Mengenal Sosok Suami Martha Tilaar, Alex Tilaar, yang Hobi Baca Lewat RBAT

Lifestyle | Kamis, 17 Juni 2021 12:12

Reporter : Putu Monik Arindasari

Pemikiran yang tertuang dalam buku yang ia tulis serta koleksi bacaan miliknya dapat dinikmati secara langsung di Rumah Belajar Alex Tilaar (RBAT)

Dream - Henry Alexis Rudolf Tilaar atau yang akrab disapa Alex Tilaar merupakan seorang tokoh pendidikan Indonesia yang terkenal dengan pemikiran serta kekritisannya. Berprofesi sebagai pendidik, suami dari pebisnis Martha Tilaar ini juga memiliki minat yang tinggi pada dunia literasi.

Martha Tilaar, dalam video sambutan pembukaan acara 'Ngobrol Santai Wulan Tilaar di Ruang Belajar Alex Tilaar (RBAT), Kamis 16 Juni 2021 mengungkapkan kecintaan terhadap buku membuat sang suami rela menjelajahi toko buku di berbagai kota dan negara.

" Bapak Alex Tilaar menjelajah banyak toko buku di berbagai kota dan dunia hanya untuk mendapatkan buku-buku yang menarik hatinya, setelah itu beliau pasti asyik menghabiskan waktu dengan buku-buku tersebut," ujar Martha Tilaar.

Hobinya tersebut membuat Alex Tilaar menjadi kolektor buku dengan jumlah buku yang sangat banyak di rumahnya.

Tak hanya hobi membaca, mantan guru besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu juga sempat menulis beberapa judul buku. Meskipun telah berpulang pada 30 Oktober 2019 lalu, pemikiran yang dituliskan dalam buku serta koleksi bacaan miliknya dapat dinikmati masyarakat di Rumah Belajar Alex Tilaar (RBAT)

Mengenal Sosok Suami Martha Tilaar, Alex Tilaar, yang Hobi Baca Lewat RBAT
Ilustrasi Membaca Buku (Foto: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Memberikan Akses Pengatahuan

 Acara'Ngobrol Santai Wulan Tilaar di Ruang Belajar Alex Tilaar
© Putu Monik Arindasari/Dream.co.id

Rumah Belajar Alex Tilaar diresmikan pada tanggal 16 Juni 2021, bertepatan dengan kelahiran sang tokoh pendidik. Berlokasi di Jalan KH Wahid Hasyim No.27, RBAT menyimpan sekitar 10 ribu koleksi buku pribadi milik Alex. 

Hadirnya RBAT ini sendiri merupakan perwujudan dari mimpi Alex Tilaar untuk mendirikan ruang publik yang dapat menyediakan akses pada buku dan pengetahuan.

" Supaya publik itu bisa mendapatkan akses yang sama pada buku dan pengetahuan, dan buku-buku ini adalah koleksi bapak yang berjumlah kurang lebih 10 ribu," ujar Wulan Tilaar, putri pertama Alex Tilaar dalam kesempatan yang sama.

3 dari 3 halaman

Membaca Pemikiran Alex Tilaar

Aktivis dan Pegiat Seni Inayah Wahid juga mengungkapkan, hadirnya RBAT memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk membaca pemikiran-pemikiran Alex Tilaar. Menurut Inayah, kemudahan akses yang diberikan RBAT merupakan bentuk nyata perwujudan Pancasila.

" Ketika kita membaca bukunya, kita akan membaca pemikiran-pemikiran beliau. Ketika tempat-tempat seperti ini memberikan ruang-ruang pada siapa pun, itu Pancasila," ujar putri bungsu mantan Presiden Indonesia Abdurrahman Wahid itu.

Ruang Belajar Alex Tilaar tak hanya menawarkan beragam koleksi buku serta tempat untuk membaca. RBAT juga memiliki ruang kelas, ruang komunitas, ruang kerja, serta coffee shop.  

Join Dream.co.id