, dan Rockabella dari Defika Hanum.

Mereka mengharapkan pagelaran busana tersebut agar dapat menjadi sumber inspirasi dan membuka pandangan baru tentang fashion Indonesia di mata dunia.

 Tanpa Tema Khusus

3 dari 6 halaman

Designer Indonesia Pakai Karung Bekas ke New York Fashion Week

Dream - Desainer Maggie Hutauruk Eddy unjuk kebolehan di panggung New York Fashion Week (NYFW) dengan membawa label 2Madison Avenue pada 9 September 2019.

Bertajuk 'Vivify the Block' untuk Spring/Summer Collections 2020, ini merupakan pertunjukan kedua 2Madison Avenue di NYFW setelah sebelumnya manggung di Fall/Winter Collections pada Maret 2019 lalu.

Maggie mengadopsi ingar bingar dan citra gairah mode era 80-an ke dalam 12 koleksi busana pria dan wanita.

 2Madison Avenue

Foto: Moza Wahyu/Dok.2Madison Avenue

4 dari 6 halaman

Gaya eklektik yang menjadi ciri khas label tersebut dituangkan lewat teknik corak, tabrak warna, gabung tekstur serta memasukkan unsur yang tidak biasa sebagai material busana.

Salah satunya dengan potongan karung tepung ikonik yang dijahitkan di bagian punggung outer berbahan jeans.

 2Madison Avenue

Foto: Instagram @2madison_gallery

" Ini pertama kalinya saya bereksperimen dengan bahan karung bekas. Saya ingin menciptakan gaya era 80-an dengan kombinasi karung tepung 'Cap Segitiga Biru' dengan kain tenun Makassar,"  tulis Maggie pada unggahan Instagram.

5 dari 6 halaman

Kombinasi Tenun Makassar

Jika jeli, terlihat tenun Makassar yang kaya blok warna dipadukan menjadi bagian busana. Maggie juga menyisipkan karakter wajah seniman populer seperti Andi Warhol dan Jean-Michel Basquiat dengan teknik digital printing.

 2Madison Avenue

Foto: Moza Wahyu/Dok.2Madison Avenue

Busana dirancang ke dalam siluet serba longgar dalam bentuk jaket, celana panjang berpipa besar dan lengan baju berukuran panjang tanpa mengurangi nilai harmonis.

 2Madison Avenue

Foto: Moza Wahyu/Dok.2Madison Avenue

Koleksi Maggie membuat mata penonton tak lepas dari koleksi yang menjadi pembuka peragaan Indonesian Diversity di Spring Studio di panggung utama NYFW SS 2020 pagi itu.

 

 

6 dari 6 halaman

Banjir Pujian

Di Instagram, desainer Indonesia itu juga menuai pujian dari sejumlah warganet dan fashion enthusiast.

 2Madison Avenue

Foto: Moza Wahyu/Dok.2Madison Avenue

" I am so proud of you... mempromosikan produk lokal .... salah satu bentuk kecintaan terhadap Negeri ini,"  ujar @hafsyahnatasyaap

" Sempat lewat diberanda kirain edit eh ternyata beneran kerennn,"  kata @silv.ap

" Mantab banget...idenya gak habis2,"  puji @sole69_id

" So damn cool,"  ucap @rosdioo

20 OKT 2019 | 13:30 WIB - Pelantikan Presiden & Wakil Presiden RI 2019-2024
Join Dream.co.id